Penyakit Mata Akibat Radiasi Handphone

By | October 4, 2017

Penyakit Mata Akibat Radiasi Handphone – Dijaman modern seperti sekarang, teknologi pastinya mulai berkembang dan kecanggihan teknologi ini pun bisa menjadi salah satu kebutuhan hidup manusia saat ini misalnya handphone, teknologi yang satu ini merupakan ponsel pintar yang sudah menjadi benda yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan seseorang mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali handphone selalu ada di samping manusia. Handphone dapat mempermudah kita dalam mencari informasi, berkomunikasi, atau hanya sekedar hiburan seperti bermain game. Dengan adanya teknologi seperti handphone ini maka untuk berkomunikasi dengan orang yang berada jauh pun bisa kita lakukan. Manfaat dari handphone ini memang sangat membantu manusia dalam menjalankan aktivitas atau pekerjaannya. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan semakin banyaknya fitur yang ditawarkan oleh ponsel pintar ini, bukan tidak mungkin bahwa waktu penggunaannya pun akan semakin meningkat.

Mata manusia merupakan organ yang kompleks, terdiri dari berbagai struktur yang berbeda serta berbagai sensitivitas terhadap efek radiasi. Radiasi sendiri merupakan salah satu faktor penyebab umum dari banyak gangguan dan masalah timbulnya penyakit pada mata. Pengaruh radiasi terhadap tubuh tampaknya lebih signifikan aplagi terhadap indera penglihatan, hal ini seiring dengan berkembangnya zaman yang begitu pesat dan munculnya beragam inovasi dalam dunia teknologi. Saat ini banyak orang memiliki salah satu teknologi canggih yaitu ponsel pintar atau handphone, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti memiliki handphone, sebab teknologi yang satu ini memiliki fungsi yang dapat membantu manusia dalam berkomunikasi secara cepat. Akan, tetapi banyak orang tidak memperhatikan kebiasaan menggunakan handphone tersebut, dan seringkali mereka mengabaikan batas penggunaannya, sehingga handphone memiliki dampak negatif bagi tubuh terutama pada mata.

handphone

Sinar radiasi pada handphone adalah pancaran energi panas, partikel, atau gelombang elektromagnetik yang muncul dari sumber radiasi tersebut. Bahaya radiasi handphone pada mata ini sangat terasa ketika sudah memandangi ponsel dalam waktu yang sangat lama. Jika mata kita sudah lelah, energi panas yang dipancarkan melalui sinar radiasi tersebut akan mengendap di mata dan pada akhirnya dapat berpotensi untuk merusak penglihatan kita. Hal ini tentu sangat disayangkan karena mata memiliki peran penting dalam penglihatan manusia. Maka dari itu, ubahlah gaya hidup kita yang terlalu sering menggunakan handphone, sebab jika mata sudah mengalami masalah maka bukan tidak mungkin mata kita akan terserang penyakit yang dapat menurunkan kualitas penglihatan pada mata kita.

Penyakit mata yang dapat timbul akibat radiasi handphone salah satunya yaitu katarak, hal ini karena efek pemanasan dari sinar radiasi handphone. Gelombang yang di pancarkan oleh handphone dapat menyebabkan jaringan mata menggelembung yang merupakan gejala awal muncul penyakit mata katarak. Energi panas yang dipancarkan sinar radiasi dapat membuat penglihatan kita menjadi buram dan kadang tidak bisa fokus. Bahkan, pada beberapa kasus tertentu radiasi akibat handphone ini dapat menyebabkan munculknya kanker mata, tentu kondisi ini merupakan kondisi yang tidak bisa dianggap sepele, karena jika sudah terjadi dapat membuat kita kehilangan penglihatan.

Baca Juga : Obat Alami Mata

Penggunaan handphone memang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia dan bahkan handphone merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi sebagian besar orang, karena dengan handphone kita bisa mempercepat atau mempermudah suatu pekerjaan serta berkomunikasi. Akan tetapi, dibalik manfaat handphone bagi kehidupan kita, ada baiknya kita juga memperhatikan batas penggunaannya, sebab sinar radiasi yang ada pada handphone dapat merusak mata kita. Sesekali istirahatkan mata kita kurang lebih 15 menit agar mata segar kembali, dan jangan memaksakan mata yang lelah terus menerus menatap layar handphone. Rawat dan jaga mata dengan baik, perbanyak pula konsumsi buah dan sayuran segar yang mengandung vitamin A dan rutinlah memeriksakan kondisi mata agar bisa mengetahui perkembangan mata dengan baik, sehingga dokter dapat melakukan pengobatan dengan cepat dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *