Manfaat Sayur Brokoli Untuk Kesehatan Mata

By | May 13, 2017

Manfaat Sayur Brokoli Untuk Kesehatan Mata – Setiap orang pasti ingin memiliki mata yang sehat dan penglihatan yang jernih tanpa adanya gangguan maupun sakit pada mata. Namun, untuk mendapatkan mata yang sehat dan indah tentunya memerlukan perawatan mata yang baik. Untuk menjaga serta merawat mata dengan baik agar tetap sehat dan indah kita perlu asupan gizi yang baik dari makanan yang kita makan baik itu sayuran maupun buah-buahan atau makanan sehat lainnya yang dapat memberikan nutrisi baik bagi mata. Salah satu yang sering kita kenal dalam menjaga dan merawat penglihatan mata adalah sayuran wortel, wortel memang dikenal sangat baik kesehatan mata. Akan tetapi, tidak banyak orang mengetahui bahwa selain sayuran wortel ada sayuran lain yang dapat membantu dalam menjaga dan merawat mata dengan baik dan alami. Sayuran tersebut adalah sayuran hijau brokoli.

Sayuran berwarna hijau yang mirip dengan bunga kol ini adalah salah satu makanan yang memiliki manfaat sebagai sumber zat besi yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaat yang ada dalam sayuran hijau brokoli ini adalah untuk menjaga kesehatan mata, nutrisi dalam brokoli ini tidak dapat di sepele begitu saja, karena memang sayuran hijau ini sangat berguna untuk kesehatan mata selain sayuran wortel. Selama ini mungkin sebagian dari kita belum mengetahui manfaat dari sayuran hijau brokoli ini, dalam sayuran hijau ini terdapat kandungan yang baik untuk kesehatan. Sayuran brokoli juga memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan mata seseorang.

brokoli

Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa sayur brokoli ini memiliki kandungan senyawa yang disebut dengan I3C. Senyawa tersebut merupakan senyawa yang mampu menjaga kesehatan mata dengan baik dan mampu mendetoksi retina mata sehingga membuat mata seseorang menjadi tetap sehat, memiliki penglihatan yang tajam serta membuat bola mata lebih jernih dan bersih. Selain itu, kandungan lain yang ada dalam brokoli juga sangat berguna untuk kesehatan mata, berikut beberapa kandungan yang ada dalam sayur brokoli untuk mata, yaitu :

– Lutein

Lutein memang merupakan kandungan yang sangat penting dan benar-benar dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan mata, dan brokoli adalah salah dari sumber lutein. Sebagian besar lutein dapat disimpan dalam etina dan lensa mata, dimana lutein ini akan menyerap cahaya biru yang berbahaya sehingga melindungi dari risiko degenerasi makula, rabun senja pada orang dewasa dari kerusakan ringan hingga parah. Efek perlindungan pada sayur brokoli ini juga membantu dari berbagai kondisi termasuk pada masalah kesehatan bagian tubuh lainnya. Kandungan lutein pada brokoli ini lebih memungkinkan membantu anda mengurangi dan menghindari dari penyakit mata seperti mata katarak serta penyakit mata akibat kaitannya dengan faktor usia yaitu degenerasi makula.

– Vitamin A (termasuk beta-karoten dan karotenoid)

Bukan hanya sayur wortel saja yang memiliki manfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan mata. Dalam sayur brokoli juga kaya akan beta-karoten dan karotenoid yang sangat menguntungkan bagi sistem penglihatan meskipun melalui jalur yang memiliki yang sedikit berbeda. Beta-karoten mampu meningkatkan sel-sel nutrisi sehingga menjadikan keberadaan nutrisi penting untuk mata dalam tubuh menjadi semakin meningkat. Dengan sendirinya tubuh akan mengubah beta-karoten menjadi vitamin A yang sangat penting  bagi sistem penglihatan. Dalam berbagai pembentukan vitamin A, sebenarnya vitamin A juga disebut sebagai “retinoid” karena betapa pentingnya kandungan tersebut pada organ mata. Jika kandungan gizi tersebut mengalami penurunan, maka dapat menyebkan tingkat kebutaan di malam haribahkan jika mengalami kekurangan yang lebih serius dapat mengakibatkan kebutaan secara total.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Kandungan yang ada dalam sayur brokoli ini sangat baik untuk kesehatan mata anda, dan juga baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi sayura brokoli ini dapat meningkatkan penglihatan mata dengan baik dan alami. Untuk itu, kita bisa menjaga kesehatan mata dengan mudah, karena sayuran ini bisa kita makan dengan berbagai olahan ke dalam menu makanan kita. Rutinlah mengkonsumsi sayuran seperti wortel dan brokoli ini dalam setiap menu makanan anda, dan imbangi juga dengan pola hidup sehat agar kesehatan mata lebih terjaga dengan baik. Mengkonsumsi air putih yang cukup juga diperlukan serta memiliki waktu istirahat yang cukup pula sangat dibutuhkan agar mata kita terhindar dari masalah atau gangguan mata, karena jika mata sudah mengalami masalah tentunya akan mengganggu dalam aktivitas kita sehari-hari dan kualitas kerja kita pun mengalami penurunan sebab mata sangat berperan aktif dalam aktivitas yang kita jalankan setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *