Penyebab Sakit Mata

By | March 25, 2017

Penyebab Sakit Mata – Mata merupakan jendela dunia, begitu yang sering kita dengar. Peran kedua mata tentu sangatlah penting untuk kehidupan seseorang, karena itu kesehatan kedua mata harus kita jaga. Memiliki mata sehat memang impian setiap orang, untuk itu kita harus bersyukur memiliki mata yang sehat. Namun, mata yang sehat juga pasti memiliki masalah yang ringan atau berat jika kita sendiri tidak menjaganya dengan baik dan benar. Kedua mata kita memiliki struktur yang kompleks, dimana satu bagian berhubungan dengan bagian yang lain. Sama halnya dengan tubuh yang lainnya, mata juga pasti mengalami sakit. Sakit pada bisa terjadi akibat banyak faktor baik itu dari luar ataupun dari dalam. Setiap orang pasti berisiko terkena sakit mata, yang penyebabnya pasti berbeda-beda

Mata merupakan bagian yang harus kita jaga kesehatannya dengan baik, karena mata adalah salah satu indra yang kondisinya sangat terbuka saat kita melakukan aktivitas sehari-hari. Jadi besar kemungkinan mata mudah mengalami gangguan yang disebabkan oleh faktor dari luar. Sebagian sakit mata tidak bersifat menular sehingga pengidapnya dapat tetap beraktivitas selama penglihatannya masih baik. Namun, ada beberapa jenis sakit mata yang dapat membuat seseorang yang mengalaminya disarankan untuk berhenti melakukan aktivitas di kantor atau disekolah agar terhindar dari komplikasi yang berbahaya yang dapat menular ke orang lain.

penyebab sakit mata

Sakit mata sendiri merupakan terganggunya fungsi mata sebagai alat indra yang biasanya terjadi pada bagian fisik mata dan juga bagian dalam mata kita. Hampir semua orang tidak bisa terhindar dari sakit mata, karena mata adalah salah satu alat indra manusia yang sangat mudah mengalami masalah karena mata berada pada bagian luar tubuh manusia dan mata adalah bagian paling vital pada organ tubuh, dimana mata merupakan alat indra yang terus menerus digunakan. Sakit mata ini bisa terjadi akibat mata mengalami iritasi akibat debu, alergi, atau hal lainnya, kita sering mengusap mata dengan tangan dan membuat mata menjadi mengalami infeksi serta membuat mata menjadi merah dan hal inilah yang membuat mata menjadi mudah mengalami gangguan.

Maka untuk itu, saat mata anda mengalami gatal dan perih akibat paparan debu, jangan mengucek mata dengan tangan, karena hal seperti ini akan membuat kondisi mata menjadi memburuk. Jika mata mengalami perih dan gatal ada baiknya kita mengusap mata menggunakan handuk yang sudah dibasahi air atau juga bisa menggunakan es batu untuk mengompres mata, hal ini bertujuan untuk membuat mata segar kembali, atau anda juga bisa mencuci muka anda dan membersihkan mata dengan air secara perlahan, air akan membuat mata menjadi segar dan nyaman. Mata juga membutuhkan waktu istirahat agar fungsi mata bisa bekerja secara baik, jadi jangan terlalu memaksakan mata jika memang mata kita sudah lelah dan lemah, sebaiknya anda mengistirahatkan mata sejenak.

Sakit mata merupakan kondisi yang umum terjadi di kalangan masyarakat, namun sebagian besar dari mereka sering mengabaikan sakit mata ini dan bisa membuat kondisi mata menjadi memburuk. Sakit mata sering terjadi akibat tuntutan dari suatu pekerjaan yang mengharuskan mata bekerja secara keras tanpa adanya istirahat, hal ini dapat merusak fungsi mata dan bahkan membuat penglihatan seseorang menjadi rusak. Sakit mata ini dapat menjadi kondisi yang sangat serius jika terus dibiarkan tanpa pencegahan dan pengobatan. Sakit mata bisa saja awal gejala dari penyakit mata yang berbahaya yang dapat membuat mata tidak berfungsi atau mengalami kebutaan. Pencegahan serta pengobatan sangat penting dilakukan untuk mengatasi sakit mata ini, agar sakit mata tidak menimbulkan penyakit pada mata kita. Walaupun memang sakit mata dapat hilang ketika kita mengistirahatkan mata, namun melakukan pencegahan dan pengobatan sangat diperlukan agar sakit mata tersebut tidak terulang lagi.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Banyak cara untuk mengatasi masalah sakit mata ini, anda bisa menggunakan cara sederhana seperti mengompres mata dengan handuk basah, atau anda juga bisa menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi masalah pada mata anda, namun saat anda menggunakan obat tetes mata sebaiknya anda berhati-hati karena karena obat tetes mata ini dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya pada mata. Ada baiknya anda menggunakan obat mata yang terbuat dari bahan alami, karena obat yang berbahan dasar herbal atau alami minim efek samping dan banyak mengandung manfaat yang baik untuk tubuh anda khususnya untuk mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *