Mengenal Penyakit Nomophobia Dan Dampak Buruk Bagi Kesehatan

By | February 12, 2019

Nomophobia mungkin terdengar asing atau tidak banyak orang tahu tentang penyakit yang satu ini, nomophobia merupakan singkatan dari NO MOBILE PHONE PHOBIA. Jadi nomophobia adalah rasa takut dan cemas apabila seseorang jauh dari ponsel atau gadgetnya. Saat ini mungkin sudah menjadi kebiasaan atau bahkan kebutuhan bagi setiap orang untuk memiliki ponsel sebagai salah satu alat teknologi yang membantu mereka dalam berkomunikasi atau bahkan dalam bekerja.

nomophobia

Seseorang yang nomophobia akan selalu mementingkan ponselnya dan tidak bisa sejenak saja jauh dari ponsel, bahkan ketika bertemu dengan teman atau orang lain penderita nomophobia akan lebih sering menggunakan ponsel nya daripada berbicara bersama temannya, mungkin anda termasuk penderita nomophobia?, dari mulai dari bangun tidur sampe tidur pun selalu mementingkan ponselnya.

Dampak Buruk Penderita Nomophobia Pada Kesehatan

Dampak buruk penderita nomophobia ini antara lain akan lebih banyak menghabiskan waktu menatap layar ponselnya dibandingan dengan menatap lawan bicara dan tidak konsentrasi pada pekerjaa. Seperti yang kita ketahui bahwa terlalu lama menatap layar ponsel akan berdampak buruk pada penglihatan, oleh sebab itu banyak orang saat ini menggunakan kacamata minus atau menggunakan kacamata anti radiasi agar mata mereka tidak terlalu mengalami masalah.

Akan tetapi, hal ini tentu tidak terlalu membantu jika kita sendiri masih saja menggunakan dan menatap layar ponsel secara berlebihan. Nomophobia ini juga bisa menimbulkan masalah kesehatan terutama pada kesehatan mata kita, karena sering kali kita melihat teman atau saudara kita bermain ponsel sampai mata mereka merah, dan bahkan diantara mereka ada yang selalu mengucek mata mereka sehingga mengakibatkan infeksi pada mata.

Istilah penyakit Nomophobia ini pertama kali teridentifikasi tahun 2008, hal ini seiring dengan kemajuan teknologi, fenomena penyakit nomophobia semakin sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama kalangan anak muda saat ini atau lebih dikenal dengan kids zaman now.

Penyakit nomophobia ini terpengaruh dari trend masa kini yaitu medis sosial yang kian menjamur seperti facebook, twiiter, path, instagram, whatsapp dan media sosial lainnya. Orang yang mengalami nomophobia ini biasa disebabkan karena kecanduan media sosial, seseorang akan terus fokus dalam media sosial tersebut dan sangat sulit fokus dalam percakapan langsung, karena konsentrasinya terbagi antara mendengarkan lawan bicara dan mengecek akun pribadi sosial medianya.

sosial media

Kebanyakan nomophobia adalah remaja berumur sekitata 17-25 tahun, namun untuk saat ini anak-anak bisa saja mengalami nomophobia, hal ini karena maraknya game dalam ponsel seperti AOV, Mobile Legend, PUBG dan game lainnya yang membuat para anak semakin betah atau kecanduan dalam menggunakan ponselnya.

Nomophobia ini bisa juga berdampak pada kehidupan sosial nya, ini karena seseorang yang mengalami nomophobia tidak memperdulikan lingkungan disekitarnya dan hanya fokus pada ponsel yang ia miliki saja.

Maka dari itu sebaiknya perbanyaklah berinteraksi dengan orang-orang disekitar lingkungan anda dan kurangi pemakaian internet secara berlebihan. atau lebih baiknya matikan ponsel anda sejenak belajar menahan diri untuk tidak ketergantungan terhadap ponsel anda, rutin berolahraga, yang terpenting cukupi istirahat mata anda agar kesehatan mata tetap terjaga dan tidak mengalai masalah akibat radiasi layar ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *