Mengenal Ciri-Ciri Mata Minus Sejak Dini

By | August 25, 2018

Mengenal Ciri-Ciri Mata Minus Sejak Dini -Mata merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia baik untuk menjalankan aktivitas atau pun pekerjaan sehari-hari. Mata merupakan bagian tubuh manusia yang sensitif mengalami suatu masalah, mata adalah organ tubuh manusia yang memiliki fungsi untuk melihat suatu benda yang berada disekitar kita dengan jelas, oleh sebab itu mata sering kali mengalami suatu masalah penglihatan baik itu masalah ringan maupun berat. Salah satu masalah penglihatan yang sering kita dengar atau bahkan kita sendiri mengalaminya adalah masalah mata minus. Mata minus sendiri adalah suatu kondisi di mana mata memiliki kemampuan melihat objek yang dekat, namun kabur dan kehilangan fokus jika melihat objek yang berada jauh dari mata.

sejak dini

Masalah mata minus ini sering terjadi dan bahkan sebagian masyarakat sering mengabaikannya akibat ketidaktahuan tentang ciri-ciri penderita mata minus yang membuat penglihatan mata kita menjadi terganggu. Mata minus atau juga dikenal dengan istilah medisnya yaitu miopi merupakan kondisi mata yang dapat mempengaruhi penglihatan kita. Penyebab mata minus atau rabun jauh ini bermacam-macam seperti Faktor keturunan, usia, menderita kelainan mata, mata jarang diistirahatkan, mata pernah cedera, atau bahkan akibat kekurangan vitamin A. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mencegah terjadi mata minus atau mengenali ciri-ciri nya terlebih dahulu agar kita dapat melakukan penanganan dengan cepat dan baik.

Jika anda penasaran apakah saat ini sedang mengalami mata minus atau tidak, anda bisa mencobanya dengan membandingkan hasil daya lihat anda. Pandanglah sebuah objek yang berada di dekat anda, apakah terlihat jelas?, setelah itu mundur beberapa langkah, apakah anda masih bisa melihat objek tersebut dengan jelas, jika ya, maka mundur sedikit lagi. JIka pada jarak tertentu daya lihat anda terhadap objek tadi mulai kabur, namun orang lain bisa masih melihatnya dengan jelas, maka bisa di pastikan anda mengalami mata minus atau rabun jauh. Kaburnya penglihatan saat melihat objek tersebut adalah ciri-ciri dan gejala mata minus yang paling mudah anda kenali. Namun bukan itu saja, masih ada beberapa ciri lain yang bisa menjadi tanda bahwa anda menderita mata minus, seperti :

– Memincingkan mata terlebih dahulu agar dapat melihat benda dengan jelas atau fokus

Seseorang yang mengalami mata minus pasti akan menunjukkan ciri yang umum yaitu memincingkan mata agar bisa fokus dan melihat onjek dengan jelas. Bahkan sering kali disertai dengan memajukan wajah atau mendekati objek tersebut, padahal orang lain disekitarnya yang sama-sama melihat objek yang sama tetap tenang berada ditempatnya.

– Sering mengedipkan mata

Ciri lain dari penderita mata minus adalah sering mengedipkan mata. Jika anda harus berulang kali mengedipkan mata hanya agar pandangan bisa lebih fokus atau tajam ketimbang sebelumnya, maka kemungkinan besar anda mengalami mata minus.

– Penglihatan Menjadi Lebih Buruk pada Malam Hari

Bagi seseorang yang memiliki gangguan mata minus akan mengalami kesulitan dalam melihat terutama pada saat sedang mengemudikan kendaraan di malam hari. Hal ini sering disebut night myopia.

– Mata akan tegang atau lelah

Untuk anda yang mengalami mata minus tentunya akan memaksa mata untuk tetap fokus pada benda atau objek supaya terlihat jelas, hal ini tentu akan membuat kedua mata menjadi tegang atau lelah.

– Mengalami sakit kepala mendadak

Selain itu, penderita mata minus juga akan mengalami sakit kepala mendadak, hal ini karena mereka berusaha untuk memaksa mata tetap fokus pada objek jauh, sehingga membuat kepala menjadi pusing.

Baca Juga : Walatra Sehat Mata

Itulah beberapa ciri-ciri anda mengalami mata minus. Selain orang dewasa, anak-anak juga sering mengalami atau menderita gangguan mata minus ini. Namun sebagian besar anak-anak membiarkannya begitu saja karena tidak menyadari atau bahkan kurangnya mengetahuan tentang kondisi mata minus tersebut. Maka dalam hal ini, peran orang tua sangatlah dibutuhkan untuk mengamati kesehatan mata anak dengan baik dan rutinlah memeriksakan mata agar anda mengetahui kondisi mata anak dengan baik. Banyak cara untuk mengatasi mata minus seperti merubah gaya hidup yang dapat merusak mata atau mengkonsumsi suplemen kesehatan mata.

Penderita mata minus lebih sering dirasakan oleh masyarakat kota daripada masyarakat desa, hal ini didasarkan pada mayoritas masyarakat kota yang bekerja dengan komputer maupun alat elektronik lain yang cenderung membuat mata lebih cepat lelah. Seperti yang kita tahu bahwa di perkotaan terjadi polusi udara yang tentu tidak separah yang terjadi di pedesaan sehingga kesehatan mata menjadi terpengaruh. Akan tetapi hal ini tidak selalu terjadi pada masyarakat di kota, asalkan kita yang berada di kota tetap menjaga dan merawat mata dengan baik dan benar agar terhindar dari mata minus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *