Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

By | April 24, 2017

Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer – Pada zaman yang modern seperti sekarang ini tentunya banyak sekali teknologi yang canggih dan sangat mudah digunakan, hal ini membuat sebagian orang menjadi sangat perlu menggunakan teknologi sebagai salah satu kegiatan seperti hiburan, main game, atau bahkan sebagai kegiatan khusus seperti bekerja. Teknologi yang saat ini banyak orang gunakan adalah ponsel, komputer, dan laptop, teknologi tersebut sering kita lihat dan bahkan kita sendiri menggunakannya. Komputer merupakan teknologi yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan komputer ini merupakan alat untuk kita melakukan bekerjaan atau bisnis. Komputer juga memudahkan kita untuk melakukan pekerjaan dengan mudah. Namun, penggunaan komputer ini juga dapat menimbulkan efek negatif pada kesehatan kita terutama mata, karena saat kita menggunakan komputer sering kali kita lupa waktu. Maka, saat kita lupa waktu karena bermain komputer mata kita sering kali kering, berair, dan lelah. Hal inilah yang membuat fungsi dan kerja mata menurun.

Selain mata, dampak negatif dari penggunaan komputer terlalu lama adalah penambahan berat badan yang mengakibatkan perut kita terlihat buncit, ini dikarenakan saat kita menggunakan komputer tentunya kita sendiri sangat minim melakukan aktivitas fisik. Oleh karena itu, kita sangat disarankan untuk bisa membatasi diri saat menggunakan komputer karena jika kita tidak bisa membatasi penggunaan komputer pastinya akan menimbulkan dampak yang buruk untuk kesehatan terutama pada mata, sebab mata kita rentan mengalami masalah dan gangguan. Mata lelah, merah, berair, kering, banyak kita rasakan saat menggunakan komputer, namun sebagain besar malah mengabaikannya dan terus menerus menggunakan komputer. Hal yang membuat mata kita mengalami gangguan saat menggunakan komputer adalah radiasi dari layar komputer yang langsung berhadapan dengan mata. Sebenarnya banyak cara untuk melakukan pencegahan terhadap kegiatan menggunakan komputer.

Menjaga Mata Bagi Pengguna Komputer

Dengan mencegah kita bisa mengurangi dampak buruk yang akan terjadi pada mata, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Pencegahan bisa kita lakukan sendiri dengan cara yang sederhana dan mudah. Cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer ini sangat lah mudah, hanya saja kita sendiri harus rutin melakukannya apabila kita bekerja di depan komputer atau merupakan pembisnis online, Cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan menjaga mata bagi pengguna komputer adalah :

  • Kurangi kecerahan pada layar komputer

Untuk melakukan menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer, hal yang pertama adalah saat anda menggunakan komputer atur kecerahan layar komputer anda, karena layar monitor sangat mempengaruhi fleksibilitas mata, oleh karena itu kurangi kecerahan sinar pada layar monitor. Jika anda memandang layar monitor selama berjam-jam jangan memaksakan untuk mencerahkan layar dengan kecerahan maksimal, ada baiknya anda menyeimbangkan cahaya pada layar komputer anda sesuai dengan kemampuan mata anda, dan tidak lebih terang dari cahaya lampu di sekitar ruangan Anda.

  • Atur Jarak Pandang

Selain mengatur kecerahan layar monitor, saat anda bekerja di depan komputer anda juga harus mengatur jarak pandang mata anda ke depan komputer, jarak pandang antara layar monitor dengan mata adalah 45 cm. Terlalu dekat mata Anda dengan layar monitor, maka akan membuat mata cepat lelah dan sakit. atur jarak pandang juga merupakan Cara Menjaga Kesehatan mata .

  • Mengistirahatkan mata secara berkala

Untuk menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer yang selanjutnya adalah dengan mengistirahatkan mata secara berkala, karena mata akan sering mengalami kelelahan saat anda berada di depan komputer. Normalnya kita mengedipkan mata 18 kali setiap satu menit. Namun ketika di depan layar komputer kita akan terpaku dengan pekerjaan yang sedang dihadapi sehingga akan lebih sedikit untuk berkedip. Jika Anda membutuhkan waktu lama untuk bekerja di depan komputer, ambillah waktu setiap dua jam sekali untuk istirahat.

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Mencegah dan menjaga kesehatan mata saat di depan komputer juga harus diimbangi dengan asupan makanan yang anda konsumsi, maka pada saat anda akan melakukan pekerjaan di depan komputer, ada baiknya anda mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan vitamin A yang tinggi sangat baik untuk kesehatan mata. Untuk itu, perbanyaklah konsumsi buah yang baik untuk kesehatan mata baik sebelum atau sesudah bekerja.

Itulah cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer dengan cara sederhana dan mudah, jika pekerjaan anda mengharuskan untuk bekerja sepanjang hari di depan komputer, maka gunakanlah kacamata yang baik. Untuk mengoptimalkan penglihatan mata maka resep kacamata hanyalah 83%, sisanya memberikan otot mata untuk mengadakan perbaikan. Untuk itu, kita sangat perlu menjaga kesehatan mata walaupun memang penggunaan komputer ini merupakan tuntutan atau aktivitas kita sebagai seorang pekerja.

Namun, bukan berarti kita akan mudah mengalami masalah kesehatan mata pada, kita dapat mencegah dan menjaga mata dengan baik, asalkan kita sendiri mau melakukan hal-hal sederhana yang setidaknya dapat mengurangi masalah dan gangguan pada mata. Dan untuk lebih efektif kita bisa menjaga mata dengan cara memeriksakan diri ke dokter secara rutin atau kita juga bisa mengkonsumsi obat alami mata yang tidak mengandung bahan kimia sebagai cara untuk menjaga kesehatan mata secara aman dan alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *