Pentingnya Merawat Kesehatan Mata Anak

By | October 18, 2017

Pentingnya Merawat Kesehatan Mata Anak – Merawat dan menjaga kesehatan mata merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang baik itu anak-anak maupun orang dewasa karena mata merupakan bagian tubuh manusia yang memiliki peran penting dalam kehidupan. Merawat kesehtan mata anak sangatlah penting sebab dengan melakukan merawat pada mata anak dapat mengurangi risiko masalah pada mata anak. Anak-anak memang sangat rentan mengalami suatu masalah hal ini dikarena anak-anak belum bisa merawat kesehatannya dengan baik, maka dari itu sangat dibutuhkan peran orang tua sebagai pendukung agar anak mau merawat dan menjaga kesehatannya. Merawat mata sejak masih anak-anak merupakan suatu pilihan yang baik karena jika sejak dini kita sudah bisa merawat mata dengan baik mata risiko terkena penyakit mata pun bisa kita hindari. Anak-anak tidak sama dengan orang dewasa, kesehatan mata mereka masih rentan karena mereka masih dalam proses pertumbuhan sehingga harus benar-benar diwaspadai dan diperhatikan asupan makanannya.

Kondisi mata yang kurang optimal dapat menghambat anak-anak dalam beraktivitas, terutama dalam hal akademis, sosial, dan hobi mereka. Di masa kanak-kanaklah otak belajar tentang bagaimana cara menggunakan mata untuk melihat, sama halnya seperti belajar tentang bagaimana menggunakan kaki untuk berjalan atau tangan untuk menulis atau sebagainya. Dengan mata kita dapat melihat dengan jelas benda atau apapun yang ada disekitar kita, sebab penglihatan memainkan peran penting dalam perkembangan fisik, kognitif, dan sosial anak-anak. Maka dari itu sangat penting juga bagi kita untuk mengajarkan anak tentang merawat mata dengan baik sehingga penglihatan mereka tetap baik tanpa adanya gangguan. Saat ini banyak sekali kegiatan atau aktivitas yang sering anak kita lakukan dan dapat mengakibatkan terganggunya penglihatan.

kesehatan mata anak

Ada beberapa yang mungkin para orang tua tidak memperhatikan kegiatan yang dapat membuat mata anak menjaga mengalami gangguan, penyebab yang dapat mengakibatkan mata anak menjadi mengalami masalah antara lain terlalu sering menonton tv, berlama-lama menatap layar komputer, laptop, handphone, kebiasaan membaca anak yang salah seperti sambil tiduran, penerangan yang kurang baik, atau bisa jadi masalah mata terjadi akibat keturunan atau lebih jelasnya karena faktor genetik dari orang tua yang pernah mengalami suatu masalah pada matanya. Untuk itu, orang tua harus bisa membatasi menggunakan teknologi canggih pada anak karena sinar radiasi dari teknologi seperti hp, komputer dan laptop dapat merusak kesehatan mata anak.

Oleh sebab itu, pemeriksaan mata bagi anak sangat penting dilakukan untuk mendiagnosis adanya gangguan mata sejak dini. Karena, semakin banyak masalah kesehatan pada mata anak yang tidak terdiagnosis sejak dini, maka semakin banyak otak anak belajar mengakomodasi masalah penglihatan yang dialami. Jadi, sangat penting bagi orang tua untuk mengajarkan anaknya merawat dan menjaga kesehatan mata dengan baik. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para orang tua untuk merawat kesehatan mata anak, antara lain :

– Rutin memeriksakan mata

Untuk merawat mata yang pertama adalah periksakan mata anak anda ke dokter setidaknya dua tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mata anak anda tetap sehat, atau untuk mendeteksi adanya masalah pada mata si kecil lebih dini, seperti ambylopia, hyperopia, atau miopi (mata minus). Semakin cepat masalah terdeteksi, maka semakin optimal hasil pengobatan yang dilakukan.

– Berikan makanan yang sehat

Agar mata anak anda tetap sehat maka sebaiknya anda memberikan mereka makanan yang sehat agar asupan nutrisi pada mata mereka dapat terpenuhi secara alami. Berikan makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, jika anak anda tidak menyukai sayur maka bisa mengkonsumsi buah mangga atau jus tomat karena buahan tersebut mengandung vitamin A dan nutrisi yang baik bagi mata anak. Atau jika anda ingin memberikan nurtisi alami untuk mata anak anda secara praktis, anda bisa memberikan anak obat alami mata yang terbuat dari bahan alami pilihan yang baik untuk memenuhi nutrisi mata serta tanpa efek samping dibandingkan dengan obat mata yang berbahan kimia.

– Gaya hidup yang sehat

Hal yang terpenting untuk merawat kesehatan mata anak adalah ajarkan anak anda untuk melakukan gaya hidup yang baik dan sehat. Seperti yang kita ketahui pada saat ini anak-anak kecil sudah tidak asing lagi dengan gadget-gadget canggih seperti laptop dan smartphone, bahkan mereka bisa bermain game dalam waktu yang lama di gadget mereka. Anak-anak mengenal teknologi itu penting tetapi sebagai orang tua anda harus membatasi hal tersebut dan melarang mereka apabila berlama-lama didepan layar komputer maupun smartphone karena bisa merusak mata mereka.

Itulah beberapa cara merawat kesehatan mata anak secara alami, setiap orang tua mungkin memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengajarkan anak mereka merawat mata dengan baik. Namun, salah satu cara yang sangat efektif bagi orang tua pada anaknya adalah memberikan contoh yang nyata, seringkali kita sendiri sebagai orang tua malah memberikan contoh yang salah sehingga anak-anak menirukan tingkah laku kita seperti menonton tv dengan jarak yang dekat, bermain hp sambil tiduran, atau hal lainnya. Maka dari itu kita harus memberikan contoh nyata agar anak kita pun meniru aktivitas yang kita lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *