Manfaat Buah-buahan Sehat Untuk Penderita Glaukoma

By | December 21, 2017

Manfaat Buah-buahan Sehat Untuk Penderita Glaukoma – Glaukoma merupakan salah satu jenis gangguan penglihatan yang ditandai dengan terjadinya kerusakan pada saraf optik yang biasanya diakibatkan oleh adanya tekanan di dalam mata. Kondisi tersebut mengakibatkan penglihatan seseorang menjadi menurun, hingga akhirnya mata menjadi tidak bisa melihat. Glaukoma ini merupakan penyakit mata yang sering terjadi dan penyakit yang tidak bisa di anggap sepele sebab penyakit glaukoma ini bisa mengancam penglihatan atau hilangnya penglihatan jika tidak di tangani dengan cepat dan tepat. Penyakit mata glaukoma ini bisa terjadi di semua usia namun lebih sering terjadi pada usia lebih dari 60 tahun. Glaukoma ini merupakan salah satu penyebab mata mengalami kebutaan. Gejala glaukoma ini bisa terjadi secara cepat atau bisa juga secara perlahan-lahan, berikut ini beberapa gejala penyakit glaukoma :

– Penglihatan menjadi kabur
– Mata terasa sakit
– Mata memerah
– Penglihatan mata terasa sempit
– Melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu, jika mata sedang melihat lampu.

buah untuk mata

Apabila anda mengalami gejala seperti diatas, ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi atau kesehatan mata ke dokter spesial mata agar anda dapat melakukan penanganan secepatnya dan mengurangi risiko terjadi komplikasi dari penyakit glaukoma. Penyebab terjadinya penyakit glaukoma adalah ketika tekanan di dalam mata meningkat akibat cairan mata tidak bisa mengalir dengan baik. Tekanan yang meningkat inilah yang kemudian merusak jaringan saraf pelapis bagian belakang mata yang peka terhadap cahaya (serabut saraf retina) dan saraf yang menghubungkan mata dengan otak (saraf optik).

Selain itu, penyakit glaukoma ini juga dapat terjadi akibat faktor lain seperti menderita rabun jauh, menderita penyakit hipertensi, mengalami penyempitan pembuluh darah di otak, serta pernah mengalami operasi mata atau kecelakaan pada mata. Hal tersebut dapat mengakibatkan seseorang mengalami penyakit glaukoma, dan perlu anda ketahui, penyakit glaukoma ini merupakan penyebab kebutaan pada mata terbesar ke 2 dunia setelah katarak. Menurut para ahli kesehatan dalam bidangnya, kebutaan yang disebabkan oleh mata glaukoma tidak dapat sembuh secara total. Maka dari itu, penyakit glaukoma ini digolongkan ke dalam penyakit mata yang berbahaya.

Namun, jika anda sedang menderita penyakit mata glaukoma, dan ingin terhindar dari kebutaan, maka ada baiknya anda melakukan pola makan yang sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Hal ini karena makanan sangat berpengaruh terhadap suatu penyakit yang di derita. Untuk anda penderita mata glaukoma, sangat cocok mengkonsumsi buah-buahan. Buah-buahan merupakan makanan yang sehat dan juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, maka tidak heran bahwa buah-buahan adalah sumber nutrisi dan gizi alami bagi tubuh. Ada beberapa buah yang baik untuk penderita mata glaukoma, yaitu :

– Buah pepaya

Buah yang baik untuk penderita glaukoma adalah buah pepaya. Dimana pada buah ini terdapat kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui, bahwa vitamin A merupakan salah satu kandungan yang sangat dibutuhkan oleh mata. Selain dapat menjaga dan memelihara kesehatan mata, tetapi juga dapat memperbaiki kondisi penyakit mata glaukoma secara alami. Buah pepaya ini sangat mudah di dapat baik membelinya di pasar atau pun pohon pepaya ada disekitar rumah anda.

– Buah jeruk

Buah yang selanjutnya adalah buah jeruk. Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C, serat, folat, kalium dan kalsium. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah jeruk ini bermanfaat untuk mencegah terjadi infeksi bakteri pada mata. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat mengurangi risiko kekeruhan pada lensa mata (penyakit mata katarak). Maka dari itu, buah jeruk juga sangat baik untuk kesehatan mata dan mengurangi kebutaan pada mata penderita glaukoma.

– Buah blueberry

Buah blueberry sangat baik untuk penderita glaukoma. Dimana pada buah blueberry ini terdapat kandungan betakaroten, vitamin C, kalium, dan zat besi yang sangat bagus untuk mata. Selain itu, buah blueberry juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, yang dapat melindungi mata dari serangan radikal bebas. Bukan hanya itu, buah blueberry juga mempunyai kandungan alami yang dapat meningkatkan sirkulasi ke otak dan ekstremitas, dan khususnya meningkatkan sirkulasi ke mata.

– Buah Anggur

Buah anggur juga ternyata baik untuk kesehatan mata dan juga cocok bagi penderita mata glaukoma. Buah anggur sama halnya dengan buah blueberry dan buah jeruk, buah anggur ini sangat kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk mata. Selain itu, di dalam buah anggur terdapat senyawa flavonoid yang dapat menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Untuk anda yang ingin merasakan khasiat buah blueberry dan anggur, sekarang anda bisa mendapatkannya dengan praktis dan mudah dalam satu kemasan produk alami tanpa tercampur bahan-bahan kimia sedikitpun. Untuk lebih jelasnya bisa KLIK Walatra Sehat Mata.

Itulah beberapa buah-buahan yang dapat konsumsi bagi penderita mata glaukoma. Maka dari itu, bagi anda yang sedang menderita penyakit glaukoma dan ingin terhindar dari komplikasinya yaitu kebutaan, ada baiknya anda rajin mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan seperti diatas. Rawat dan jaga mata dengan baik terapkan pola makan dan pola hidup sejak dini, karena jika kita sudah mulai merawat mata sejak dini maka risiko terkena penyakit glaukoma pun bisa berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *