Penyebab Pandangan Mata Sering Berkunang-kunang

By | April 27, 2017

Penyebab Pandangan Mata Sering Berkunang-kunang – Mata manusia memang rentan mengalami suatu masalah atau gangguan, karena mata merupakan organ atau indera manusia yang sangat sensitif terhadap sesuatu yang dapat membuat fungsi mata mengalami gangguan. Banyak sekali masalah yang dapat menyerang mata kita, dan salah satu dari banyaknya masalah mata yaitu kita sering mengalami masalah mata yang disebut dengan mata berkunang-kunang kepala pusing mungkin pernah dialami oleh sebagian orang. Ketika beraktivitas atau ketika beristirahat pun kadang orang mengalami hal tersebut. Sayangnya hanya sedikit orang yang tau apa saja yang menyebabkan kondisi yang demikian menyerang tubuhnya. Mata kunang-kunang kepala pusing tidak boleh dianggap sepele sebab bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mata berkunang-kunang merupakan gangguan pada indera penglihatan yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Gangguan ini biasanya ditandai dengan penglihatan yang seakan-akan melihat cahaya berkilap-kilap pada mata, tangan menjadi gemetar, maupun timbulnya rasa sakit di daerah mata. Jika Anda pernah mengalami benturan di kepala, mungkin Anda pernah melihat bintang-bintang di depan mata dan itu bukan khayalan. Dalam budaya kita, kita menyebutnya pandangan berkunang-kunang. Pandangan berkunang-kunang harus disikapi serius jika terjadi sering, bukan hanya sekejap ketika kepala atau mata Anda terbentur.

mata berkunang-kunang

Penyebab mata berkunang kunang bisa jadi karena kurang beristirahat. Kurang tidur atau istirahat bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kelelahan pada mata atau yang dikenal dengan astenopia yang salah satu gejalanya adalah dengan timbulnya mata berkunang-kunang. Pada dasarnya tubuh manusia memiliki kemiripan dengan mesin dalam hal sistem yang mengaturnya. Jika tubuh terlalu diporsir untuk melakukan sesuatu yang diluar batas kemampuan sehingga menyita waktu istirahat baginya, maka hal itu dapat menyebabkan terganggunya sistem kerja dalam tubuh, energi yang digunakan terlalu berlebihan akan menyebabkan terganggunya sistem peredaran darah, dan jika hal itu terjadi maka suplai oksigen dalam tubuh akan berkurang, dan pada akhirnya akan meningkatkan resiko terjadinya hipotensi (tekanan darah rendah).

Namun, selain karena kurangnya istirahat yang menyebabkan mata berkunang-kunang orang yang menyukai kegiatan olahraga, seperti badminton. sepak bola, tinju atau jenis olahraga lain yang menuntut kontak fisik, juga berpeluang cukup besar mengalami benturan kepala yang bisa menyebabkan pandangan berkunang-kunang. Mata berkunang-kunang juga telah dianggap sebagai salah satu gejala dari timbulnya gangguan penglihatan (mata minus). Dalam kasus mata minus, biasanya penglihatan akan terlihat kembali normal atau membaik ketika mata berada pada object dengan jarak yang dekat. Untuk mengatasi gangguan tersebut, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter ahli mata guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Mata berkunang-kunang memang sudah menjadi suatu kondisi yang biasa dialami oleh sebagian orang, mata berkunang-kunang bisa disebabkan karena adanya tekanan darah rendah, namun selain hal itu bisa saja mata berkunang-kunang ini merupakan gejala awal adanya masalah pada penglihatan anda atau adanya penyakit pada mata seperti mata minus, mata kabur, atau masalah mata lainnya.

Maka untuk itu, penting bagi kita untuk selalu merawat dan menjaga kesehatan mata, pola hidup sehat dan asupan makanan yang baik juga sangat berpengaruh pada mata kita. Asupan seperti buah dan sayur sangat penting sebagai nutrisi untuk mempertajam, memperjernih, dan juga memutihkan mata kita, atau jika anda ingin menggunakan pengobatan secara praktis, anda bisa mengkonsumsi suplemen alami mata yang terbuat dari bahan alami tanpa bahan kimia sedikitpun serta tanpa efek samping dibandingkan dengan obat yang berbahan kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *