Mengobati Mata Bintitan Secara Alami Dengan Daun Sirih

By | October 4, 2016

Obatsyarafmata – Bintitan merupakan suatu gejala dimana terjadinya benjolan pada kelopak mata. Secara ilmu kedokteran, bintitan / Herdeolum merupakan terjadinya radang atau infeksi akibat bakteri stafilikokus pada kelenjar sekitar kelopak mata yang mengakibatkan benjolan pada kelopak mata. Mata bintitan bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, tetapi biasanya orang dewasa cenderung lebih banyak terkena penyakit bintitan dibandingkan dengan anak-anak.

Gejala Mata Bintitan
Gejala mata bintitan mudah dikenali, yaitu terdapat benjolan di sekitar kelopak mata yang berwarna merah dan bintik dipusat benjolan berwarna kekuningan atau keputihan. Apabila terkena penyakit ini ada rasa gatal disekitar mata dan mata terasa ada yang mengganjal, rasa gatal terkadang disertai dengan nyeri, mata pun serng berair.

Mengobati Mata Bintitan dengan daun Sirih

cara-mengatasi-mata-bintitan-secara-alami-dengan-daun-sirihSirih atau bahasa latinnya piper betle merupakan tanaman merambat/bersandar pada batang pohon lain, sirih merupakan tanaman asli Indonesia. Daun sirih mengandung diatase, pati, seskuiterpe, gula dan zat samak, serta Kavikol. Zat Kaivol inilah ang bisa membunuh kuman, antioksidan dan fungisida anti jamur serta bisa juga digunakan untuk mengusir nyamuk dan semut.

Bintitan diakibatkan olek bakteri Stafilikokus bisa disembuhkan dengan menggunakan daun sirih, zat kavikol dari daun sirih secara perlahan akan membunuh bakteri stafilikokus yang menyerang kelopak mata. Cara efektif membunuh bakteri stafikokus pada mata yaitu dengan membasuh mata dengan menggunakan air rebusan daun sirih.

daun-sirih

Cara Membuat :
Siapkan 4 lembar daun sirih yang agak tua, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa setengannya. Setelah dingin gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mencuci mata. Gunakan piring kecil atau menggunakan gelas mata pada saat mencuci atau merendam mata.

Cara Penggunaannya :

  • Bersihkanlah mangkuk / gelas mata sebelum digunakan.
  • Bersihkan kelopak mata, jangan sampai tidak bersih dan bersihkan sisa make up.
  • Isi mangkuk atau gelas mata dengan air rebusan daun sirih.
  • Tundukanlah krpala sedikit kedepan, gunakan gelas mata berisi air daun sirih tadi ke kelopak mata, pastikan mata tetap dalam keadaam terbuka supaya air rebusan daun sirih mengalitr di seluruh mata dan efek pengobatan berlangsung seksama. Lakukanlah kurang lebih setengah menit
  • Buanglah isis gelas mata yang berisi air rebusan daun sirih.
  • Tutup mata sebentar dan bersihkan sisa larutan  dengan bersih.
  • Lakukan pengobatan 2-3 kali sehari, sampai bmata menjadi sembuh.

Selain untuk mengobati mata bintitan, daun sirih juga bisa digunakan untuk pengobatan lainnya salah satunya adalah mengobati bau badan dan diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *