Mengenal Penyakit Mata Trakoma Penyebab Dan Gejalanya

By | May 3, 2017

Mengenal Penyakit Mata Trakoma Penyebab Dan Gejalanya – Penyakit Mata Trakoma adalah kondisi dimana adanya gangguan pada mata yang disebabkan karena infeksi oleh bakteri. Trakoma merupakan salah satu jenis penyakit mata yang sangat menular dan beresiko menyebabkan terjadinya kebutaan. Penyakit Mata Trakoma juga merupakan peradangan selaput mata menahun yang dapat menular melalui air mata. Peradangan yang terjadi pada mata harus ditangani dengan cepat untuk mencegah hal yang dapat membahayakan pada mata. Penyakit Mata Trakoma memang jarang terjadi pada masyarakat indonesia, akan tetapi pada beberapa kasus penyakit mata ini dapat menyebar dalam masyarakat yang umumnya bertempat tinggal di daerah miskin pada negara-negara berkembang dengan lingkungan yang kurang bersih dan beriklim panas dan kering. Penyakit mata ini bisa menyerar melalui serangga, jenis serangga yang paling sering menjadi penyebab utama penyakit mata ini adalah lalat.

Bakteri yang menjadi penyebab penyakit mata ini lebih sering menyerang atau menginfeksi anak-anak karena pada anak-anak belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna, dan nama bakteri yang menjadi penyebab penyakit mata trakoma adalah bakteri clamydia trachomatis. Penyakit mata ini memang jarang menginfeksi orang dewasa karena sistem kekebalan orang dewasa sudah kuat, kecuali mereka yang kurang menjaga kebersihan tubuhnya, sehingga memudahkan kuman untuk masuk ke dalam tubuh, yang akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Penyakit trakoma dapat menyebar dan menular melalui kontak dengan langsung dengan mata, kelopak mata, hidung ataupun sekresi tenggorokan dari orang yang telah terinfeksi bakteri chlamydia. Kontak langsung bisa berupa cairan yang keluar dari mata atau hidung, atau berbagai arah lain, seperti tangan, pakaian, handuk dan serangga yang bisa menjadi rute atau perantara untuk transmisi bakteri tersebut. Di berbagai negara berkembang, lalat menjadi salah satu sarana transmisi penyebaran infeksi bakteri pada trakoma mata.

mata trakoma

Mulanya penyakit trakoma mata ini hanya dapat menyebabkan gatal-gatal atau iritasi ringan pada mata dan kelopak mata sehingga anda bisa mengetahuinya dari tanda kelopak mata yang mulai membengkak serta mengeluarkan nanah pada air mata. Sebagian dari infeksi ini biasanya akan berlangsung dengan menyebabkan rasa sakit pada mata serta penglihatan yang kebur dari hari ke hari. Jika infeksi ini tidak diobati dengan cepat dan tepat, maka dapat menyebabkan jaringan parut terjadi di dalam kelopak mata. Beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh penderita penyakit trakoma ini antara lain, Mata mengalami infeksi yang terjadi secara berulang dan dapat menyebabkan luka pada kelopak mata bagian dalam dan meninggalkan bekas luka. Tumbuhnya bulu mata ke arah dalam (trichiasis). Kondisi ini disebabkan karena terbentuknya jaringan parut pada kelopak mata.

Ketika mengalami gejala trakoma seperti di atas, sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan trakoma yang lebih intensif. Perlu diingat bahwa trakoma adalah penyakit mata yang berbahaya dan dapat menyebabkan terjadinya kebutaan. Dari hasil pemeriksaan dokter akan diperoleh diagnosa terkait dengan gejala yang muncul untuk mengindentifikasi jenis mikroorganisme yang menjadi penyebab trakoma. Dengan begitu langkah pengobatan trakoma secara tepat akan dapat dilakukan. Selain itu juga, untuk mengatasi masalah penyakit mata ini kita sendiri harus bisa mencegah terjadinya penyakit tersebut dengan cara sederhana seperti menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan tubuh kita sendiri, pola makan yang sehat juga perlu. Mata memang sangat rentan mengalami masalah baik itu ringan atau berat karena mata sensitif terhadap sesuatu yang dapat menganggu fungsi serta kerja mata secara normal.

Selain itu, makanan yang kita makan juga harus kita perhatikan karena mata juga sangat membutuhkan nutrisi dari makanan sama halnya dengan anggota tubuh lainnya. Mata sangat membutuhkan asupan makanan seperti buah dan sayur segar serta sehat untuk memenutrisinya, makanan sehat yang mengandung vitamin, asam lemak, omega-3, zinc dan antioksidan. Untuk itu, makanan yang sehat sangat penting bagi mata kita agar terhindar dari masalah penyakit mata seperti trakoma ini. Jika anda ingin memenuhi nutrisi mata secara praktis namun tetap alami, anda bisa mengkonsumsi suplemen alami mata yang berbahan herbal dan alami tanpa efek samping dibandingkan dengan obat mata yang berbahaya. Apalagi penyakit mata trakoma ini sangat sensitif dan juga dapat menimbulkan masalah yang serius pada kesehatan mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *