Mengenal Ciri-ciri Saraf Mata Rusak Yang Harus Di Ketahui

By | September 12, 2017

Mengenal Ciri-ciri Saraf Mata Rusak Yang Harus Di Ketahui – Saraf mata merupakan kumpulan Saraf yang memiliki peranan penting untuk sistem indera penglihatan manusia. Cahaya yang di dapat oleh mata kemudian ditransfer melalui Saraf menuju otak untuk dapat diterjemahkan. Tanpa adanya Saraf mata indera mata tidak akan berjalan sesuai fungsinya dengan sempurna. Akan tetapi, Saraf mata juga sama halnya dengan organ lainnya, Saraf mana inipun dapat mengalami gangguan seperti Saraf mata rusak, putus, atau masalah serius lainnya.

Gangguan ini dapat menyebabkan mata mengalami masalah dalam penglihatan dan bahkan membuat kondisi mata menjadi tidak berfungsi secara optimal atau bahkan mata akan mengalami kebutaan. Kerusakan Saraf mata tidak memiliki gejala khusus, hal ini karena gejala yang ditimbulkan dari rusaknya saraf mata tidak dapat dideteksi dengan dilihat, namun dapat dideteksi dengan pengobatan yang khusus dan rutin.

saraf mata

Penyebab rusaknya saraf mata bermacam-macam bisa karena putus, robek, saraf mata lemah atau saraf mata lepas. Saraf mata rusak diakibatkan karena beberapa sebab seperti kelainan pada mata, penambahan produksi cairan mata dari badan siliar, penyakit yang mempengaruhi saraf mata, pengeluaran cairan mata di daerah sudut bilik mata, bisa juga celah pupil yang berkurang, dan bahkan bisa juga karena efek samping dari konsumsi obat-obatan serta bisa juga akibat faktor genetik atau faktor keturunan.

Kerusakan saraf mata dapat mengakibatkan timbulnya penyakit pada mata yang pastinya sangat menganggu penglihatan mata seperti peradangan pada saraf optik yan disebabkan oleh kerusakan dan kehilangan selubung pelindung (myelin) yang mengelilingi saraf mata. Selain dapat menganggu penglihatan mata dan jarak pandang mata, saraf mata rusaknya juga dapat menimbulkan penyakit yang perlu penanganan khusus seperti glaukoma, konjungtivitas, abrasi kornea, uveitis, optik neuritis bahkan kebutaan.

Optik neuritis adalah peradangan pada saraf mata optik, yang disebabkan oleh kerusakan dan kehilangan selubung pelindung (myelin) yang mengelilingi saraf mata. Penuakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan menghancurkan penutup saraf pelindung mata. Maka dari itu, kita harus memahami dan mengetahui masalah yang terjadi pada saraf, karena seringkali kita tidak menyadari bahwa saraf mata kita mengalami kerusakan. Sebab saraf mata yang rusak sangat sulit diketahui jika sendiri tidak mengetahui ciri-cirinya. Berikut ini ada beberapa ciri-ciri saraf mata rusak yang harus anda ketahui, antara lain :

– Terasa sakit atau nyeri dibagian belakang mata.
– Kemampuan melihat secara detail mengalami penurunan termasuk sulit membedakan warna.
– Penyempitan lapangan pandang.
– Penurunan ketajaman penglihatan.
– Penglihatan kabur.
– Kehilangan penglihatan atau mengalami kebutaan.

Selain dapat mengakibaktan penyakit mata seperti mata merah, rabun jauh, atau masalah mata lainnya. Kerusakan pada saraf mata juga dapat menganggu aktivitas anda sehari-hari. Kehilangan penglihatan atau mengalami kebutaan adalah komplikasi yang tidak dapat dihindari ketika gangguan penyakit saraf mata ini sudah terjadi. Gejala yang dapat anda rasakan saat saraf mata mengalami kerusakan adalah saat anda melihat lampu neon atau sumber cahaya lainnya, anda akan melihat warna pelangi di sekitar lampu neon tersebut, dan mata anda akan terasa sakit ketika membengkak, serta penglihatan akan menjadi kabur namun seiring waktu berjalan akan kembali normal, dan yang terakhir rasa terus menerus mengedipkan mata.

Jika anda merasakan ciri atau gejala seperti diatas maka ada baiknya anda segera memeriksakan mata anda ke dokter spesialis mata agar anda mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat. Untuk itu, penting bagi anda untuk menjaga dan merawat saraf mata dengan baik, sebab saraf mata merupakan bagian penting dalam mata anda, oleh karena itu, jika saraf mengalami kerusakan mata peluang terjadinya penyakit mata sangatlah besar.

Pengobatan untuk saraf mata rusak ada berbagai macam, anda bisa melakukan terapi pada mata atau juga bisa mengambil cara seperti operasi pada mata. Namun, untuk melakukan operasi harus ada persetujuan antara anda dengan dokter agar tidak terjadi sesuatu yang dapat merusak mata anda. Selain dengan cara operasi, dan juga bisa mengambil cara yang lebih aman yaitu dengan cara tradisional atau cara alami seperti mengkonsumsi obat alami mata yang berbahan dasar alami, sebab obat yang berbahan alami jauh lebih baik dibanding dengan obat yang berbahaya kimia yang bisa saja membuat kondisi mata anda menjadi bermasalah.

Namun, selain melakukan pengobatan seperti operasi atau mengkonsumsi obat, anda juga harus mengeimbanginya dengan cara mengkonsumsi nutrisi alami dari makanan sehat yang berasal dari buah dan sayuran, hal ini karena tubuh juga membutuhkan nutrisi dari makanan, dan makanan sehat yang terkenal dapat menjaga kesehatan mata adalah wortel, alpukat dan makanan sehat lainnya. Dan penting bagi anda untuk menghindari beberapa hal yang dapat merusak mata seperti kurang tidur, terlalu sering bermain gadget, dan hal-hal lainnya. Mata merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif atau rentan mengalami masalah maka dari itu kita harus menjaga dan merawat mata dengan hati-hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *