Mengatasi Mata Bintitan Menggunakan Bahan Alami

By | June 20, 2017

Mengatasi Mata Bintitan Menggunakan Bahan Alami – Mata bintitan adalah salah satu gangguan atau masalah pada mata yang sangat mengganggu. Penyakit mata ini bisa membuat penampilan seseorang menjadi menurun dan tidak percaya diri saat di depan umum. Namun, mata bintitan ini seringkali menjadi candaan masyarakat karena masyarakat menganggap bahwa mata bintitan ini disebabkan sering mengintip atau lebih jelasnya orang yang suka mengintip akan mengalami mata bintitan. Akan tetapi, candaan tersebut bukanlah penyebab pasti mata bintitan, karena mata bintitan ini terjadi karena adanya suatu gangguan pada mata anda. Bentuk dari mata bintitan sendiri seperti ada benjolan di bagian kelopak mata dan membuat rasa tidak nyaman bagi penderitanya dan kadangkala penderita merasa anda benda asing yang menempel pada penglihatannya. Mata bintitan dapat terjadi karena kita seniri kurang menjaga kebersihan mata.

Kondisi seperti ini memang bukanlah masalah serius bagi kesehatan mata, namun mata bintitan ini sangatlah mengganggu penglihatan kita. Untuk itu, kita harus mengetahui apa penyebab dan gejala mata bintitan ini agar kita dapat dengan mudah mengetahui jika sewaktu-waktu dapat kita alami sendiri dan juga dapat melakukan pencegahan serta mengatasinya secara cepat. Penyebab mata bintitan bisa terjadi akibat adanya infeksi pada akar atau pangkal bulu mata yang disebabkan pencabutan bulu mata serta adanya benda asing atau paparan debu yang masuk ke dalam mata sehinga mengakibatkan mata mengalami infeksi.

mata bintitan

Dan untuk gejala yang dapat dirasakan oleh penderita mata bintitan adalah :

– Awalnya mata mengalami benjolan pada bagian atas atau bawah di kelopak matanya.
– Benjolan akar berwarna merah.
– Terkadang pasien juga akan menampakkan bintik kecil dengan warna kuning atau putih.
– Terkadang kelopak mata juga mengalami pembengkakan.
– Mata juga akan terasa nyeri dan berair.
– Jika sudah parah mata bintitan akan pecah dan bernanah.

Dengan mengetahui penyebab dan gejala seperti diatas anda bisa mengatasi terlebih dahulu mata bintitan dengan cepat agar kondisi mata tersebut tidak bertambah parah dan juga mencegah adanya komplikasi lain yang mungkin terjadi pada mata anda. Untuk mengatasi mata bintitan ada baiknya menggunakan bahan alami yang minim efek samping serta mudah dilakukan sendiri di rumah. Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara untuk mengatasi mata bintitan, bahan alami tersebut antar lain :

– Kunyit

Bahan alami yang pertama untuk mengatasi mata bintitan adalah kunyit. Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang mampu membunuh kuman yang menyerang tubuh kita. Untuk itu, kunyit juga bisa Anda jadikan obat sakit bintitan alami. Cara menggunakannya, Anda cukup menumbuk kunyit, lalu dikompreskan pada mata yang sakit bintitan. Obat alami kunyit ini akan bisa meredakan dan menyembuhkan bengkak pada mata bintitan Anda dengan cepat.

– Ketumbar

Selain kunyit, bahan alami lainnya seperti ketumbar juga dapat kita gunakan untuk mengatasi mata bintitan. Biji ketumbar sangat baik untuk dijadikan obat mata bintitan dengan cara mengambil 2-4 sendok makan ketumbar kemudian direbus. Air hasil rebusan tersebut kemudian digunakan untuk mengkompres mata yang sakit bintitan.

– Daun Jambu Biji

Ternyata, daun jambu biji juga sangat berguna untuk kesehatan mata. Biasanya daun jambu biji ini sering kita gunakan untuk mengobati luka pada kulit. Daun jambu biji memiliki anti bakteri dan anti-inflamsi yang mampu membunuh bakteri atau kotoran yang masuk ke mata. Cara menggunakannya, daun jambu biji ditumbuk lalu dibubuhkan pada kelopak mata yang sakit bintitan.

– Bunga

Berbagai macam bunga seperti bunga kenanga, sepatu, mawar, melati, atau yang lainnya bisa Anda jadikan obat sakit bintitan alami. Cara menggunakannya, remas-remas bunga yang akan Anda jadikan obat sakit bintitan, lalu oleskan pada mata yang terkena bintitan. Obat alami ini juga sangat mujarab untuk mata bengkak yang diakibatkan oleh gigitan atau air kencing serangga.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Itulah beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi mata bintitan. Jika dengan menggunakan bahan alami tersebut mata bintitan anda sembuh, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pencegahan agar mata bintitan tidak kembali datang. Jaga selalu kebersihan mata dan area sekitarnya. Jangan mengucek mata dengan tangan kotor. Dan hal terpenting adalah terapkan pola hidup sehat dan juga pola makan yang baik sejak dini agar mata kita tetap sehat dan bersih hingga tua nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *