Manfaat Tomat Untuk Menjaga Kesehatan Mata

By | April 28, 2017

Manfaat Tomat Untuk Menjaga Kesehatan Mata – Mungkin sebagian orang belum mengetahui atau tidak tahu tentang manfaat tomat untuk kesehatan tubuh dan juga manfaatnya untuk kesehatan mata. Tomat merupakan salah satu jenis buah yang sering digunakan sebagai sayuran. Selain untuk sayuran, banyak juga yang mengkonsumsi tomat secara langsung, adapula yang mengkonsumsi tomat ini dalam bentuk jus. Seperti apapun cara mengkonsumsi tomat ini, tomat akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tomat juga merupakan salah satu jenis buah dengan siklus hidup yang pendek. Biasanya tomat hanya mampu berbuah sekali, tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman yang satu kali panen. Tomat ini kaya akan kandungan air sehingga dapat menggantikan cairan dalam tubuh, berbagai kandungan nutrisi lain dalam tomat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan merawat kondisi tubuh tetap sehat. Beberapa kandungan alami pada tomat seperti Vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, kalium, folat, thiamin, niacin, magnesium, tembaga dan fosfor memiliki manfaat yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata.

Dalam satu buah tomat terkandung 22 kalori, 5 gram karbohidrat (1 gram serat, 3 gram gula, dan 1 gram protein). Tomat juga kaya akan antioksidan alami yang meliputi asam alfa lipoic, likopen, kolin, asam folat, beta karoten, dan lutein. Kandungan asam alfa lipoic dalam tomat dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah karena asam alfa lipoic dapat membantu pemecahan glukosa dalam darah menjadi energi. Asam alfa lipoic juga dapat membantu peremajaan sel otak dan saraf sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Kandungan likopen dalam buah tomat mampu memenuhi 80% kebutuhan likopen bagi tubuh per harinya. Antioksidan lain yang ada dalam tomat adalah kolin. Kolin berperan untuk pertahanan struktur membran sel, serta mengurangi peradangan kronis dalam tubuh.

tomat

Kandungan likopen sendiri adalah salah satu jenis antioksidan alami dalam tomat, likopen juga merupakan zat yang membuat tomat menjadi berwarna merah. Tomat juga memiliki khasiat besar untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan nutrisinya dapat merawat dan menjaga penglihatan mata tetap optimal. Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk merawat dan menjaga mata, diantaranya :

  • Menjaga Mata Tetap Lembab

Mata yang terkena paparan debu atau polusi udara tentunya akan membuat kondisi mata menjadi cepat pedih dan kering, keadaan seperti ini akan mengakibatkan gangguan pada mata. Vitamin A dalam tomat ini memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kelembaban mata secara alami dan aman. Manfaat Vitamin A dalam tomat dipercayai dapat menjadi solusi untuk pengobatan sindrom mata kering.

  • Mencegah Gangguan Penglihatan 

Vitamin A dalam tomat ini memang memiliki manfaat yang cocok untuk mata, karena sangat baik untuk mencegah berbagai gangguan mata yang berakibat pada menurunnya tingkat penglihatan mata pada seseorang. Banyak sekali gangguan yang dapat membuat penglihatan penurun seperti mata minus, silinder, katarak, glaukoma, dan beberapa jenis masalah lainnya pada mata. Untuk mencegah hal tersebut anda bisa mengkonsumsi banyak tomat, sebab Vitamin A dalam tomat juga dapat mencegah perkembangan penyakit stargardt. Penyakit tersebut adalah penyakit warisan pada mata yang dapat menyebabkan hilangnya kemampuan mata untuk melihat dan kondisi ini dapat terjadi pada usia yang relatif masih muda.

  • Melindungi Mata Dari Kerusakan

Radikal bebas berpotensi menyebabkan timbulnya berbagai infeksi dan penyakit pada mata. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan mata. Kandungan likopen pada buah tomat dapat menetralkan radikal bebas sehingga mencegah radikal bebas tersebut menginfeksi ata dan menimbulkan kerusakan. Untuk itu, konsumsi tomat secara rutin dapat membuat mata terhindar dari kerusakan.

  • Menghilangkan Mata Panda

Lingkaran hitam pada mata atau sering disebut dengan nama mata panda merupakan salah satu efek yang timbul karena mata terlalu lelah, kondisi ini tentunya dapat membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri saat di depan umum. Merawat mata dengan mengkonsumsi tomat dapat meghilangkan mata panda tersebut. Gunakan potongan tomat untuk ditempelkan pada mata tertutup. Lakukan hal tersebut setiap malam agar mata menjadi rileks sehingga lingkaran hitam juga akan hilang secara bertahap.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Beberapa manfaat tomat tersebut bisa menjadi salah satu solusi yang baik untuk menjaga kesehatan mata anda secara alami dan aman. Merawat dan menjaga kesehatan mata dengan alami menggunakan tomat tentunya menjadi salah satu pengobatan yang sangat mudah anda lakukan dan pastinya tidak memerlukan biaya yang mahal, karena harga tomat terbilang murah dan mudah didapatkan. Pola hidup sehat dan pola makan teratur harus anda lakukan agar perawatan mata lebih efektif. Jaga dan rawat mata dengan baik, karena mata sangat berperan penting dalam kegiatan sehari-hari seseorang, karena jika mata mengalami masalah tentunya akan membuat kualitas kerja anda menjadi menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *