Penyebab Gejala Mata Kering Dan Cara Mengatasinya

By | June 10, 2016

Penyebab Gejala Mata Kering Dan Cara Mengatasinya,.- Mata kering muncul ketika mata tidak mengelurakan atau kurang banyak mengelurakan air mata. Kondisi tersebut salah saat yang paling banyak dilaukan orang disaat berkonsultasi dengan ahli mata. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab atau ikut mengakibatkan munculnya masalah tersebut. Beberapa di antaranya berhubungan dengan usia, beberapa lagi terkait dengan lingkungan banyak ditemui dan dapat diatasi.

mata kering

Mata kering dapat terjadi karena beberapa sebab, baik yang menyangkut fisik maupun lingkungan. Salah satu penyebab utamanya adalah kelenjar air mata lamban mengeluarkan air mata – hal ini bisanya berhubungan usia, khususnya dialami wanita yang tengah menopouse.

Keluar air mata bisa pula menjadi penyebab mata kering. Ada tiga unsur pembentukan air mata normal, yakni air, lendir, dan minyak. Tiga bahan bekerja bersama-sama untuk membuat mata basah, untuk membasahi saluran permukaan kornea dan mencegah terjadinya penguapan yang menjadi penyebab mata kering. Jika salah satu dari ketiga bahan tersebut tidak ada, mata tidak akan mendapatkan asupan fizi dan menjadi tidak terlindung. Mata kering banyak terjadi karena kandungan minyak di dalam air mata kurang dan hal ini mengakibatkan penguapan yang menjadi mata kering.

Berkurangnya produksi air mata bisa terjadi karena pemakaian obat-obatan, seperti obat antihistamin, pil KB, obat diuretik, obat penyakit kardiovaskular, obat penghilang rasa sakit dan obat anti-radang. Kondisi ini bisa pula muncul karena gangguan penyakit tertentu, seperti diabetes, artritis reumatoid atau gangguan tiroid.

Penyebab Mata Kering

Mata kering dapat disebabkan oleh berbagai macam factor, termasuk perubahan hormonal, usia, kebiasaan melihat atau pekerjaan, operasi okular, penyakit sistemik dan okular tertentu dan obat-obatan, juga kondisi kelopak mata yang disebut penyakit kelenjar Meibomian. Dokter anda akan memberitahu apakah anda mengidap penyakit sistemik dan okular tertentu atau konsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan mata kering, dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Pada banyak kasus, tidak ada alasan yang jelas mengapa terjadi mata kering.

Cara Pengobatan Mata Kering Bisa Klik Disini

Gejala Mata Kering

Apapun penyebabnya, tanda dan gejala mata kering hampir sama. Ahli mata dapat mendiagnosis mata kering dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh, yaitu melihat air mata yang keluar, serta memeriksa kornea dan kelopak mata untuk memastikan apakah:

  • Mata merah
  • Mata terkena iritasi
  • Mata terasa nyeri atau panas
  • Mata berair
  • Penderita sulit mengenakan lensa kontak

Cara Mengatasi Mata Kering

Ada beberapa cara untuk mengatasi gangguan mata kering dan membantu meredakan gejalanya atau menanggulangi penyebabnya. Cara paling umum untuk mengatasi mata kering antara lain:

  • Meminimalkan kekeringan pada mata: hindari situasi yang menjadi penyebab mata kering, seperti ruang yang terlalu panas, angin atau asap. Jika berada di luar ruangan, kenakan kacamata yang dapat menutupi semua bagian mata untuk mengurangi efek mata kering akibat terpapar angin.
  • Memakai air mata tiruan: sebagai tambahan air mata alami untuk membuat mata terasa nyaman; umumnya dipakai jika kondisi mata kering tidak terlalu parah.
  • Memakai obat tetes mata yang diresepkan dokter: obat tetes mata merangsang produksi air mata alami.
  • Melakukan operasi: untuk memasang sumbatan pada saluran pembuangan air mata, atau untuk mengangkat seluruh saluran air mata. Kedua metode operasi ini bertujuan menahan lebih lama cairan yang diproduksi mata.

Itulah Penyebab Gejala Mata Kering Dan Cara Mengatasinya semoga apa yang kami sampaikan diatas bisa bermanfaat bagi anda semua. ! Salam Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *