Manfaat Buah Takokak Untuk Mata

By | March 25, 2019

obatsyarafmata.com – Mata adalah jendela dunia, dengan mata kita bisa melihat betapa indahnya dunia yang Tuhan ciptakan untuk kita, karena itu jagalah matamu dengan baik. Menjaga kesehatan mata tentu sangat penting mengingat bahwa fungsi mata sangat aktif pada kegiatan sehari-hari. Untuk merawat dan menjaga kesehatan secara alami ataupun secara medis atau rutin memeriksakan mata ke dokter.

Namun, mungkin sebagian orang malas untuk pergi ke dokter untuk memeriksakan matanya, hal ini tentu tidak baik karena itu semua agar kesehatan mata anda tetap terjaga dan terawat. Untuk mengatasi hal tersebut, mungkin ada salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan menjaga kesehatan mata secara alami menggunakan bahan alami seperti suplemen alami ataupun menggunakan buah dan sayuran.

takokak

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas artikel mengenai salah satu bahan alami yang dapat membantu menjaga serta mengatasi kesehatan mata. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan buah dan sayur yang biasa digunakan untuk mata seperti wortel, alpukat, atau lainnya. Namun, kali ini kami akan menggunakan salah satu buah yang jarang kita dengar yaitu buah Takokak.

Buah tekokak yang memiliki nama Latin Solanum torvum, atau yang bisa juga disebut terong pipit atau rimbang masih masuk dalam suku terong-terongan. Di luar negeri, buah ini biasa disebut turkey berry atau mini-eggplant. Bentuk buah ini sangat kecil dan mirip leunca.

Kandungan Dalam Takokak

Mungkin, masih ada beberapa orang yang tidak tahu khasiat atau manfaat dari buah kecil berwarna hijau ini. Walaupun kecil, takokak memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Dalam takokak mengandung solasonin, vitamin A, sisalogenone, torvogenin dan juga chlorogenin.

Namun, dari semua kandungan yang ada dalam buah takokak ini, vitamin A menjadi zat paling bermanfaat khususnya untuk mata. Buah takokak memiliki warna hijau berukuran bulat kecil ini memiliki rasa pahit namun mengandung banyak nutrisi penting tidak hanya untuk kesehatan mata namun juga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Manfaat Takokak Untuk Mata

Salah satu manfaat yang paling terkenal dari buah takokak ini adalah dapat membantu penderita mata minus. Hal ini karena buah takokak kaya akan vitamin A. Manfaat dari takokak untuk mengobati mata minus merupakan informasi yang sangat penting dan wajib diketahui oleh masyarakat. Mata minus merupakaan kondisi mata yang tidak lagi dapat melihat dala jarak jauh, akibat kebiasaan buruk menyebabkan mata tidak lagi berfungsi dengan maksimal. Seperti diketahui mata minus ini sudah semakin banyak menjangkiti siapapun di usia berapapun.

Selain itu, kandungan dalam buah takokak ini sangat baik untuk mengatasi dan menjaga kesehatan mata secara alami. Berikut ini ada beberapa manfaat buah takoka untuk kesehatan mata secara alami, antara lain :

– Mencegah Katarak

Katarak sendiri merupakan salah satu penyakit mata yang sering di alami banyak orang khususnya orang tua. Katarak disebabkan karena pengapuran lensa mata yang menyebabkan timbulnya lapisan penghalang di lensa mata tersebut sehingga menghalangi retina untuk menerima cahaya dan semakin lama berpotensi mengembangkan komplikasi yakni kebutaan. Untuk mengatasi masalah katarak ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi air rebusan tekokak secara teratur atau bisa menggunakan manfaat tomat untuk mata.

– Mencegah Infeksi Mata

Vitamin A yang terkandung dalam takokak juga sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi mata. Vitamin A yang merupakan antioksidan akan menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan infeksi mata potensial. Vitamin A dalam takokak juga bermanfaat untuk mengatasi mata kering sebab bisa bekerja seperti halnya obat tetes mata yang berharga mahal.

– Mencegah Rabun Senja

Rabun senja merupakan penurunan fungsi retina sehingga membuat seseorang tidak dapat melihat dengan jelas pada malam hari. Kandungan senyawa retinol dalam vitamin A buah takokak akan berguna untuk meningkatkan metabolisme dan juga memperbaiki sel mata sehingga fungsi dari retina bisa kembali normal baik pada siang hari maupun malam hari.

– Meningkatkan Metabolisme Mata

Seperti yang kita ketahui, manfaat vitamin A pada takokak sangat baik untuk meningkatkan metabolisme di hampir seluruh sel mata sehingga selalu terjaga kesehatannya seperti halnya manfaat wortel untuk mata. Dengan mengkonsumsi takokak seperti di tumis atau dibuat menjadi masakan, maka metabolisme mata bisa dijaga kesehatannya.

Manfaat vitamin A dalam takokak ini ternyata baik bagi kesehatan mata. Namun, bagi anda yang ingin menggunakan takokak ini sebagai alternatif kesehatan mata sebaiknya jangan sembarang, dan ada baiknya konsultasi dengan dokter atau ahli herbal.

Untuk cara pengolahan takokak sendiri bisa di rebus, dibuat sayur, di tumis atau di olah menjadi berbagai masakan nikmat untuk di konsumsi sehari hari. Konsumsi takokak ini sesuai dengan aturan dan jangan terlalu berlebihan imbangi dengan pola makan dan gaya hidup sehat serta istirahatkan mata jangan terus menerus memaksa mata bekerja karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *