Mengenal Mata Kedutan Dan Penyebabnya

By | May 30, 2017

Mengenal Mata Kedutan Dan Penyebabnya – Mata kedutan merupakan kondisi mata yang hampir setiap mengalami nya, mata kedutan dikatakan oleh orang tua sebagai pertanda sesuatu hal baik pertanda adanya rezeki atau dapat masalah. Mata kedutan sendiri adalah gerakan berulang kelopak mata bagian atas yang terjadi secara spontan dan tiba-tiba. Gerakan ini terjadi setidaknya beberapa detik sekali dan berlangsung selama kurang lebih 1-2 menit. Gerakan yang terjadi pada otot mata biasanya terjadi pada kedua mata. Kedutan ini bukanlah masalah yang serius karena mata kedutan ini tidak terasa sakit dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, mata kedutan ini juga terasa menganggu dan dapat datang serta pergi selama berhari-hari, bahkan berbulan-bulan. Selain itu, mata kedutan juga bisa menjadi tanda bahwa mata sedang mengalami masalah atau gangguan. Maka untuk itu, kita juga harus tetap mewaspadainya.

Mata kedutan terjadi karena serabut saraf di dalam otak mengalami kontraksi sesaat. Denyutan pembuluh darah tiba-tiba seperti mengalami rangsangan (kontraksi) yang membangkitkan aliran listrik melalui nervus facialis yang mata kejang sesaat. Mata kedutan ini bisa menjadi berbahaya apabila terjadi secara terus menerus dan dalam waktu yang lama atau gerakannya sulit unutk diobati. Pada kondisi yang jarang, mata kedutan dapat menjadi gejala gangguan saraf dan otak yang biasanya disertai oleh gejala-gejala lain. Maka, mata kedutan ini bisa menjadi salah satu gejala atau tanda adanya suatu masalah pada kesehatan apabila hal diartikan secara medis.

mata kedutan

Perawatan atau pencegahan mata kedutan ini dapat kita lakukan tergantung pada gejala yang dirasakannya. Mata kedutan bisa kita atasi sendiri, namun jika kondisi mata kedutan sudah parah kita harus memeriksakan mata ke dokter agar mendapatkan penanganan yang baik. Tapi, sebelum itu, kita harus mengetahui apa penyebab mata kedutan ini terjadi. Ada beberapa kegiatan atau kondisi yang dapat membuat mata menjadi berkedut atau kedutan, berikut ini beberapa penyebab mata kedutan, antara lain :

– Alergi

Orang-orang dengan mata alergi memiliki gejala seperti rasa gatal, bengkak dan berair. Ketika mata digosok, akan mengeluarkan histamin yang memicu keluarnya air mata. Beberapa bukti menunjukkan bahwa histamin dapat menyebabkan kelopak mata bergerak-gerak, oleh karena mata yang alergi juga bisa menyebabkan mata berkedut atau kedutan.

– Mata Kering

Sebagian orang pasti pernah mengalami mata kering akibat dari proses penuaan. Mata kering juga sangat umum bagi orang-orang yang memiliki pekerjaan di depan komputer atau pengguna alat elektronik lainnya. Mata yang kering juga dapat membuat kelopak mata menjadi bergerak, inilah yang membuat mata selalu berkedut bagi setiap pekerja komputer.

– Mengonsumsi Kafein dan Alkohol Berlebihan

Banyak orang telah mengetahui bahwa bahaya jika mengonsumsi terlalu banyak kafein dan alkohol, bukan hanya pada mata mengonsumsi alkohol dan kafein secara berlebihan juga dapat merusak kesehatan tubuh. Kafein dan alkohol dapat memicu mata berkedut, hal ini dikarenakan pada pembuluh darah meningkat.

– Mata Lelah

Di era modern ini semua orang memiliki aktivitas yang padat setiap harinya. Namun, dibalik aktivitas yang padat, mata kita sering kali merasakan lelah dan memicu kelopak mata bergerak-gerak. Mata lelah terjadi akibat mata kita tegang karena bekerja terlalu keras seperti menatap layar komputer seharian, hal inilah yang membuat mata sering mengalami gangguan seperti mata berkedut atau mata kedutan.

– Stres

Aktivitas yang padat pastinya akan membuat kita stres, hal ini membuat kesehatan kita menjadi terganggu, ketika stres fungsi otak menjadi sedikit terganggu dan mata kita sering kali merasa tegang dan dapat menimbulkan pusing, pandang kabur, mata buram, dan kelopak mata kita pun sering bergerak-gerak.

– Kekurangan Nutrisi Mata

Selain akibat beberapa aktivitas yang membuat mata mengalami kelelahan, tegang, gatal, dan masalah lainnya. Mata kedutan juga dapat terjadi apabila mata kita kekurangan nutrisi seperti magnesium. Jika mata kekurangan magnesium dapat memicu kejang pada kelopak mata. Dan selain itu kekurangan nutrisi juga dapat menurunkan penglihatan mata kita.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Beberapa penyebab yang dapat membuat mata mengalami kedutan sering kali kita abaikan dan tanpa ada tindakan apapun. Mata kedutan mungkin hal yang biasa saja karena menurut orang dulu mata kedutan adalah pertanda adanya sesuatu entah itu tentang rezeki atau pun masalah. Namun, secara medis mata kedutan ini bisa menjadi suatu tanda awal bahwa mata sedang mengalami gangguan atau masalah. Untuk itu, rawatlah mata dengan baik, jika mata mengalami kelelahan beri waktu istirahat pada mata, dan ada baiknya anda rutin memeriksakan mata ke dokter spesialis mata agar lebih mudah mengetahui kondisi dan juga kesehatan mata dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *