Nutrisi Yang Di Butuhkan Mata Agar Tetap Sehat

By | April 11, 2017

Nutrisi Yang Di Butuhkan Mata Agar Tetap Sehat – Mata merupakan salah satu indera tubuh yang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Mata adalah organ tubuh manusia yang vital dan harus dijaga. Karena mata sendiri memiliki fungsi dan peran yang penting dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Untuk itu kita harus menjaga mata dengan baik dan benar, sebab jika kita tidak merawat dan menjaga mata dengan baik maka tidak tertutup kemungkinan mata akan mengalami masalah yang membuat aktivitas menjadi terganggu. Seiring dengan bertambahnya usia, tentu membuat fungsi dan kinerja mata menjadi menurun, namun hal tersebut tidak selamanya benar, karena jika kita merawat mata dengan baik masalah bertambahnya usia tidak terlalu berpengaruh pada fungsi mata. Walaupun hal yang wajar karena usia bertambah fungsi mata menjadi menurun. Tapi, dengan mencukupi nutrisi mata dengan baik juga akan membuat mata tetap sehat meski usia mulai bertambah.

Bukan tubuh saja yang sangat membutuhkan nutrisi, mata juga membutuhkan nutrisi yang cukup dan sehat. Untuk merawat dan menjaga mata agar tetap sehat, bersih, jernih dan tajam dibutuhkan nutrisi yang baik. Karena jika mata kita kekurangan asupan nutrisi, maka tubuh kita bisa mengalami kerusakan akibat aktivitas sehari-hari. Jika mata mengalami gangguan atau masalah, tentunya hal ini dapat membuat kita menjadi merasa tidak nyaman dan kualitas kerja kita sehari-hari menjadi menurun. Mata ini berfungsi sebagai indera penglihatan kita. Penglihatan mata sangat dibutuhkan bagi setiap manusia, karena sebagian besar manusia membutuhkan penglihatan untuk melihat lingkungan sekitar dan menikmatai keindahan dunia. Bayankan saja jika kita tidak memiliki mata di dunia ini, pastinya kita merasa hampa hidup di dunia. Maka untuk itu kita harus bersyukur memiliki mata yang sehat dan kita harus merawat mata dengan baik.

nutrisi mata

Untuk merawat mata sangatlah mudah jika kita memang sudah terbiasa dengan pola hidup sehat dan juga memiliki pola makan yang teratur. Setiap masalah yang terjadi pada tubuh kita sebagian besar terjadi karena pola hidup yang tidak sehat dan pola makan yang sembarangan menjadi salah satu penyebab utama kesehatan kita terganggu. Mata sendiri merupakan organ vital karena mata berada di luar tubuh, hal itu menyebabkan mata rentan terkena masalah seperti terkena debu atau terkena benda asing. Agar mata kita tetap sehat dan bersih kita perlu melakukan pengobatan bukan dari luar saja seperti menggunakan obat tetes mata, asupan nutrisi yang berasal dari makanan juga penting kita dapatkan sebagai salah satu pengobatan dari dalam untuk mata.

Asupan nutrisi untuk membuat mata sehat bisa kita dapatkan dari makanan seperti sayuran atau buah-buahan, berikut ini beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan mata agar tetap sehat, diantaranya :

  • Vitamin

Nutrisi alami seperti Vitamin A ini sangat di butuhkan mata Vitamin A diperlukan untuk pembentukan pigmen pada mata yang berfungsi sebagai indra penglihatan terutama pada malam hari dan pada kondisi yang pencahayaannya kurang. Vitamin A dapat kita dapatkan hanya dengan mengkonsumsi beberapa makanan sehat seperti Wortel, labu, buah naga, hati, susu, dan telur secara teratur. Selain makanan yang mengandung vitamin A, mata juga membutuhkan nutrisi alami dari vitamin E, karena vitamin E mampu melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas serta mempu mengembalikan keriput pada kulit.

Sumber vitamin E dapat dijumpai pada kacang almon, kacang tanah, pepaya, asparagus, ubi jalar, bayam, sawi, paprika. Dan Vitamin lain yang dibutuhkan mata adalah vitamin C yang merupakan antioksidan yang baik bagi mata dapat ditemui pada bahan makanan seperti brokoli, stroberi, jeruk, paprika, dan jambu. Dengan mengkonsumsi vitamin C secara rutin dapat mencegah berbagai penyakit mata, seperti katarak.

  • Zinc

Nutrisi yang dibutuhkan mata selanjutnya yaitu Zinc, makanan yang mengandung zinc ini sangat diperlukan oleh mata, karena zinc berperan penting dalam mengangkut vitamin A dari hati ke retina untuk memproduksi melanin, pigmen pelindung di mata. Zinc terkonsentrasi tinggi di mata, terutama retina dan koroid, lapisan jaringan pembuluh darah yang ada di bawah retina. Sumber untuk mendapatkan zinc seperti daging sapi, lobster, Licking, telur, salmon, susu, yoghurt, biji wijen, biji labu dan oat.

  • Zeaxanthin dan Lutein

Senyawa ini dapat mencegah kerusakan lensa mata dan retina. Bahkan studi menyebutkan bahwa Zeaxanthin dan Lutein mampu melindungi dari sel darah dan juga kerusakan akibat sinar ultraviolet 10 kali lebih baik dari pada kandungan vitamin E. Dua senyawa aktioksidan ini sering dijumpai pada bahan makanan seperti jagung, sayuran berwarna hijau (seperti bayam, brokoli, daun selada, buncis, dan paprika), kuning telur.

  • Selenium 

Manfaat dari selenium jika digabungkan dengan vitamin C dan vitamin E adalah dapat mengurangi penurunan akan penglihatan di saat usia senja dan kekeringan pada mata. Sumber akan selenium di dapat daru kacang-kacangan, kepiting, salmon, udang, dan juga beras merah.

  • Bioflavonoids 

Bioflavonoids ini berfungsi untuk mencegah penyakit glaukoma, katarak, dan gangguan menurunnya fungsi retina khusus bagi mereka yang berusia diatas 60 tahun keatas. Untuk mencegah penyakit tersebut maka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan seperti halnya buah stroberi, blueberry, anggur merah, kacang kedelai, sayuran yang berwarna hijau dan dianjurkan minum teh.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Untuk mendapatkan mata yang dapat melihat dengan maksimal maka diperlukan perawatan mata. Perawatan mata ini didapat dengan asupan nutrisi yang tepat. Asupan nutrisi ini antara lain berupa vitamin A, vitamin C, vitamin E, zinc, Zeaxanthin dan Lutein, selenium, dan bioflavonoids. Dengan mengkonsumsi nutrisi tersebut maka mata dapat bekerja dengan baik, tetap sehat, jernih, dan penglihatan dapat lebih tajam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *