Mengenal Penyakit Mata Menonjol Atau Proptosis

By | July 11, 2017

Mengenal Penyakit Mata Menonjol Atau Proptosis – Penyakit mata yang satu ini mungkin jarang orang dengar dan sangat jarang di alami oleh sebagain besar orang. Penyakit mata menonjol terdengar begitu menakutkan karena memang dari namanya saja sudah cukup menakutkan. Mata menonjol atau dalam istilah medis proptosis terjadi ketika satu atau dua mata menonjol dari soket, tempat atau ruang mata karena ruang mengambil lesi seperti pembengkakan otot, lemak dan jaringan di belakang mata. Hal ini menyebabkan kornea terkena udara, sehingga sulit untuk menjaga mata lembab dan dilumasi. Dalam kasus ekstrim, mata menonjol dapat membuat sejumlah besar tekanan pada saraf optik, berpotensi menyebabkan kehilangan penglihatan. Penyakit mata menonjol ini memang sangat jarang terjadi karena biasanya penyakit mata ini terjadi karena faktor keturunan dan dalam kebanyakan kasus tidak berbahaya. Namun, mata menonjol dapat menjadi kasus yang berbeda, karena mereka mungkin terkait dengan kondisi yang lebih serius.

Mata menonjol ini sering dikaitkan dengan sejumlah penyakit dan kondisi seperti glaukoma, hipertiroidisme, leukemia, dan banyak lagi. Penyebab paling umum dari mata menonjol adalah Graves ophthalmopathy yaitu suatu kondisi autoimun dimana kelenjar tiroid bermasalah akibat sel-sel berbahaya dan melepaskan antibodi, yang kemudian memutus otot mata dan menyebabkan peradangan. Sedangkan keganasan, dapat disebabkan oleh misalnya tumor dalam bola mata. Proptosis sendiri adalah penonjolan abnormal pada salah satu atau kedua bola mata.

mata menonjol

Proptosis dapat terjadi dengan cepat akibat perdarahan di belakang mata, misalnya setelah cedera berat, atau akibat peradangan pada rongga mata. Tumor, baik jinak maupun ganas, dapat terjadi pada rongga orbita di belakang bola mata sehingga mendorong bola mata kedepan. Peradangan dan jaringan fibrosa (pseudotumor) juga dapat menyebabkan proptosis dengan rasa nyeri dan pembengkakan. Trombosis sinus kavernosus menimbulkan pembengkakan karena darah dalam pembuluh darah vena tidak dapat meninggalkan mata. Ganguan hubungan antara pembuluh darah arteri dan vena (malformasi arteriovenosa) di belakang mata dapat menyebabkan proptosis yang berdenyut, dimana mata menonjol dan berdenyut sesuai dengan denyut jantung.

Selain itu, ada beberapa gejala penyakit mata menonjol yang harus anda ketahui dan waspadai, seperti :

– Penampilan mata menonjol.
– Kekeringan yang berlebihan di mata.
– Putih terlihat antara bagian atas iris dan kelopak mata.
– Sakit mata.
– Kemerahan pada mata.
– Penurunan penglihatan.
– Penglihatan ganda.
– Sakit kepala.

Apabila anda merasakan atau mengalami gejala seperti yang telah dijelaskan diatas, maka segera lakukan pemeriksaan kepada dokter secepatnya. Dengan demikian anda dapat mengetahui penyebab dan pengobatannya secara pasti. Selain itu, dengan pemeriksaan tersebut anda bisa mengurangi resiko yang mungkin lebih berbahaya. Dokter akan memeriksa mata untuk melihat tanda-tanda seperti kemerahan, luka, dan iritasi menggunakan lampu celah (instrumen yang memungkinkan dokter untuk memeriksa mata bawah). Mereka memeriksa apakah kelopak mata bergerak secepat bola mata normal ketika orang melihat ke bawah dan menatap. Kelopak mata lambat bisa menunjukkan penyakit Graves.

Untuk penanganan mata menonjol, biasanya para medis akan memberikan obat tetes mata dengan tujuan untuk mengurangi gejala, seperti contoh untuk melembabkan atau melumasi bagian mata yang kering. Sebab kita tahu, mata menonjol akan menyebabkan mata terkena lebih banyak urada dan menyebabkan mata menjadi kering. Dengan begitu, pemberikan obat tetes mata sangat efektif untuk mengatasi mata kekeringan. Namun, penggunaan obat tetes mata tidak selamanya baik bagi kesehatan mata, karena obat tetes mata hanya bisa membantu kesehatan mata dalam jangka waktu sementara, dan untuk penggunaan jangka lama atau jangka panjang sangat tidak baik, hal ini dikarenakan obat tetes mata mengandung bahan kimia yang berbahaya dan dapat merusak mata jika terus digunakan.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Untuk solusi lain sebagai pengobatan yang lebih baik, anda bisa berkonsultasi dengan dokter supaya anda bisa lebih berhati-hati dalam mengatasi masalah mata menonjol ini. Pengobatan tergantung kepada penyebabnya. Jika kelopak mata tidak dapat menutupi bola mata yang menonjol, mungkin perlu dilakukan pembedahan kelopak mata untuk membantu melindungi kornea terhadap kekeringan dan infeksi. Selain itu juga, untuk membantu dan menyeimbang kesehatan mata yang sudah melakukan pembedahan, anda bisa menggunakan obat alami mata yang aman dan efektif untuk membantu memenuhi nutrisi mata agar sehat kembali seperti semula, sebab obat mata yang berbahan alami berbeda dengan obat tetes mata yang mengandung bahan kimia. Yang terpenting bagi anda adalah tetap menjaga kesehatan mata dan merawat mata sejak dini agar mata bisa tetap berfungsi secara normal. Karena mata merupakan salah satu organ vital manusia yang sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *