Mengenal Mata Berlemak Penyebab Dan Gejalanya

By | June 3, 2017

Mengenal Mata Berlemak Penyebab Dan Gejalanya – Mata berlemak mungkin masalah mata yang satu ini jarang terdengar dan sebagian orang pastin tidak tahu apa yang dimaksud dengan mata berlemak. Mata berlemak ini adalah penyakit yang jarang ditemui, penyakit mata ini adalah salah satu penyebab kebutaan pada mata. Kondisi mata berlemak, bukan area mata atau kantung mata berlemak, melainkan di dalam mata yang berlemak. Sebenarnya mata berlemak ini adalah penyakit langka yang dapat menyerang mata, namun penyakit ini jika sudah anda alami jangan pernah meremehkannya karena mata yang mengandung lemak dapat memicu kebutaan bagi yang menderita kondisi mata seperti ini. Kebutaan adalah risiko terbesar apabila tidak segera mendapatkan pengobatan yang cepat dan aman.

Kondisi mata berlemak ini dalam ilmu kesehatan dokter bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti misalnya penyakit mata ptegyrium atau selaput mata dan pinguecula. Ptegyrium sendiri adalah kondisi dimana terdapat pertumbuhan jaringan fibrovaskuler atau selpaut yang terjadi di konjungtiva dan akhirnya permukaan kornea pun mengalami infiltrasi. Sedangkan pinguecula adalah satu kondisi dimana pada konjungtiva mata terdapat selaput kekuningan yang diketahui sebagai penimbunan lemak. Apabila anda dapat melihat ada warna putih di bagin mata, baik itu di sebelah kanan dan kiri bagian hitam mata, itulah yang disebut dengan penumpukan lemak pada mata. Penumpukan lemak ini bukan terjadi diluar, namun di dalam mata anda. Meski terdapat putih di bagian mata, pinguecula ini bisa memicu warna kemerahan pada mata juga.

mata berlemak

Mata berlemak ini sangat berbahaya sebab mata lemak ini terjadi di dalam mata kita, maka sangat sulit untuk di sembuhkan jika tidak segera melakukan tindakan atau penanganan yang cepat pada mata anda. Mata yang di dalamnya terdapat lemak ini kerap menjadi akibat dari irtasi kronik juga oleh angin, paparan sinar UV, maupun oleh debu. Pada awalnya, kondisi tersebut bisa dianggap iritasi biasa dan sama sekali tidak menimbulkan kondisi yang berbahaya. Hanya saja, apabila iritasi atau gangguan tersebut dibiarkan saja tanpa ada tindakan apapun maka akan mengalami radang pada mata dan dapat merusak kornea mata. Terjadinya mata berlemak biasanya adalah pada orang yang sering berkegiatan di luar rumah, terutama lingkungan berangin dan berpasir di mana terlalu banyak polusi, atau orang yang memang tempat tinggalnya di kawasan beriklim hangat.

Mata berlemak tidaklah terjadi secara tiba-tiba karena ada beberapa gejala dan ciri yang perlu anda ketahui sehingga dapat mewaspadai apabila sewaktu-waktu mata berlemak ini menyerang mata anda. Mungkin anda tahu bahwa penyakit mata berlemak akan menunjukkan adanya gumpalan yang menandakan adanya pertumbuhan selaput berwarna putih di dalam mata, namun ada gejala lainnya yang dapat menyertainya. Beberapa gejala tersebut antara lain :

– Mata kerap terasa gatal.
– Pada permukaan mata akan terasa seperti panas terbakar.
– Penglihatan menjadi buram atau samar-samar.
– Pembuluh darah menonjol menyertai pertumbuhan warna putih yang ada di sudut mata, baik bagian luar maupun dalam.
– Penderita merasa tidak nyaman karena di dalam mata seperti ada ganjalan.
– Mata akan terasa perih dan menjadi merah, seperti ketika teriritasi debu atau polusi ketika berada di luar.

Gejala tersebut dapat anda rasakan apabila mengalami mata berlemak, maka untuk segeralah untuk memeriksakan mata anda ke dokter dan berkonsultasi langsung dengan dokter agar anda bisa menghidari mata berlemak tersebut, karena jika mata berlemak sudah dalam kondisi yang parah pastinya akan membuat penglihatan pun tidak begitu baik dan seperti yang telah dijelaskan bahwa mata berlemak ini bisa mengakibatkan kebutaan pada mata anda.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Jika kebutaan sudah menyerang anda maka aktivitas atau kegiatan lainnya pun akan terganggu, sebab mata ini merupakan anugerah yang diberikan tuhan kepada kita untuk kita rawat dan menjaganya, dengan mata kita bisa melihat serba serbi warna dunia ini dan bayangkan apabila mata sudah tidak bisa melihat (buta) maka hidup pun terkadang hampa. Untuk itu syukuri anugerah yang telah di berikan tuhan, rawat dan jaga dengan baik agar mata kita tetap sehat dan bersih dari gangguan yang dapat merusak penglihatan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *