Pengaruh Negatif Akibat Radiasi Pada Kesehatan Mata

By | July 3, 2017

Pengaruh Negatif Akibat Radiasi Pada Kesehatan Mata – Di era modern seperti sekarang ini, semua pekerjaan dituntut untuk menggunakan komputer, ponsel, atau alat elektronik canggih lainnya, karena dengan menggunakan alat canggih tersebut membuat suatu pekerjaan lebih mudah dan cepat untuk di kerjakan. Komputer sangatlah membantu pekerjaan manusia, karena dengan komputer seseorang dapat dengan mudah mendapatkan informasi atau hal lain yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat. Namun, selain memiliki manfaat yang dapat mempermudah dan mempercepat suatu pekerjaan, komputer juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika penggunaannya tidak sesuai dengan kemampuan tubuh terutama pada bagian mata. Saat ini banyak sekali seseorang yang menggunakan alat elektronik seperti komputer, ponsel, laptop tanpa membatasi waktu penggunaannya bahkan dalam beberapa kasus komputer menyebabkan kesehatan mata mengalami masalah baik masalah ringan maupun berat. Hal yang dapat membuat kesehatan mata bermasalah akibat komputer adalah radiasi dari layar monitor komputer atau ponsel canggih anda.

Radiasi komputer karena menatap layar monitor selama berjam-jam akan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan mata. Gangguan pada mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer Computer Visi Syndrome (CVS) istilah ini mencakup berbagai kelelahan pada mata. Bahaya dari radiasi layar komputer sangatlah berbahaya bagi kesehatan mata sebab mata akan mengalami suatu masalah yang bisa membuat kita jengkel atau membuat kita khawatir. Banyak orang yang mengalami mata merah, perih, gatal, dan bahkan sering diiringi dengan sakit kepala. Hal seperti ini sudah menjadi sesuatu yang biasa bagi sebagian pengguna komputer atau ponsel. Akan tetapi hal tersebut akan membuat kesehatan mata kita menjadi terganggu dan malah akan membuat kegiatan kita sehari-hari menjadi terganggu, karena mata sulit untuk bekerja secara optimal.

radiasi

Penggunaan komputer sampai dengan 12 jam sehari dengan monitor yang tidak dilapisi oleh filter anti radiasi akan mengakibatkan mata merah. Monitor komputer sendiri menghasilkan radiasi sinar x, ultraviolet, gelombang mikro dan radiasi elektromagnetik berfrekuensi rendah. Semakin terang monitor komputer, maka semakin banyak radiasi yang ditimbulkannya. Dampak yang dapat diakibatkan oleh radiasi adalah mata yang bergetar dan berkedip, lalu dapat berlanjut memicu rabun jauh atau mata minus, katarak, keguguran dan epilepsi. Kondisi seperti ini bukan hanya dapat mengakibatkan kesehatan mata terganggu namun kesehatan tubuh juga dapat mengalami masalah. Penggunaan komputer secara terus menerus akan membuat kesehatan mata mengalami masalah baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Ada beberapa pengaruh negatif akibat radiasi yang dapat membuat kesehatan mata terganggu baik jangka pendek maupun panjang, berikut pengaruh negatifnya :

– Pengaruh Negatif Akibat Radiasi Dalam Jangka Pendek

Pengaruh negatif akibat radiasi layar monitor komputer, laptop, ponsel, dan alat canggih lainnya antara lain : Mata menjadi mudah berair, mata mudah lelah, dapat mempengaruhi produktivitas hormon melatonin dalam tubuh, produksi hormon melatonin berkurang oleh adanya rangsangan dari luar, misalnya cahaya serta medan elektromagnet. Cahaya maupun pajanan medan elektromagnet dengan intensitas tinggi dan dalam waktu yang lama dapat menurunkan produksi hormon melatonin dan berpotensi menimbulkan berbagai keluhan, termasuk sakit kepala, pusing, dan keletihan, serta insomnia, dan pupil mata menjadi lambat bereaksi terhadap cahaya, karena terlalu lama terkena cahaya yang berlebihan

– Pengaruh Negatif Akibat Radiasi Dalam Jangka Panjang

Sedangkan pengaruh negatif akibat radiasi dalam jangka panjang sangatlah berbahaya bagi kesehatan mata dan membutuhkan penanganan segera karena dapat membuat kondisi mata menjadi tidak sehat dan dapat mengkibatkan penyakit pada mata, pengaruhnya dapat mengakibatkan mata menjadi katarak. Katarak merupakan gangguan penglihatan yang disebabkan adanya kekeruhan pada lensa mata. Katarak biasanya berkaitan dengan proses menua dan radiasi sinar ultraviolet. Dan apabila mata sudah mengalami katarak maka yang harus anda lakukan adalah pergi ke dokter spesialis mata agar mendapatkan pengobatan yang lebih baik dan jangan menunggu kondisi mata sampai memburuk karena itu akan membuat mata mengalami masalah yang cukup serius seperti hilangnya penglihatan atau kebutaan pada mata.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Dari penjelasan diatas, maka ada baiknya kita menghindari radiasi dari beberapa alat canggih di era modern saat ini, karena ternyata radiasi tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Sebenarnya layar komputer atau laptop tidak menimbulkan radiasi yang berbahaya bagi mata. Penerangan dari laptop tidak boleh terlalu terang dan tidak boleh terlalu redup. Jadi, cahaya laptop sebaiknya sedang dan ada penerangan di ruangan (di atas) laptop.Namun terkadang kita yang salah dalam menempatkan dan mengatur cahaya dari layar tersebut. Jika Anda kerap beraktivitas menggunakan laptop atau komputer, sebaiknya letakan monitor sekitar 50-60 sentimeter dari mata. Dan yang terpenting, istirahatkan mata Anda setiap 20 menit sekali, agar mata tidak mengalami tegang dan kelelahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *