Mengenal Kanker Pada Mata Penyebab Dan Gejalanya

By | July 7, 2017

Mengenal Kanker Pada Mata Penyebab Dan Gejalanya – Kanker mata merupakan jenis kanker yang jarang terjadi dan bisa menyerang bagian luar mata seperti kelopak mata atau juga bisa menyerang bagian dalam mata. Selain itu, kanker jenis ini bisa terjadi akibat penyebaran dari kanker pada organ lain. Jenis kanker mata ini sangat beragam, jika pada anak-anak jenis kanker mata yang biasanya dialami adalah retinablastoma yang berawal dari retina. Sementara untuk orang dewasa biasanya jenis kanker intraokular yang paling sering muncul adalah melanoma dan limfoma. Kanker mata memang sangat jarang terjadi, tapi sekalinya terjadi akan membuat seseorang menjadi khawatir dan harus segera mendapatkan penanganan. Pada umumnya, kanker mata ini hanya akan menyerang sebelah mata saja, namun ada kemungkinan berkembang dan berpindah ke mata yang lain.

Kanker mata merupakan salah satu penyakit kanker yang terjadi pada daerah belakang mata yang peka terhadap cahaya. Kanker ini dapat terjadi pada salah satu atau kedua mata yang akan menyebar ke kantung mata dan otak. Penyebab kanker mata ini yaitu karena tidak adanya gen yang menurunkan tumor dan pada umumnya terjadi karena faktor keturunan. Kanker mata dapat menyerang setiap orang dari berbagai usia, namun biasanya kanker mata ini dapat menyerang anak-anak yang umurnya dibawah 5 tahun. Seperti kanker lainnya, kanker mata juga disebabkan oleh adanya pertumbuhan tidak terkendali dari sel-sel yang mengalami mutasi, namun penyebab di balik proses mutasi tersebut belum diketahui secara pasti. Ada beberapa penyebab atau faktor yang memungkinkan bisa memicu munculnya kanker mata, antara lain :

– Pajanan sinar matahari dan ultraviolet.
– Faktor usia, risiko terjadinya kanker mata bisa terjadi seiring dengan bertambahnya usia seseorang.
– Warna mata, orang yang memiliki warna mata terang misal warna biru, hijau, atau abu-abu berisiko mengalami kanker mata lebih tinggi.
– Kelainan kulit turunan, kulit yang memiliki kecenderungan membentuk tahi lalat di berbagai area kulit tubuh, umumnya berisiko berkembang menjadi melanoma di mata dan kulit.

Kanker mata

Beberapa penyebab diatas bisa menjadi faktor munculnya kanker mata, walaupun memang penyebab pasti dari kanker mata masih belum jelas. Kanker mata ini dapat terjadi kapan saja dan bisa dialami siapa saja, oleh sebab itu kita harus bisa merawat dan menjaga mata dengan baik karena gejala kanker mata ini terkadang tidak kita ketahui sebelumnya dan hanya menyadarinya ketika kanker mata sudah mulai parah. Terdapat banyak gejala berkaitan dengan kanker mata. Bagaimanapun, perlu diperhatikan bahwa gejala-gejala ini dapat juga disebabkan oleh kondisi lain, berikut ada beberapa gejala kanker mata yang harus anda waspadai antara lain :

– Masalah dengan penglihatan (pandangan menjadi kabur atau tiba-tiba kehilangan penglihatan).
– Seperti ada bintik-bintik atau bercak-bercak melayang yang terlihat kemanapun Anda memandang atau seperti ada kilatan cahaya.
– Kehilangan sebagian dari penglihatan Anda.
– Ada suatu bintik gelap di bagian hitam mata (iris).
– Perubahan ukuran atau bentuk pupil (bagian gelap yang berada di tengah-tengah mata).
– Perubahan posisi bola mata di dalam kantung matanya.
– Mata seperti melotot.
– Perubahan pada cara mata bergerak di dalam kantung matanya.

Ketika anda mengalami gejala-gejala seperti diatas, ada baiknya anda segera periksa mata dan berkonsultasi langsung dengan dokter umum terlebih dahulu, yang dapat merencanakan serangkaian tes dan penanganan yang baik untuk membantu mengatasi kanker mata, jika memang anda mengalami masalah kanker mata. Dan jika anda mengalami kanker mata, dokter umum akan merujuk anda pada seorang dokter bedah mata untuk melakukan pengobatan lebih lanjut. Beberapa pengobatan yang biasa dilakukan seperti terapi laser atau radioterapi bisa saja di lakukan jika memang anda sudah menyetujui hal tersebut dengan dokter. Namun, penting bagi anda saat melakukan pembedahan, cara tersebut biasanya akan menimbulkan resiko pada kesehatan mata seperti menurunnya penglihatan anda, sebab cara medis biasanya akan menimbulkan sedikit resiko pada kesehatan. Hal ini mungkin sudah dijelaskan sebelumnya oleh dokter ketika anda menyetujui jalannya pembedahan atau cara medis lainnya.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Maka dari itu, kita harus menjaga dan merawat mata sejak dini, karena walaupun kanker mata ini jarang terjadi namun risiko dan bahayanya tetap bisa menyerang kesehatan mata kita. Rutinlah untuk periksa mata agar anda lebih mengetahui berkembangan mata anda dengan baik, dan atur pola makan dengan baik, karena mata juga membutuhkan nutrisi yang cukup dari dalam tubuh agar fungsi mata bekerja secara optimal. Untuk menjaga kesehatan mata juga harus seimbang sama halnya saat kita menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan fit. Hindari penggunaan obat-obatan yang berbahan kimia, karena obat yang berbahan kimia sangat tidak baik untuk kesehatan mata dan dapat merusak kesehatan mata. Gunakan obat tetes mata hanya pada jangka waktu sementara dan jangan menggunakannya terlalu sering, hal ini disebabkan bahan yang terkandung dalam obat tetes mata sangat berbahaya bagi kesehatan mata jika digunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama atau sering. Sebaiknya anda menggunakan obat ala rumahan yang alami seperti daun sirih atau obat alami mata lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *