Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Mata

By | September 4, 2017

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Mata – Mentimun merupakan salah satu jenis buah yang dijadikan sayuran sehari-hari. Harganya yang cukup terjangkau membuat peminat mentimun tidak sedikit di masyarakat kita. Buah mentimun ini sering dijadikan makanan pelengkap terutama jenis makanan lalapan. Rasanya yang gurih membuat buah mentimun selalu ada pada beberapa jenis makanan kita khususnya orang indonesia. Banyak dari kita yang belum mengetahui secara pasti manfaat dari buah mentimun ini terlebih khusus manfaatnya untuk merawat kesehatan mata. Mentimun pada dasarnya dianggap sebagai mkanan sehat karena rendah kalori, tidak ada kandungan lemak yang hadir dan merupakan salah satu makanan yang baik serta memiliki sumber vitamin dan mineral. kadang-kadang mentimun juga digunakan sebagai zat pemutih.

Dengan adanya kandungan vitamin seperti A,B, dan C, kandungan air yang tinggi dan berbagai mineral seperti kalium, magnesium atau silikon sangat baik untuk mendukung mata anda agar tetap sehat dan tetap terawat secara alami. Mata kita merupakan salah satu bagian tubuh yang terdapat diarea tubuh, sehingga banyak sekali faktor yang dapat membuat mata kita mengalami gangguan atau masalah seperti iritasi, infeksi, atau juga bisa masalah dari dalam seperti kekurangan nutrisi yang baik sehingga mata mengalami kerusakan dari dalam. Mata manusia memang sangat rentan mengalami gangguan hal ini karena mata berperan aktif dalam kehidupan seseorang sehingga mudah mengalami kelelahan, perih karena paparan debu, mata merah, mata gatal, dan masalah mata lainnya. Maka dari itu kita sangat dianjurkan untuk merawat dan menjaga mata dengan baik, sebab jika mata sudah mengalami masalah maka bukan tidak mungkin aktivitas kita pun menjadi terganggu akibat mata mengalami masalah baik ringan ataupun berat.

manfaat mentimun

Ucumis Sativus L (timun atau ketimun), merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Mentimun digolongkan ke dalam keluarga labu-labuan, tanaman ini merambat dan termasuk tumbuhan semusim, dimana siklus hidupnya sangat pendek. Mentimun cukup populer dikonsumsi sebab kandungan gizinya terbukti baik untuk tubuh. Kandungan yang ada dalam mentimun ini sangat baik juga untuk kesehatan mata. Menempatkan sepotong mentimun di mata dapat membantu dalam mengurangi mata bengkak dan juga bisa mengatasi masalah mata lelah, hal ini karena mentimun memiliki kandungan asam askorbat dan asam caffeic. Kedua kandungan ini akan membawa retensi air ke mata, sehingga akan mengurangi pembengkakan di sektar mata.

Mentimun juga dapat membantu anda dalam mengatasi masalah mata yang mulai lelah, jika anda seorang pekerja kantoran pastinya memiliki banyak sekali aktivitas di depan layar monitor sehingga memungkinkan anda mengalami mata lelah. Mata lelah dapat diatasi dengan mudah yaitu dengan bahan alami mentimun. Anda cukup menempelkan irisan buah mentimun segar ke bagian mata, setelah itu diamkan sekitar 20-30 menit dan rasakan perbedaannya dimana mata yang lelah tadi akan terasa begitu nyaman dan segar kembali. Sehingga anda bisa melanjutkan pekerjaan dengan mata yang segar.

Selain itu, masalah mata yang sering dialami oleh orang-orang adalah mata panda atau adanya lingkaran hitam disekitar area mata. Masalah mata panda ini terjadi akibat banyak beraktivitas di malam hari sehingga berkurang waktu tidur atau istirahat. Untuk mengatasinya anda juga bisa menggunakan mentimun, caranya pun sama seperti yang telah dijelaskan tadi yaitu menempelkan irisan mentimun di area mata anda. Dengan menggunakan mentimun maka mata anda agar segar kembali dan lingkaran hitam pada mata anda sedikit demi sedikit akan hilang.

Mata memang sangat membutuhkan nurtisi yang cukup agar fungsi mata tetap stabil dan sehat. Apabila tubuh kekurangan vitamin seperti vitamin A maka dapat menyebabkan kornea menjadi sangat kering, hal ini tentu akan membuat penglihatan seseorang menjadi kabur, dan kekurangan vitamin A pada mata juga dapat merusak retina mata. Kandungan vitamin dalam mentimun ini dapat membantu anda dalam menjaga dan memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh sehingga mata tidak akan mengalami kekurangan vitamin A.

Maka dari itu mentimun ini sangat baik untuk merawat dan juga mengatasi masalah mata kesehatan mata anda secara alami. Air mentimun ini bersifat menyejukan dan menyegarkan. Mentimun dapat anda dapatkan dengan mudah baik itu di pasar, supermarket atau juga dikebun anda sendiri. Akan tetapi buah mentimun ini buah yang unik karena jika sudah bisa di panen tanaman ini akan perlahan mati. Jadi anda harus menanamnya kembali dari awal hingga dapat memanen kembali. Jadi panen buah mentimun ini hanya di lakukan sekali saja.

Itulah manfaat dari mentimun untuk kesehatan mata, kandungan dari dalam mentimun ini tidak baik dari buah dan sayuran lainnya terutama untuk merawat dan menjaga kesehatan mata dengan alami. Mata merupakan salah satu indera pada manusia yang berguna untuk melihat. Mata menjadikan anda dapat melihat dunia dan menambah wawasan tentang hal–hal baru. Karena itu penting untuk menjaga kesehatan mata dan mengistirahatkan mata saat kondisinya sudah lelah.

Manfaat dari mentimun ini dapat anda gunakan sebagai salah satu alternatif kesehatan mata, sebab bahan alami sangat efektif dibandingkan dengan obat mata yang memiliki bahan-bahan kimia yang justru dapat membahayakan kesehatan mata anda. Mentimun merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu anda mengatasi masalah pada mata anda seperti mata lelah, mata panda, mata sembab dan mata merah secara alami. Selain itu, menggunakan obat mata yang berbahan dasar alami juga sangat baik untuk mengatasi penyakit mata, karena pada dasarnya bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya di bandingan dengan obat yang berbahan kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *