Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit Mata Berwarna Kuning

By | June 1, 2017

Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit Mata Berwarna Kuning – Mata kuning adalah kondisi dimana keadaan mata mengalami perubahan pada sklera mata atau bola mata yang memiliki warna putih berubah menjadi berwarna kuning. Mata kuning ini bisa mengindikasikan adanya masalah medis di dalam tubuh. Mata kuning biasanya diakibatkan oleh disfungsi hati, kantung empedu, pankreas, atau beberapa hal lainnya. Penyebab yang paling umum mata berwarna kuning adalah karena mata mengalami kelelahan akibat terlalu lama menatap komputer atau membaca dengan jarak yang terlalu dekat. Terlalu lama duduk di depan komputer atau membaca buku lebih dari dua jam dapat menyebabkan mata kehilangan sinarnya. Terlalu sering melemburkan kerja mata selain membuat mata rusak, juga dapat menyebabkan rasa pusing berkepanjangan. Selain itu perubahan warna mata juga dapat disebabkan adanya pertumbuhan selaput mata yang kita sebut dengan pterigium.

Mata kuning juga dapat terjadi akibat adanya penyakit mata seperti glaukoma, katarak dan peradangan pada mata memiliki gejala yang hampir sama yaitu dapat menyebabkan mata berwarna kuning. Mata kuning adalah salah satu gejala penyakit kuning. Penyakit kuning terjadi apabila ada terlalu banyak bilirubin dalam darah, yaitu senyawa berwarna kuning yang berasal dari pemecahan hemoglobin (komponen pembawa oksigen dalam sel darah merah). Ketika sel darah merah pecah, hemoglobin ikut pecah menjadi heme dan globin. Dari heme inilah bilirubin berasal. Bilirubin kemudian akan diproses di organ hati, lalu ke saluran empedu, dan terakhir dibuang lewat tinja. Jika salah satu dari proses tersebut tidak terjadi, bilirubin akan menumpuk di tubuh dan menyebabkan kulit, termasuk mata, menjadi berwarna kuning.

mata kuning

Penyakit mata kuning ini selain akibat adanya masalah pada tubuh atau penyakit dalam tubuh, bisa juga disebabkan karena beberapa faktor atau kegiatan yang dapat membuat kesehatan kita terganggu. Berikut ada beberapa penyebab yang dapat membuat mata mengalami perubahan warna pada bola matanya, yaitu :

– Beban Pikiran (stres)

Terlalu memikirkan masalah selain menyebabkan kepala pusing, ternyata bisa ditunjukkan pula dengan mata yang berwarna kuning. Orang yang terlalu banyak memikirkan masalah biasanya memiliki mood yang sangat sensitif dan mudah tersinggung.  Selain itu, anda juga tidak mampu menikmati waktu aktivitas sehari-hari bahkan saat bersantai karena otaknya akan selalu berputar mencari jalan keluar untuk memecahkan beban masalah yang dipikirkannya.

Maka cara untuk mengatasi mata kuning akibat terlalu banyak pikiran, yaitu anda harus mereleksasikan pikiran agar otot-otot sekitar kepala baik mata ataupun rahang tidak terlalu tegang. Relaksasi pikiran sangat baik bagi orang yang sedang stress karena selain menenangkan otot, juga dapat membuat seseorang berpikir lebih jernih dan tenang agar masalah yang bertumpuk selama ini menjadi lebih mudah dipecahkan.

– Mata Mengalami Kelelahan

Selain tubuh mata juga bisa mengalami kondisi dimana mata terasa cape dan mengantuk atau mata sudah lelah untuk bekerja. Salah satu hal yang paling sering mengakibatkan mata lelah adalah radiasi dari layar komputer yang dapat menyebabkan mata menjadi lelah dan merusak retina mata, dan jika sudah parah mata juga bisa berubah berwarna kuning.

Cara Mengatasi mata kuning dari penyebab radiasi layar komputer adalah dengan melapisi layar komputer agar radiasinya tidak terlalu silau, dan selalu istirahatkan mata dengan melihat pemandangan lingkungan sekitar selama lima menit juga mengedipkan mata sebanyak enam belas kali agar mata terlapisi kembali oleh cairan alaminya.

– Kurang Tidur

Masalah yang sering terjadi pada seseorang yang bekerja kantoran atau online adalah kurang tidur, mereka selalu bekerja hingga larut malam tanpa memikirkan kondisi mata mereka, oleh karena itu mereka sengaja untuk begadang setiap hari dan pada akhirnya mengalami insomnia. Jika hal ini sudah terjadi maka fungsi mata akan mengalami penurunan dan bola akan terlihat merah dan bahkan bisa juga bisa berwarna kuning jika memang sudah dalam kondisi yang parah.

Untuk penyebab mata kuning yang pertama yaitu akibat kurang tidur ini sangatlah mudah dan gampang, anda hanya harus menambah jam tidur. Tubuh setidaknya membutuhkan waktu delapan jam agar bisa bekerja dan berfungsi kembali dengan baik. Tapi untuk penyebab mata kuning kedua, yaitu insomnia, ada baiknya anda melakukan konsultasi pada ahlinya agar diberikan pengobatan professional.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah mata yang berubah menjadi kuning. Mata kuning ini adalah kondisi kesehatan yang bisa dikatakan sudah dalam keadaan yang parah karena mata kuning ini bisa diakibatkan karena beberapa penyakit lain seperti sirosis hati, penyakit batu empedu, penyakit kelainan darah, dan penyakit kuning lainnya. Mata kuning ini merupakan simbol atau tanda bahwa tubuh sedang mengalami masalah yang harus kita perhatikan dengan baik. Mata kuning ini berbeda dengan mata merah, jika mata merah merupakan masalah mata yang diakibatkan karena infeksi dan iritasi sering kali disebabkan oleh benda dari luar seperti asap, dan debu. Sedangkan mata kuning terjadi akibat adanya suatu penyakit kuning dalam tubuh, dan mata kuning ini menjadi tandanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *