Nutrisi Buat Kesehatan Mata Bayi & (Anak-Anak)

By | April 11, 2016

Mata adalah bagian indera manusia yang sangat penting yang digunakan untuk melihat objek sekitar. Semakin sehat mata seseorang, maka akan semakin jelas dan tajam pula objek yang bisa dilihatnya.
Untuk mendapatkan mata yang sehat dan indah. Maka anda harus memberikan beberapa nutrisi terbaik sejak dini terutama pada bayi anda yang sedang tumbuh.

Saat lahir, bayi belum dapat melihat sempurna. Bayi perlu waktu sampai matanya benar-benar bisa melihat suatu objek dengan fokus dan jelas. Melalui mata, otak mengkordinasikan objek dan mengingat apa yang mata lihat. Untuk menunjukan perubahan mata yang sangat sehat, maka diperlukan nutrisi yang tepat.

nutrisi-pada-anak

                  Nutrisi Buat Kesehatan Mata Bayi & (Anak-Anak)

Pemberian nutrisi yang tepat akan menujang kesehatan mata bayi, selain itu tentu stimulasi yang layak untuk meningkatkan minat, rentang perhatian, ingat dan perkembangkan sistem saraf.
Kecukupan gizi yang menujang kesehatan mata bayi memang mutlak. Gizi yang seimbang termasuk vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh mata bisa didapat dari makanan sehari-hari. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamamin dan mineral yang dapat membantu kesehatan mata dan menjaga pengliahatn si kecil.

Berikut Kami Informasikan Nutrisi Untuk Pertumbuhan Mata Bayi

Nutrisi AA dan DHA

Nutrisi AA dan DHA sangat dibutuhkan oleh retina serta otak untuk membangun jaringan pada saraf utama. Kandungan nutrisi AA dan DHA bisa didapatkan dari minyak ikan, ikan laut dan juga terdapat pada ASI. Maka dari itu supaya mata bayi anda sehat maka utamakan untuk memberikan ASI dari pada susu formula.

Vitamin A Dan C

Nutrisi Viatmin A dan C

Nutrisi Viatmin A & C

Fungsi dari vitamin A yaitu untuk pertumbuhan serta perkembangan korena mata, mengurangi resiko katrak, membantu fungsi retina dan membantu mata dalam beradaptasi terhadp sumber cahaya. Makanan yang mengandung vitamin A yaitu, Wortel, Semangka, Brokoli, Mangga, Tomat, Hati dan Telur, Vitamin C sangat dikenal karena baik untuk kesehatan tulang serta otot dan menjaga dalam kesehatan gigi serta gusi. Selain itu vitamin C juga miliki manfaat untuk kesehatan mata dalam mengurangi resiko katrak. Vitamin C bisa diperoleh dari buah jeruk, Pepaya, stroberi, belimbing, mangga, sayuran seperti bayam, kangkung dan brokoli.

Vitamin E

Kandungan Vitamin E sangat berguna untuk menghambat penyakit katrak dan memperlambat penyakit katrak apabila sudah terinfeksi. Vitamin E bisa diperoleh dari kacang-kacangan serta sayur-sayuran yang berwarna hijau.

Selenium dan Zinc

Fungsi dari selenium dan zinc adalah untuk melindungi mat dari a\radikal bebas yang dapat membahayakan mata, Mencegah penyakit mata dan melindungi mata dari sianr ultra violet(UV). Sumber makanan yang mengadung selenium yaitu makanan laut, susu rendah lemak dan kacang-kacang-kacangan. Sedangkan zinc bisa diperoleh dari daging merah, youhurt, keju serta sereal.

Taurin

Sumber makanan yang mengadnung taurin yaitu daging merah serta susu. Taurin berguna untuk perkembangan retina mata. Apabila kekuarangan taurin maka akan menyebabkan rabun mata serta lama kelamaan bisa menyebabkan kebutaan pada mata.

Lutein

Lutein berguan untuk melindungi bagian mata yaitu retina dari radiasi sinar biru serta lutein juga berguna sebagai antioksidan yang sangat alami. Lutein banyak terkandung dalam bayam, wortel, ASI, dan Daging Merah.

Macam-macam nutrisi diatas sangat baik untuk kesehatan mata bayi, akan tetapi bayi tidak memungkinkan bisa makan semua sumber makanan tersebut. Maka dari itu semua sumber makanan yang mengadung nutisi yang dibutuhkan untuk kesehatan mata bayi tersebut harus dikonsumsi oleh sang ibu dan diberikan pada bayi lewat ASI.

Menjaga ksehatan mata anak memang harus diperhatikan dan dirawat sejak dini dengan asupan makanan yang kaya akan nutrisi atau zat gizi. Asupan nutrisi yang sangat seimbang akan menjauhkan anak anda dari resiko terjadinya kelainan pada pertumbuhan dan perkembangan indera penglihatan. Selain itu, asupan nutrisi yang seimbang juga akan menujang pertumbuhan serta perkembangan semmua sistem organ dalam tubuh, Semoga artikel kami diatas bermanfaat 🙂

  Baca juga :

 ↓ ↓ ↓ ↓ ↓ ↓ ↓

Obat syaraf mata alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *