Penyebab Mata Mudah Lelah Dan Mengantuk

By | April 19, 2017

Penyebab Mata Mudah Lelah Dan Mengantuk – Hampir semua orang pasti pernah mengalami yang namanya mata lelah dan mengantuk berat walaupun di siang hari atau pun pagi hari saat pergi bekerja. Selain mata yang lelah dan mengantuk, kondisi seperti ini sering kali disertai dengan kondisi badan yang terasa lemas dan lunglai. Mata lelah atau mata regangan adalah kondisi umum yang menjengkelkan. Kondisi seperti ini memang sudah menjadi hal yang umu terjadi terutama pada mereka yang menghabisakan waktu menatap layar komputer atau gaya hidup yang stress dapat menjadi penyebab mata mudah lelah dan sering mengantuk. Sangat penting bagi kita untuk mengistirahatkan mata, karena mata berperan aktif dalam kegiatan kita sehari-hari, dan mata kita juga membutuhkan istirahat agar mata menjadi lebih ringan kembali.

Penyebab mata lelah ini sering kali terjadi akibat dari gaya hidup kita sendiri, seperti stress adalah alasan penyebab mata lelah. Kondisi mata lelah ditandai dengan bengkak disekitar mata, bersamaan dengan berat pada mata dan kepala. Orang dengan mata lelah merasa kelopak mata mereka terasa sangat berat, bahkan hal itu dapat terjadi meski mereka tidak mengantuk. Memenuhi tuntutan ditempat kerja dan di rumah telah mengakibatkan orang mengalami mata lelah lebih sering. Jika mata kita tidak mendapatkan istirahat yang cukup maka mata akan mudah merasa lelah. Kurang tidur menyebabkan mata menjadi berat dan bengkak. Lingkaran hitam disekitar mata juga akan terlihat jika seseorang tidak mendapatkan istirahat yang cukup.

mata lelah

Walaupun mata lelah ini jarang dikatakan sebagai kondisi yang serius, namun kadang-kadang kelelahan mata adalah tanda kondisi yang mendasarinya yang mungkin perlu perawatan medis atau mata lelah juga bisa saja menjadi tanda awal adanya penyakit mata yang lebih serius. Maka, jika mata mengalami masalah seperti mata lelah, sebaiknya anda melakukan penanganan awal atau pertolongan pertama seperti beristirahat sejenak, mencuci mata dengan air, dan hal lainnya yang dapat membuat mata menjadi segar kembali. Jika anda mengalami mata lelah jangan terus di paksakan untuk bekerja, hal ini dapat membuat kondisi mata menjadi lebih buruk. Mata sangat rentan terkena suatu masalah karena itu kita harus berhati-hati dalam menjaga kesehatan mata dengan baik dan aman.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa aktivitas sehari-hari yang biasa kita jalani merupakan penyebab umum kelelahan mata, kebiasaan yang biasa kita lakukan yang dapat mengakibatkan mata lelah adalah terlalu lama di depan komputer, sering bermain gadget, sering begadang, dan kegiatan lainnya yang memaksa mata bekerja keras. Namun, hal yang penting kita ingat adalah sebagian orang sering mengabaikan mata lelah ini dan tidak mengistirahat mata sehingga mata fungsi mata akan mengalami penurunan dan mata juga dapat dengan mudah mengalami suatu masalah lainnya seperti mata merah, gatal, perih, dan lainnya. Kelelahan pada mata memang tidak memerlukan penanganan yang serius. Cukup dengan mengistirahatkan mata, rasa lelah itu pun akan hilang. Namun, apabila mata Anda terasa berat dalam kurun waktu yang lama, biasanya dokter akan menganjurkan untuk menggunakan kacamata.

Namun, tidak semua orang mau menggunakan kacamata yang dianjurkan oleh dokter, dan sebagian orang lebih memilih menggunakan obat tetes mata untuk mengobati mata lelah. Obat tetes mata ini dapat melembabkan mata Anda yang kering. Kelenjar air mata juga dapat dirangsang dengan pijatan lembut pada kelopak mata dan otot atas alis, dan atas pipi Anda. Tapi, penggunaan obat tetes mata dalam jangka waktu yang lama sangat tidak baik pada mata, karena cairan kimia yang ada dalam obat tetes mata tersebut dapat membahayakan mata anda. Dan ada baiknya anda menggunakan obat alami mata, karena obat yang mengandung bahan alami lebih efektif dan aman dibandingkan dengan obat kimia.

Selain dengan menggunakan obat alami mata, anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang anda makan setiap hari. Anda bisa mengkonsumsi makanan seperti buah dan sayur yang dapat menyehatkan mata anda secara alami. Asupan nutrisi yang baik juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Pola hidup sehat dan pola tidur yang teratur harus anda terapkan sejak dini agar kesehatan mata dan tubuh anda tetap terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *