Penyebab Dan Gejala Mata Malas Pada Anak

By | May 3, 2017

Penyebab Dan Gejala Mata Malas Pada Anak – Sebagian dari kita mungkin belum mengetahui apa yang dimaksud dengan mata malas, sehinga terasa asing ditelinga kita saat mendengarnya. Mata malas adalah gangguan penglihatan sebelah mata pada anak-anak karena otak dan mata tersebut tidak bekerjasama dan mengakibatkan penglihatan menurun. Mata malas juga dikenal dengan istilah medis amblyopia dan umumnya diketahui saat anak-anak berusia 4 tahun. Anak mungkin tidak tahu bahwa dirinya hanya menggunakan satu mata. Hal ini karena mengabaikan gambar dari mata yang lemah merupakan respon otomatis dari otak dan anak anda tidak memiliki kendali hal tersebut. Untuk, deteksi dini pada malas merupakan hal penting karena terapi dini memiliki angka keberhasilan lebih tinggi dalam mencegah kebutaan permanen. Jadi, anak-anak jarang mengetahui bahwa mereka mengidap gangguan penglihatan atau tidak bisa menjelaskannya, sehingga mata malas termasuk kondisi yang sulit dideteksi.

Penyebab mata malas bisa dipengaruhi oleh beberapa kondisi seperti mata juling, kesalahan bias yang menyebabkan rabun dekat dan rabun jauh, ulkus kornea dan adanya katarak. Kesalahan bias disebabkan ketika sinar cahaya yang masuk ke mata tidak terfokus dengan benar. Rabun jauh dan rabun dekat adalah contoh penyakit yang disebabkan oleh kesalahan bias. Mata malas terjadi ketika koneksi saraf dari salah satu mata ke otak tidak terbentuk secara sempurna pada masa kanak-kanak. Mata dengan kemampuan penglihatan yang buruk akan mengirimkan sinyal visual yang kabur atau keliru ke otak. Otak kemudian akan mengirimkan sinyal lebih sedikit pada mata yang buruk. Lama-kelamaan, kinerja kedua mata menjadi tidak sinkron dan otak akan mengabaikan sinyal dari mata yang buruk tersebut.

mata malas

Dalam kebanyakan kasus, mata malas tidak menimbulkan gejala. Tetapi ada beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh anak anda seperti mata yang mengembara atau tidak bergerak sama dengan mata lainnya. Memiliki mata yang tidak bergerak dalam arah yang sama atau fokus pada titik yang sama. Menangis atau mengeluh dengan satu mata tertutup. Menyipitkan mata atau memiringkan kepala untuk melihat sesuatu. Memiliki kelopak mata atas yang terkulai. Untuk, anda harus rutin memeriksakan mata anak ke dokter, agar anda bisa melakukan uji mata dan bisa mengetahui apakah anda memiliki mata malas atau tidak. Tingkat keparahan mata malas dan dampaknya pada penglihatan anak akan menentukan langkah pengobatan yang sesuai. Beberapa penanganan yang umumnya disarankan oleh dokter biasanya seperti penggunaan kacamata, menggunakan obat tetes, atau melalui jalur operasi.

Pada saat melakukan pengobatan mata malas kemungkinan akan berlangsung selama beberapa bulan atau bahkan tahun. Maka untuk itu pastikan anak Anda menjalani pemeriksaan rutin selama dan setelah penanganan agar dokter bisa memantau keefektifan pengobatan serta perkembangan visual anak. Sebagian besar pengidap mata malas membutuhkan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan sampai ada peningkatan pada kemampuan visual. Disamping itu, kita sebagai orang tua juga harus selalu memperhatikan asupan nutrisi makanan dan gaya hidup yang baik pada anak, hindari hal-hal yang dapat merusak mata anak anda, batasi penggunaan gadget dan teknologi canggih lainnya pada anak. Untuk membantu pengobatan mata malas, asupan seperti sayuran dan buah segar dan sehat juga sangat dibutuhkan agar kesehatan tubuh terutama pada mata anak dapat bekerja kembali secara normal. Mata malas pada anak bisa menganggun aktivitas belajar anak disekolah dan mengakibatkan menurunnya kualitas belajar anak anda disekolah.

Merawat dan menjaga mata secara alami merupakan salah satu cara mencegah mata terbaik yang dapat anda lakukan, karena setiap bagian tubuh seperti mata dan anggota tubuh lainnya juga sangat membutuhkan perawatan yang baik agar bagian tubuh bekerja secara optimal. Selain itu, mengkonsumsi suplemen alami mata juga baik untuk merawat dan menjaga mata anak, karena obat yang berbahan dasar alami minim efek samping, sehingga tidak membahayakan mata anak. Idealnya, perawatan mata malas dimulai pada anak usia dini saat hubungan yang rumit antara mata dan otak mulai terbentuk. Maka, peran orang tua juga sangat penting untuk merawat dan menjaga kesehatan mata sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *