Penyebab Dan Gejala Gangguan Mata Silau

By | April 18, 2017

Penyebab Dan Gejala Gangguan Mata Silau – Mata manusia membutuhkan cahaya yang cukup agar bisa melihat dengan baik, namun kadang-kadang beberapa orang memiliki masalah dengan cahaya terang sehingga mengakibatkan mata mengalami suatu masalah atau mata silau. Pada umumnya, cahaya merupakan faktor penting untuk mendukung fungsi penglihatan seseorang agar lebih jelas. Jumlah cahaya atau kualitas cahaya juga dapat mempengaruhi kemampuan mata kita untuk melihat. Banyak orang dengan penglihatan rendah membutuhkan lebih banyak cahaya dari biasanya untuk beraktivitas. Mata silau terjadi ketika sumber cahaya yang terlalu kuat memancar ke mata. Hal ini dapat mengaburkan penglihatan bahkan membuat pandangan seseorang menjadi tidak fokus atau buram. Mata silau ini bukan merupakan penyakit, melainkan gejala dari penyakit dan kondisi medis tertentu.

Selain rabun dekat dan jauh, rabun silau juga menjadi masalah utama yang dihadapi oleh kebanyakan individu di seluruh dunia. Bukan saja menyulitkan pengliharan secara normal, rabun silau sering kali mengganggu berkendara seseorang terutama di waktu malam. Silau terjadi ketika sumber cahaya memengaruhi kemampuan kita untuk melihat dengan jelas. Ada dua jenis silau, yaitu silau discomfort dan silau disability. Silau discomfort terjadi ketika sumber cahaya terlalu kuat bagi mata Anda.

Hal ini biasanya memicu Anda untuk memicingkan mata atau menutupinya dengan tangan, atau malah menutup mata. Contoh jenis mata silau discomfort adalah saat anda pindah dari ruangan gelap langsung ke tempat yang terang.Biasanya mata dapat menyesuaikan diri dengan cahaya tersebut hanya dalam waktu beberapa detik. Mata menyesuaikan diri dengan mengecilkan ukuran pupil agar cahaya masuk berkurang. Sebagai kesimpulannya, gangguan mata silau discomfort ini hanya menyebabkan ketidaknyamanan seperti namanya “discomfort”.

silau

Sedangkan silau disability dapat memengaruhi kemampuan mata anda untuk melihat. Jenis silau ini dapat disebabkan oleh gangguan pada mata serta dapat terjadi hanya karena sedikit cahaya saja. Struktur mata Anda biasanya bersih, jernih, atau bening, sehingga memungkinkan cahaya langsung menembus masuk ke retina. Jika Anda memiliki katarak, lensa di mata tidak jernih seperti seharusnya.

Hal tersebut membuat cahaya yang masuk ke mata terhambur dan tidak langsung menembus melalui lensa mata. Akibatnya Anda jadi kesulitan melihat dengan jelas dan mengalami gangguan mata silau. Jumlah cahaya yang terhamburkan tergantung pada jumlah cahaya yang masuk ke mata dan seberapa parah katarak yang dimiliki. Semakin terang cahaya yang masuk ke mata maka semakin banyak juga cahaya yang terhambur, sehingga menyebabkan Anda merasa lebih silau. Karena itulah penderita katarak sering mengalami banyak gangguan mata silau.

Beberapa kondisi atau penyakit juga dapat menjadi penyebab silau mata seperti meningitis yang membuat mata terasa sangat sakit ketika melihat cahaya terang, atau beberapa jenis obat juga dapat menyebabkan mata sensitif terhadap cahaya, misalnya obat tetracycline, antibiotik, dan digitalis yang digunakan untuk mengobati masalah jantung. Gangguan mata silau yang datang sangat tiba-tiba harus secepatnya mendapatkan memeriksakan dokter karena dalam beberapa kasus hal itu adalah tanda pertama dari kondisi penyakit yang serius pada mata anda. Pengobatan dari mata silau ini sangat bergantung pada penyebabnya. Biasanya masalah mata silau ini adalah gejala dari masalah mata lain seperti katarak. Dan jika anda sudah mengetahui penyebabnya maka harus berkonsultasi dengan dokter mengenai pengobatan yang diperlukan.

Mata silau ini bisa membuat aktivitas penderita menjadi terganggu, atau bahkan bisa mengancam jiwa, karena jika anda memiliki mata silau akan berbahaya apabila anda mengendarai kendaraan saat malam hari dan mata anda terkena paparan cahaya, tentu hal itu akan membuat anda kehilangan kendali dan dapat mengalami kecelakaan. Hal utama yang perlu diperhatikan untuk penyembuhan mata silau adalah dengan memperhatikan nutrisi tubuh setiap hari, nutrisi tubuh tentunya kita dapat dari bahan makanan yang kita makan, makanan terbaik adalah dengan memperbanyak asupan sayur dan buahan dalam menu harian kita dan tentu saja untuk memaksimalkan nutrisi kita juga perlu suplemen alami. Maka untuk itu anda harus menerapkan pola hidup sehat dan juga pola makan yang teratur dengan baik.

Mata adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Mata merupakan salah satu panca indera manusia untuk penglihatan. Tanpa mata, kita tidak dapat melihat benda-benda yang ada di dunia ini. Kita harus mewarat mata dan menjaga mata dengan baik karena mata ini adalah anugerah dari tuhan, dan kita harus bersyukur memiliki mata yang sehat dan baik dalam penglihatan, sehingga kita tidak mengalami gangguan saat beraktivitas. Masalah mata memang sangat tidak nyaman dan membuat kita terganggu, walaupun masalah mata itu masih terbilang ringan, namun tetap saja jika mata kita bermasalah pasti akan membuat rasa tidak nyaman saat beraktivitas, dan bayangkan jika kita tidak memiliki mata, dunia ini akan terasa hampa untuk kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *