Mengenal Mata Juling Pada Anak, Penyebab Dan Gejalanya

By | May 1, 2017

Mengenal Mata Juling Pada Anak, Penyebab Dan Gejalanya – Sebagian orang mungkin belum mengetahui apa itu mata juling, mata juling merupakan masalah mata atau penyakit yang terjadi ketika kedua mata tidak dapat berfokus pada benda yang sama secara bersamaan. Mata juling ini sering muncul pada anak-anak. Pada mata juling, otot mata yang terhubung ke otak tidak bekerja dengan tepat sehingga gerakan mata menjadi berbeda, padahal seharusnya kedua mata bergerak ke arah yang sama saat melihat suatu benda. Maka, jangan remehkan mata juling karena dapat menganggu penglihatan seseorang. Kesalahpahaman yang sering terjadi tentang mata juling pada anak adalah bahwa penyakit ini akan sembuh dengan sendiri seiring anak bertambah dewasa. Namun, maa juling yang sering terjadi pada anak ini tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Bahkan apabila tidak ditangani, penyakit ini kemungkinan akan berkembang menjadi penyakit penglihatan ganda.

Sebagian besar anak memiliki kemampuan untuk tidak menghiraukan malfungsi mata, namun seiring bertambahnya usia, mereka mulai kehilangan kemampuan ini, sehingga penglihatan ganda pun dapat terjdi. Ketika gangguan mata ini terjadi, kemungkinan gangguan ini akan menyebabkan penyakit mata malas atau ambliopia. Sebagian anak yang mengalami mata juling mengeluh mengalami pandangan ganda. Namun ada juga yang tidak pernah mengeluh. Kondisi mata juling justru lebih sering dikenali oleh orang lain. Beberapa gejala mata juling yang dapat dicermati antara lain mata tidak bergerak ke arah yang sama di saat bersamaan. Salah satu mata akan menyipit atau menutup pada saat terpapar matahari dan seringkali menabrak saat berjalan. Anak kecil yang belum mampu berkomunikasi dengan baik, biasanya tampak sering menyipitkan mata atau memiringkan atau memutar kepala ketika berusaha melihat sesuatu agar lebih jelas.

mata juling

Penyebab mata juling ini biasanya tidak diketahui, namun ada beberapa orang yang terlahir dengan tumor yang memepengaruhi mata atau mengalami gangguan pada bagian sistem saraf tertentu yang mengendalikan otot mata. Apabila mata juling terjadi saat dewasa, penyebab utamanya adalah stroke. Mata juling juga dapat disebabkan oleh trauma, penyakit mata tiroid, atau gangguan saraf. Mata juling yang disebabkan oleh trauma kemungkinan disebabkan oleh kerusakan otak, kerusakan saraf, atau kerusakan otot mata. Jika mata juling tidak diobati, maka mata yang diabaikan oleh otak akan tidak bisa melihat dengan baik. Kehilangan penglihatan ini disebut ambliopia. Nama lain ambliopia adalah mata malas. Kadang–kadang ambliopia akan datang lebih dahulu dan akan menyebabkan strabismus atau mata juling.

Jika kondisi mata juling tidak mendapatkan perawatan tepat, kemungkinan otak tidak akan menangkap hal-hal yang dilihat pada bagian mata yang lemah. Hal ini dapat menyebabkan kondisi amblyopia atau mata malas yang tidak mampu fokus. Bahkan, dapat menyebabkan kehilangan daya pandang sama sekali. Gejala akibat mata juling kemungkinan akan memengaruhi kehidupan sehari-hari anak anda, oleh karena itu sebaiknya penyakit ini diobati secepat mungkin. Pengobatan yang mungkin dapat dilakukan untuk mengatasi mata juling adalah dengan operasi, namun meski sudah dilakukan operasi, masih ada kemungkinan anak harus tetap menggunakan kacamata untuk memperbaiki kondisinya. Karena itu perlu terus melakukan pemeriksaan lanjutan.

Perawatan mata juga sangat penting untuk membantu mengurangi gejala mata juling ini. Jika anak anda mengalami gejala-gejala kondisi mata juling, segera periksakan ke dokter atau spesialis mata. Jangan menunda-nunda pemeriksaan karena dapat menyebabkan gangguan penglihatan pada anak.

Makin berat mata juling maka akan semakin membutuhkan tindakan operatif untuk memperbaiki mata. Jika mata juling terjadi karena hilangnya penglihatan maka kehilangan penglihatan tersebut butuh diatasi terlebih dahulu sebelum operasi mata juling bisa berhasil dengan sukses. Mata sangat rentan mengalami masalah untuk itu jaga kesehatan mata dengan baik, jika mata mengalami masalah karena faktor keturunan, runtinlah memeriksakan mata anda ke dokter untuk mengurangi gejala yang dapat memburuk kondisi mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *