Manfaat Jeruk Nipis untuk Mata Katarak dan Mata Minus

By | October 8, 2016

Obatsyarafmata – Jeruk nipis dikenal memiliki manfaat yang sangat luar biasa, dan mampu memperbaiki tingkat keasaman tubuh. Tetapi tahukah anda, jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk mata katarak dan mata minus.

Penyebab Terjadinya Mata Katarak dan Mata Minus

Penyakit mata minus merupakan kelainan mata yang ditandai dengan tidak bisa melihat benda berjarak jauh. Mata minus bisa disebabkan oleh beberapa faktor , diantaranya :

  • Membaca sambil tiduran
  • Membaca terlalu dekat
  • Membaca di tempat yang gelap/minim cahaya
  • Terlalu lama di depan layar komputer / TV

Berbeda dengan mata katarak, katarak biasanya lebih sering terjadi pada orangtua atau lansia. Mata katarak biasanya akan ditandai dengan adanya bagian keruh di kornea mata dan lama kelamaan kondisinya akan menyebabkan kebutaan. Mata katarak juga disinyalir sebagai penyebab utama kebutaan pada lansia di Indonesia.

Pada kedua masalah mata diatas, banyak tndakan medis maupun tradisional yang bisa dilakukan. Salah satu yang paling banyak diminati adalah dengan cara tradisional dengan memanfaatkan berbagai macam bahan alami. Jeruk Nipis adalah salah satunya, jruk nipis selain bermanfaat untuk program diet, buah yang memiliki rasa kecut ini juga bermanfaat untuk mengatasi mata katarak dan mata minus.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mata Katarak dan Mata Minus

manfaat-jeruk-lemon-untuk-mataBuah yang berasal dari asia tenggara ini dikenal memiliki manfaat untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan. Jeruk nipis mengandung vitamin A, B dan C, folat, dan antioksidan. Jeruk nipis mengandung 30mg vitamin C dimana jumlah tersebut mampu mencukupi sampai 30% kebituhan harian vitamin C pada tubuh manusia.

Kandungan vitamin C yang melimpah pada jeruk nipis juga merupakan antioksidan yang bermanfaat membantu dalam mencegah beberapa kondisi mata seperti minus, katarak hingga degenerasi makula. Dari ketiga penyakit tersebut dua diantaranya dapat mengakibatkan perubahan permanen pada penglihatan sentral dan dapat menyebabkan kebutaan.

Vitamin C  dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang merusak termasuk pada organ mata seperti yang terjadi pada mata katarak dan mata minus. Sedangkan kandungan antioksidan yang ada dalam jeruk nipis bermanfaat untuk melindungi mata dari berbagai bahaya yang mengancam mata dan melindunginya dari penuaan mata, ini juga dilengkapi dengna flavonoid yang mampu mencegah dari gangguan infeksi pada mata.

Vitamin A mampu menjaga kesehatan mata, vitamin A juga dapat membantu dari pembentukan sel-sel baru juga untuk penyembuhan peradangan. Sementara itu vitamin B memiliki manfaat dalam membantu dari kinerja sistem saraf hingga sistem kekebalan tubuh manusia.

Cara Menggunakan Jeruk Nipis sebagai Perawatan pada Mata

beberapa orang berfikir bahwa penggunaan jeruk nipis untuk menangani permasalahan pada mata yaitu dengan cara meneteskan cairannya pada mata, padahal hal tersebut tidak dianjurkan sebagai perawatan mata, karena apabila jeruk nipis dijadikan sebagai obat tetes mata maka akan menyebabkan iritasi bahkan merusak lapisan pada mata, karena jeruk nipis mengandung asam sitrat.

Jeruk nipis bisa digunakan sebagai salah satu minuman menyegarkan yang bisa dikonsumsi, selainkan untuk memberi efek kebugaran dengan mengkonsumsi jeruk nipis juga dapat membantu sebagai perawatan mata katarak dan mata minus.

Itulah Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mata Katarak dan Mata Minus yang bisa dilakukan. Apabila kondisi mata katarak dan mata minus semakin memburuk maka anda bisa mengunakan Obat Untuk Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *