Penyebab Dan Gejala Mata Kabur Di Usia Muda

By | April 20, 2017

Penyebab Dan Gejala Mata Kabur Di Usia Muda – Mata merupakan organ penting manusia dan merupakan indera penglihatan manusia, dengan mata yang sehat dan baik seseorang dapat melihat indahnya dunia beserta warna warninya dengan jelas. Namun dibalik itu semua mata juga menyimpan beberapa masalah dan gangguan yang dapat merusak keindahan tersebut. Mata manusia memang sangat sensitif terhadap sesuatu yang dapat menganggunya, sesuatu seperti benda asing dari luar, debu atau udara kotor. Selain karena beberapa gangguan dari benda asing dan debu, mata juga dapat mengalami masalah karena aktivitas atau kebiasaan seseorang. Saat ini hampir sebagian besar dari kita menghabiskan waktunya di depan layar ponsel, tv, komputer, dan juga laptop. Kebiasaan tersebut memang sudah menjadi umum bagi masyarakat modern saat ini, namun hal ini dapat menyebabkan resiko menderita masalah pada mata.

Terlalu lama bermain ponsel dan menatap layar komputer dapat menyebabkan mata menjadi lelah, karena saat kita menatap layar ponsel atau komputer tanpa kita sadari kita jaran mengedipkan mata. Selain mata menjadi lelah, penglihatan kita juga akan menjadi kabur karena terlalu lama menatap layar ponsel dan komputer. Hal ini tentunya dapat memperburuk keadaan yang mana mata dapat menjadi kering dan iritasi. Yang lebih bahayanya masalah pada mata ini sering terjadi pada mereka yang masih berusia muda, karena teknologi saat ini saat di senangi oleh para kaum muda. Kebiasaan anak muda jaman sekarang membuat kondisi indera penglihatan menjadi mengalami masalah. Penyebab mata mengalami masalah saat usia muda adalah karena gaya hidup yang tidak baik. Untuk itu kita harus memperhatikan kebiasaan sehari-hari kita, karena jika masalah terjadi pada usia yang masih muda tentu hal ini akan memperburuk saat kita tua.

mata kabur

Pada usia muda seharunya kita dapat mencegah dan membatasi kebiasaan tertentu yang dapat merusak kesehatan kita terutama pada mata kita. Banyak cara pencegahan yang bisa kita lakukan di usia muda, namun karena kita kecanduan akan kemajuan teknologi membuat kita lupa dan sering mengabaikannya. Dari hal itulah kita sering mengalami masalah pada usia yang masih muda. Ponsel, komputer, laptop adalah beberapa teknologi yang sering kita gunakan sehari-hari. Teknologi tersebut membuat pekerjaan kita menjadi mudah dan cepat, tapi kita juga harus memperhatikan cara penggunaan teknologi tersebut dengan baik, sebab radiasi pada layar ponsel, komputer dan laptop ini dapat membahayakan mata kita, bahkan bisa membuat penglihatan kita menjadi kabur atau tidak jelas (buram).

Pandangan mata kabur merupakan hilangnya ketajaman penglihatan, membuat benda-benda muncul keluar dari fokus dan kabur. Penyebab utama dari penglihatan kabur adalah kesalahan bias, rabun jauh, rabun dekat dan Silindris atau presbyopia. Tapi pandangan kabur juga bisa menjadi gejala dari masalah yang lebih serius, termasuk penyakit mata yang berpotensi mengancam penglihatan atau gangguan neurologis. Penglihatan kabur dapat mempengaruhi kedua mata, tetapi beberapa orang mengalami pandangan kabur pada satu mata saja. Mata kabur mata usia muda ini dapat menganggu aktivitas kita dalam melakukan pekerjaan dan jika tidak mendapatkan penanganan yang baik dan cepat akan memperburuk ketajaman mata kita. Karena mata kabur membuat penglihatan atau pandangan kita menjadi tidak fokus dan buram.

Selain itu sering mengucek mata menggunakan tangan, menjadi salah satu penyebab penglihatan jadi tidak sehat. Kemungkinan orang akan geram ketika mata mereka terdapat sedikit debu menyelinap. Sehingga secara refleks mereka tak segan untuk mengucek mata. Ketika hal itu dilakukan terlalu sering, maka tak hanya membuat kornea mata mengalami pembengkakan. Kemungkinan besar akibatnya mata berubah kemerahan, penglihatan kabur seperti rabun jauh (Miopia) dan sebagainya. Bahkan jika kebiasaan mengucek mata ini terus dilakukan, dampaknya pun mampu menyebabkan kebutaan, karena terjadi infeksi atau iritasi parah pada mata yang tidak segera ditanggulangi.

Untuk itu, kita harus menjaga kesehatan mata sejak usia muda, karena jika pada usia muda kita tidak menjaga mata dengan baik tentunya akan membuat kesehatan mata kita saat tua nanti menjadi terganggu, apalagi pada usia tua kesehatan tubuh seperti mata juga sangat rentan mengalami kondisi yang buruk. Namun, jika kita menjaga kesehatan mata kita sejak usia muda, setidaknya kita bisa mengurangi dan mencegah terjadinya kondisi yang memburuk pada usia tua nanti. Mata kabur pada usia muda mungkin saja bisa menjadi hal yang serius pada usia tua nanti dan bahkan bisa saja mata mengalami kebutaan. Pola hidup sehat dan hindari kebiasaan yang dapat merusak mata merupakan langkah awal yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Jika mata lelah istirahatkan mata, batasi pengunaan ponsel, komputer dan laptop agar penglihatan mata tidak menjadi kabur.

Penting bagi anda, jika mata anda mengalami gangguan seperti mata kabur, segeralah memeriksakan diri ke dokter dan berkonsultasi karena mata kabur tersebut bisa saja menjadi masalah mata rabun, dan dokter biasanya menyarankan anda untuk menggunakan kacamata. Dan jika anda menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi masalah mata, jangan menggunakannya dalam jangka waktu lama karena obat tetes mata memiliki bahan kimia yang berbahaya. Ada baiknya jika anda menggunakan obat alami mata yang aman dan efektif sebagai pengobatan mata dari dalam. Penggunaan obat alami mata lebih baik dibandingkan dengan obat mata kimia, sebab bahan yang terkandung dalam obat alami mata ini aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *