Mengenal Ciri-Ciri Mata Terkena Penyakit Katarak Sejak Dini

By | September 13, 2017

Mengenal Ciri-Ciri Mata Terkena Penyakit Katarak Sejak Dini – Katarak merupakan penyakit yang banyak terjadi pada orang yang berusia lanjut. Laki-laki dan perempuan bisa terkena katarak. Katarak sendiri adalah penyakit yang menyerang organ mata dan bisa terjadi pada salah satu mata atau dua mata sekaligus. Pada umumnya mata yang sehat memiliki bagian lensa normal yang bisa menjadi jalan masuknya cahaya hingga ke bagian belakang mata. Tapi kondisi ini tidak bisa terjadi untuk penderita penyakit katarak. Penderita katarak akan memiliki bagian lensa yang lebih buram, sehingga tidak semua cahaya luar bisa masuk ke bagian belakang mata. Hal inilah yang menyebabkan pandangan mata menjadi kabur dan akan semakin parah bila tidak di tangani dengan cepat dan tepat. Katarak biasanya terjadi karena faktor umue dan banyak terjadi pada lanjut usia.

Katarak merupakan penyebab paling umum kehilangan penglihatan atau kebutaan pada orang diatas usia 40 tahun dan merupakan penyebab utama mata mengalami kebutaan. Bahkan, ada lebih banyak kasus katarak di seluruh dunia dibandingan dengan penyakit mata lainnya seperti glaukoma, degenerasi makula atau penyakit mata lainnya. Selain diderita oleh manula atau seseorang yang sudah berusia lanjut, ternyata katarak juga bisa dialami oleh orang dewasa, anak-anak dan bahkan bayi sekalipun. Katarak ini dapat menyerang kedua mata kita, meski tingkat kondisi keduanya berbeda. Penyakit ini berkembang selama bertahun-tahun tanpa terasa oleh penderitanya, maka banyak orang tidak menyadari ketika matanya mengalami katarak.

ciri katarak

Katarak tidak menyebabkan rasa sakit atau iritasi. Penderita biasanya akan mengalami penglihatan yang samar-samar dan berkabut, selain itu akan muncul bintik atau bercak saat penglihatannya kurang jelas. Maka dari itu penting bagi kita untuk memahami dan mengetahui ciri-ciri mata katarak sejak dini, agar kita lebih mudah mewaspadai dan mencegah penyakit mata ini. Sebab mata katarak bukanlah masalah yang ringan melainkan masalah yang serius dan membutuhkan penanganan yang cepat dan juga tepat. Katarak biasanya terbentuk secara perlahan dan menyebabkan sedikit gejala sampai mereka penglihatanya sudah mulai menurun. Berikut beberapa ada beberapa ciri apabila mata anda terkena katarak, antara lain :

Penglihatan menjadi silau. Pada tahap ini mata yang terkena katarak tidak tahan terhadap cahaya, baik cahaya lampu maupun cahaya matahari. Orang yang terkena katarak biasanya akan merasa sangat sakit bila terkena cahaya atau lampu.

Melihat cincin di sumber cahaya. Dalam kondisi seperti ini,apabila mata sudah melihat ada banyak cincin di sumber cahaya, maka itu adalah pertanda mata yang terkena katarak. Kondisi ini disebabkan karena cahaya yang masuk ke bagian mata menghasilkan difraksi sehingga pantulan yang berasal dari cahaya menyerupai cincin pada bagian sumber cahaya.

Pandangan mata mulai kabur. Penderita penyakit mata katarak biasanya merasakan penglihatan mulai kabur yang terlihat seperti gangguan mata minus atau gangguan lain. Pada awalnya gejala ini bisa diatasi setelah memakai kacamata, tapi tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama. Pandangan mata akan tetap kabur dan tidak bisa diatasi dengan kacamata.

Terdapat lapisan kuning atau coklat. Pada gejala awal, mata yang terkena katarak akan terlihat lebih kuning atau coklat. Kondisi ini akan menyebabkan penderita katarak tidak bisa melihat secara jelas saat malam hari.

Terdapat lukisan atau keruh atau berkabut pada mata. Pada awalnya ciri ciri mata katarak akan terbentuk dalam ukuran yang sangat kecil. Namun pada saat itu biasanya pandangan mata akan sedikit kabur. Jika dibiarkan dalam waktu yang lebih lama maka pandangan akan kabur, terlihat awan pada mata dan gelap.

Itulah beberapa ciri yang dapat harus waspadai jika memang anda mengalami ciri tersebut sebaiknya anda langsung memeriksakan mata anda. Apabila penyakit mata katarak sudah akut ataupun kronis, maka satu-satunya cara mengobati katarak adalah dengan operasi dan mengganti lensa di mata dengan yang jernih. Teknik operasi ini membutuhkan sayatan yang lebar sehingga penyembuhannya lebih lama. Jika operasinya benar maka biasanya katarak tidak muncul lagi. Secara medis, untuk mengobati katarak adalah dengan cara operasi, akan tetapi operasi tersebut tidak menjamin sepenuhnya anda akan sembuh. Untuk itu, cara lain untuk dapat sembuh dari katarak adalah dengan cara merawat dan menjaga kesehatan dengan alami.

Baca Juga : Obat Alami Mata

Hal ini karena biaya untuk operasi dipastikan akan sangat mahal, untuk itu cara lainnya untuk membantu meringankan masalah katarak pada mata adalah dengan mencegah katarak dan menghindari hal-hal yang dapat merusak mata anda. Jika anda mengalami katarak dan melakukan operasi biasanya proses perawatan dan pemulihannya untuk kembali pasca operasi akan membutuhkan waktu yang lumayan lama sekitar 1 sampai 1,5 bulan. Maka untuk membantu dalam proses penyembuhan tersebut anda bisa menggunakan salah satu cara alternatif yang menggunakan cara alami seperti mengkonsumsi makanan sehat yang berasal dari buah dan sayur, dan jika anda ingin lebih praktis anda bisa menggunakan obat alami mata yang tersebut dari bahan-bahan alami yang tidak akan menimbulkan efek berbahaya dibandingkan dengan menggunakan obat berbahan kimia.

Mulailah merawat dan menjaga kesehatan mata sejak dini, agar mata kita dapat berfungsi dan melakukan tugasnya dengan baik, karena jika mata sudah mengalami masalah mata sangat sulit untuk melakukan aktivitas secara baik sebab mata memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi. Jenis makanan yang disarankan adalah seperti jeruk, wortel, pepaya, sayuran hijau dan kacang-kacangan, dan jaga pola serta gaya hidup dengan baik agar kesehatan mata tetap terjaga secara alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *