Manfaat Sayuran Hijau Turunkan Resiko Glaukoma

By | May 9, 2017

Manfaat Sayuran Hijau Turunkan Resiko Glaukoma – Glaukoma merupakan penyakit mata yang bisa dikatakan penyakit yang berbahaya atau serius karena penyakit ini bisa menyebabkan kebutaan. Glaukoma sendiri adalah penyakit mata yang diakibatkan dari terakumulasinya cairan pada mata sehingga meningkatkan tekanan bola mata dan akibat dari penekanan tersebut merusak jaringan saraf pada mata. Bila mata sudah rusak semacam ini tidak dapt disembuhkan dan bisa menyebabkan mata menjadi buta dan merupakan penyakit yang sudah tahap parah, maka dari itu penyakit mata glaukoma ini sangat berbahaya dan sangat membutuhkan penanganan yang baik agar tidak menimbulkan masalah yang serius dan anda tidak kehilangan penglihatan akibat penyakit mata ini. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena glaukoma seperti faktor usia yang semakin tua, penyakit kronis seperti diabetes dan darah tinggi, rabun jauh yang parah, cidera mata karena jatuh atau terbentur sesuatu, juga karena faktor keturunan.

Dikarenakan beratnya resiko yang harus ditanggung penderita glaukoma, sebab penyakit ini tidak bisa disembuhkan dan cenderung berujung pada kebutaan mata, maka untuk itu kita perlu melakukan pencegahan sejak dini. Penyebab utama penyakit mata ini adalah meningkatknya tekanan bola mata diatas 20mmHg, namun walaupun jarang penyebab lain yang dapat mengakibatkan mata glaukoma adalah emosi yang tidak stabil, migrain, penyempitan pembuluh darah, dan lain-lain. Tekanan bola mata diatas normal yang terus menerus akan merusak saraf penglihatan, tetapi sering kali tidak disadari oleh penderitanya, karena kerusakannya terjadi secara perlahan. Oleh karena itu kita perlu memeriksakan mata jika telah berusia 40 tahun keatas, namun tidak ada salahnya kita juga rutin memeriksakan mata sejak dini agar kita lebih mengetahui perkembangan kesehatan mata dengan baik.

sayuran untuk glaukoma

Untuk mengetahui apakah anda mengalami penyakit glaukoma, setidaknya anda harus mengetahui terlebih dahulu gejala mata glaukoma. Hal ini bertujuan agar anda lebih mengetahui penyakit mata walaupun tidak sepenuhnya anda mengalami glaukoma, namun anda bisa melakukan beberapa pencegahan untuk mengurangi gejala tersebut. Beberapa gejala yang biasa dialami oleh seseorang yang terkena penyakit glaukoma antara lain sakit mata yang parah, penglihatan menjadi parah, kemerahan pada mata, sakit mata yang disertai mual dan munta, ketika anda melihat lampu maka anda akan melihat pelangi dan mata terasa sakit karena pembengkakan mata, dan terjadi masalah penglihatan yang tidak terduga akibat kekurangan cahaya. Beberapa gejala tersebut mungkin bisa anda rasakan, hal ini sangat membutuhkan tindakan yang tepat agar gejala tersebut tidak bertambah parah dan membuat penyakit menjadi sulit untuk disembuhkan.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Mengobati suatu penyakit yang terjadi pada tubuh memang penting, namun mencegah suatu penyakit adalah salah satu hal yang paling penting. Sama seperti halnya penyakit mata glaukoma, meskipun penyakit ini umumnya menyerang pada orang yang berusia diatas 40 tahun namun glaukoma ini juga bisa menyerang siapa saja dengan usia berapapun. Oleh sebab itu akan lebih baik jika anda melakukan pengecekan kesehatan mata, sehingga jika ada gejala glaukoma pengobatan dapat segera dilakukan. Akan tetapi, pencegahan penyakit mata juga bisa anda lakukan sendiri dengan cara mengkonsumsi sayuran hijau yang berguna untuk menurunkan resiko mata glaukoma secara alami dan aman. Orang yang rutin mengkonsumsi lebih banyak sayuran hijau akan memperoleh lebih banyak sumber nitrat yang secara signifikan membantu menurunkan resiko glaukoma. Nitrat pada sayuran bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, dan 80% zat ini dimiliki oleh semua jenis sayuran hijau. Untuk itu, rutin mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, selada, dan daun kale ternyata sangat baik untuk kesehatan mata.

Selama ini mungkin banyak dari kita hanya mengetahui untuk menjaga kesehatan mata hanya dengan wortel, namun bukan hanya wortel sayuran hijau lainnya juga sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mata, serta sayuran hijau ini juga dapat menurunkan resiko penyakit mata yang berbahaya seperti glaukoma secara alami dan mudah. Maka, untuk anda yang inginkan menghindari atau menurunkan resiko terkena penyakit mata glaukoma mata, ada baiknya anda mengkonsumsi sayuran hijau dalam menu makanan anda secara rutin. Mengkonsumsi sayuran hijau ini tentunya bukan hal yang sulit karena anda bisa mendapatkan sayuran hijau di pasar atau dikebun dekat rumah anda. Dan apabila anda adalah orang yang tidak suka sayur, cobalah untuk setidaknya membiasakan diri mengkonsumsinya, dan anda juga bisa mengolah sayuran hijau tersebut menjadi beberapa olahan sesuai dengan selera makan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *