Penyakit Mata Akibat Kekurangan Vitamin A

By | April 27, 2016

Kekurangan vitamin pada tubuh membuat banyak timbul gejala penyakit. Penyakit Mata Akibat Kekurangan Vitamin A . Diri kita butuh asupan vitamin setiap hari sehingga jangan sampai makan makanan yang tidak banyak gizi menjadi kebiasaan. Hal yang paling di temui semua orang yang kekurangan vitamin A adalah diderita penyakit mata atau kelainan mata misalanya : Rabun jauh, Katarak dan lain-lainnya

Vitamin merupakan salah satu zat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Karena itu, vitamin sangat dibutuhkan untuk menfaat kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa menggangu kesehatan tubuh. Vitamin A sendiri mengandung berbagai macam khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh terutama bagi kesehatan mata. Jika pasokan vitamin A dalam tubuh kurang maka, setiap orang akan mengalami masalah pada kesehatan mereka yang ada pada ahkirnya, dapat menyebabkan keadaan kesehatan mereka jadi terganggu. Mereka harus menjaga pasokan vitamin A agar kondisi tubuh mereka terjaga.

Akibat-jika-kekurangan-vitamin-A

Penyakit Mata akibat kekurangan vitamin A

Vitamin A ini dapat berdampak pada mata dan paru paru kekurangan vitamin A bisa berdampak pada berbagai macam penyakit. Sepeti usus, saluran kemih, otak, dan sumsum tulang belakang. Selain itu penyakit yang menyerang kulit seperti kanker kulit, kulit kasar, kulit pecah-pecah dan juga campak juga akibat dari kekurangan vitamin A.

Pada penyakit yang menyerang usus dan saluran kemih, dimana vitamin A sangat berubah dalam menjaga ding-ding usu agar tetap dapat terjaga optimal sebagai mana fungsinya. Anda juga tahu bahwa usu menyerap berbgai macam nutrisi pada makanan dan juga air. Jika dingding usus saja terganggu akibatnya asupan vitamin A ini akan berkurang dan mempengaruhi penyerapan air dan nutrisi pun terganggu. Akibatnya terjadi infeksi saluran kemih karena kekurngannya penyerapan air yang optimal setiap harinya. Sehingga penyakit pada usus harus segera diobati agar asupan vitamin A dapat terjaga serta tidak mengundang penyakit lainnya yang berkaitan dengan kekurangan vitamin A.

Gejala kekurangan vitamin A

  1. Gejala kekeringan pada selaput mata
    Kurang vitamin A pada tubuh juga dapat mengakibatkan keringnya selaput mata. Hal tersebut bisa berakibat pada pengliahatan yang sangat menggangu aktivitas setiap manusia yang mengalami salah satu gejala kesehatan ini.
  2. Rusaknya kornea mata
    Akibat jika kekurangan vitamin A dalam jangka panjang dapat mengakibatkan rusaknya kornea mata yang bisa berakibat pada kebutaan permanen pada setiap manusia yang mengalami masalah ini. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A secara teratur dapat menjaga kesehatan mata dan tubuh.
  3. Gejala Xeropthelmia atau gejala mata kering
    Xeropthelmia atau gejala senja meruapakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya masukan vitamin A dalam tubuh. Proses kebutaan ini terjadi pada senja hari dimana setiap orang yang akan mengalami gejala penyakit mata ini akan mengalami gangguan pengliahatn pada senja. Konsumsi vitamin A yang cukup untuk tubuh dapat mencegah salah satu gejala penyakit mata ini.

Viatmin A sebagai Pembentuk Perkembangan Tubuh

vitamin-a-3-728Tubuh ternyata juga membutuhkan vitamin A pada rangka tubuh, tulang juga ternyata membutuhkan vitamin A dalam pembentukan sel epitel juga dibentuk akibat vitamin A ini, waktu secara tidak langsung, karena vitamin A hanya mensintesis protein sehingga tumbuhnya sel di bantu oleh vitamin A ini. Sehingga mengisi sel-sel pembentukan tulang dan gigi. Namun akibat kekurangan vitamin A ini adalah adanya juga penyakit jaringan ikat, penyakit timbul akibat kolagen yang dibentuk oleh tubuh berkekurangan jumlahnya, sehingga fungsi dari pembentukanan tulang lebih optimal.

Perlu diperhatikan juga bahwa metabolisme di dalam tubuh dan yang berkaitan dengan daya tahan tubuh juga dipengaruhi oleh konsumsi vitamin A ini. Banyak sekali penderita penyakit-penyakit seperti diatas dikarenakan akumulasi konsumsi vitamin A yang sangat kurang. bahkan berkepanjangan hingga harus dilakukannya pengobatan secara rutin berkala terhadap penderita. Dengan asupan vitamin berupa kapsul atau suntikan dengan jumlah besar harus diberikan, sayangnya pemberian vitamin A berlebihan dalam waktu singkat pun juga menimbulkan banyak masalah kesehatan seperti : Sulit tidur, keracunan kronis, gejala xeropthalmia juga terjadi akibat dalam konsumsi vitamin A berlebihan ini. Jadi kesimpulan dari penjelasan diatas bahwa anda tetap perlu mengkonsumsi vitamin A walpun penyakit akibat kekurangan Viatmin A telah anda dapati. Tidak perlu kecil hati karena memperbaiki konsumsi vitamin A ini sangat dapat membantu anda mendapatkan kehidupan sehat dan lebih baik.

Itulah yang kami bisa sampaikan tentang penyakit mata akibat kekurangan vitamin A semoga apa yang kami sampaikan diatas tadi bermanfaat bagi anda semua.. 🙂 !! Salam Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *