Penyebab Dan Cara Mengatasi Mata Merah Setelah Berenang

By | June 5, 2017

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mata Merah Setelah Berenang – Salah satu hal yang paling sering kita jumpai pada saat berenang atau sesudah berenang adalah mata yang menjadi merah dan perih. Kondisi tersebut sudah umum terjadi pada setiap orang dan sebagian besar orang menganggap hal tersebut adalah kondisi yang sudah biasa dan tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya pada. Tidak jarang seseorang yang mengalami mata merah dan perih mengatakan bahwa hal tersebut terjadi akibat klorin. Klorin sendiri adalah unsur yang umum di Bumi, tetapi tidak ditemukan secara alami dalam keadaan murni karena sangat reaktif dan cenderung membentuk senyawa dengan unsur-unsur lainnya. Klorin digunakan dalam industri untuk memproduksi plastik, insektisida, dan obat-obatan, untuk membersihkan air untuk minum dan kolam renang, dan sebagai agen pemutih dalam industri kertas.

Namun, penyebab mata merah dan perih saat dan setelah berenang adalah sesuatu yang menjijikan yaitu dari urine atau air kencing yang tercampur dengan bahan kimia pada air. Ketika kita berenang dan mata menjadi merah, hal ini karena perenang di kola tersebut kencing dalam air. Oleh karena itu mata merah merupakan indikasi apakah kolam yang kita sedang pakai untuk berenang terjaga kebersihannya atau tidak. Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa penyebab utama atau biang keladinya mata merah setelah berenang di kolam ini adalah karena adanya seseorang yang buang air kecil di dalam kola renang. Maka, kita harus bisa memperhatikan kebersihan kolam yang akan kita pakai berenang, karena mata yang merah setelah renang ini bisa menjadi suatu masalah bagi kesehatan, dan tak jarang kita juga sangat merasa perih dan gatal pada mata.

mata merah setelah berenang

Setelah kita mengetahui penyebab mata merah setelah berenang, ada baiknya kita melakukan beberapa cara antisipasi atau pencegahan agar mata tidak mengalami merah setelah berenang, karena jika mata merah setelah dibiarkan saja bisa menimbulkan masalah lainnya pada mata. Ada beberapa cara yang untuk mengatasi dan mencegah mata merah setelah berenang, antara lain:

– Pakai Kacamata Renang

Langkah atau cara yang cukup sederhana seperti memakai kacamata renang ini dapat membuat mata terlindungi dari paparan air kolam secara langsung, sehingga hal ini dapat mengurangi mata merah akibat kolam yang tidak bersih. Untuk itu jangan lupa untuk memakai kacamata renang. Semakin ketat, semakin bagus, asalkan tidak terlalu ketat yang malah akan membuat berenang tidak nyaman. Selain melindungi dari mata kering, kacamata renang juga memungkinkan untuk lebih leluasa melihat bawah air.

– Bilas Mata

Setelah lama di kolam renang dan mata Anda menjadi merah, menyengat, dan kabur, segera lah untuk pergi ke kamar mandi dan kemudian bilas mata supaya terbebas dari klorin. Lakukan ini setidaknya sekitar 15 menit setelah kita keluar atau selesai berenang. Selain itu, kita juga bisa membilas mata dengan menggunakan cairan khusus pembilas mata atau tetes mata saline untuk bantuan cepat. Saline adalah air mata sintetis, dan membantu menambah kelembaban mata Anda. Tetes mata Saline ini tersedia di toko obat besar. Namun, kita juga harus memperhatikan efek sampingnya serta dosisnya dengan baik, karena obat yang berbahan kimia dapat menimbulkan efek samping berbeda jika kita menggunakan suplemen mata alami yang terbuat dari bahan-bahan alami yang minim akan efek samping.

– Jangan Pakai Lensa Kontak

Hal yang harus kita perhatikan saat berenang adalah sesuatu yang dipakai oleh mata seperti lensa kontak, berenang tidak sama dengan kita pergi ke tempat belanja atau mall. Untuk itu, jika kita berenang ada baiknya lepaskan lebih dahulu lensa kontak sebelum menceburkan diri ke air kolam renang. Dan sebagai peringatan bagi anda yang terus memaksakan dan tidak peduli dengan hal ini maka mata anda akan mengalami gangguan mata, ini disebabkan karena celah mata dengan lensa kontak yang terisi air bisa menjadi tempat berkembangnya virus dan bakteri penyebab penyakit mata.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi mata merah setelah berenang. Namun, sebagian orang lainnya sering membiarkan mata merah ini karena mata merah ini akan hilang dengan sendiri dalam beberapa menit. Akan tetapi, apabila mata merah ini terjadi atau terus anda rasakan dalam jangka waktu berminggu-minggu sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih baik. Mata ini sangat rentan dan mudah mengalami suatu gangguan serta penyakit baik itu ringan maupun berat. Mata ini merupakan salah satu anugerah yang diberikan tuhan kepada manusia untuk dijaga dan dirawat dengan baik, karena jika mata mengalami masalah walaupun dalam tingkatan ringan seperti mata merah ini tentunya akan membuat penglihatan sedikit menurun serta aktivitas lainnya pun bisa terganggu karena mata mengalami gangguan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *