Penyebab Mata Sering Berair Dan Cara Mengatasinya

By | June 23, 2017

Penyebab Mata Sering Berair Dan Cara Mengatasinya – Ketika mata kita mengedip, kelenjar pada kelopak mata akan memproduksi sedikit air mata guna untuk melembapkan indera penglihatan kita dan menyingkirkan benda-benda asing darinya. Produksi air mata menjadi lebih banyak ketika kita menguap, tertawa terbahak-bahak ataupun menangis. Hal tersebut merupakan hal yang wajar bagi sebagian orang, akan tetapi selain itu juga ada sebagian orang yang mengalami mata berair secara terus menerus. Jika mata berair secara terus menerus ini bukanlah hal yang wajar, karena kondisi seperti itu bisa saja menjadi salah satu gejala adanya suatu penyakit ada mata atau mata kita memang sedang mengalami masalah. Walaupun memang mata berair bukan menjadi masalah yang serius, namun jika diabaikan begitu saja tentunya akan membuat seseorang menjadi jengkel dan membuat aktivitas menjadi terhambat atau terganggu.

Peran utama dari air mata adalah menjaga kelembaban mata serta membersihkan mata dari segala benda asing yang masuk ke dalam mata kita. Kondisi mata yang berair bisa menyerang siapa saja termasuk bayi yang masih kecil dan dapat terjadi pada salah satu mata atau bahkan bisa keduanya. Kondisi mata berair lebih sering berkembang jika seseorang terkena sindrom mata kering. Karena jika mata kering, maka secara refleks mata akan menghasilkan lebih banyak air mata. Selain itu mata berair juga bisa disebabkan oleh adanya masalah pada sistem aliran air mata. Secara normal air mata akan mengalir di bawah kelopak mata dan turun melewati bagian hidung. Namun, jika sistem aliran ini terhambat oleh sesuatu, maka akan menyebabkan air mata menumpuk sehingga mata terus berair.

mata berair

Mata berair bisa terjadi ketika kelenjar yang memproduksi minyak tidak bekerja dengan semestinya. Hal ini membuat air mata cepat menguap dan menjadikannya lebih cepat mengering. Mata kering inilah yang merangsang produksi air mata secara berlebihan sehingga menyebabkan mata berair. Selain itu penyebab mata berair juga bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti Cuaca atau lingkungan, mata mengalami kelelahan, tersumbatnya air mata, ada benda asing dan bahan kimia di dalam mata, flu, alergi, radang kelopak mata, mata merah, infeksi mata, atau karena faktor dari obat-obatan kimia yang kita konsumsi.

Beberapa faktor penyebab tersebut sering kita alami, namun kita tidak terlalu mementingkannya dan jika sudah parah baru kita akan menyadarinya. Maka jika mata mengalami masalah ada baiknya kita melakukan beberapa tindakan sederhana walaupun menggunakan bahan dan alat yang seadaya, tapi menggunakan bahan alami lebih baik karena tidak akan menimbulkan efek samping pada mata dibandingkan menggunakan obat kimia atau obat tetes mata terus menerus.

Kebanyakan masalah mata berair tidak membutuhkan perawatan khusus karena dapat membaik dengan sendirinya. Namun tidak ada salahnya jika kita ingin mengatasinya dengan cara sendiri di rumah. Sebab, jika tidak ada tindakan apapun bisa jadi kondisi mata berair akan menjadi parah dan pastinya membutuhkan penanganan khusus. Untuk itu ada beberapa cara sederahana yang dapat anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi mata berair, diantaranya :

Mengompres mata dengan handuk basah (handuk dibasahi menggunakan air hangat) selama beberapa kali dalam sehari untuk mengatasi saluran air mata yang tersumbat.

Obat tetes mata, saat ini banyak sekali seseorang yang menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata kering. Mata kering sendiri merupakan salah satu pemicu adanya air mata keluar dari mata. Namun, penting bagi anda jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata, sebab bahan yang ada dalam obat tetes mata ini memiliki efek yang berbahaya jika digunakan dalam jangka waktu lama. Ada baiknya anda menggunakan obat alami mata seperti daun sirih atau tanaman alami lainnya.

Periksa mata, cara yang selanjutnya yaitu adalah dengan memeriksakan mata anda ke dokter spesialis mata, dan berkonsultasilah dengan dokter. Karena biasanya dokter akan memberikan resep obat atau bahkan melakukan operasi jika kondisi mata berair anda sudah terbilang parah.

Maka, penting untuk menjaga dan merawat mata dengan baik, sebab mata memang sangat mudah mengalami gangguan baik itu ringan maupun berat. Hal ini karena mata sangat sensitif terhadapa sesuatu yang dapat menganggu kinerja atau fungsi mata baik dari dalam dan juga dari luar. Untuk itu, untuk menjaga mata kita juga harus menjaganya dari dalam. Cara yang sederhana untuk menjaga mata dari dalam adalah dengan mengatur pola makan yang sehat. Makan makanan seperti buah dan sayur segar agar mata mendapatkan nutrisi yang cukup dari dalam, ini dikarenakan buah dan sayur merupakan makanan sehat yang sangat baik bagi kesehatan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *