Penyebab Sering Mengalami Sakit Mata

By | May 15, 2017

Penyebab Sering Mengalami Sakit Mata  – Mata adalah jendela dunianya manusia untuk melihat keindahan warna warni dunia ini dengan jelas, karena mata merupakan anugerah tuhan yang diberikan kepada manusia untuk kita syukuri dan merawatnya dengan baik. Mata ini sangat berperan penting dalam kehidupan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal, karena itu kesehatan mata harus kita jaga dan jangan diabaikan begitu saja. Kedua mata kita memiliki struktur yang kompleks, dimana satu bagian berhubungan dengan bagian yang lain. Bukan kesehatan tubuh saja yang mengalami masalah mata juga sering mengalami sakit baik itu karena faktor usia, atau faktor yang lainnya. Faktor usia memang menjadi salah satu penyebab utama mata sering mengalami sakit, namun itu semua bukanlah satu alasan pasti bahwa mata akan sering mengalami sakit. Pada usia yang masih mudah juga kita juga sering mengalami sakit mata, karena pada dasarnya jika kita tidak merawat mata dan menjaganya di usia muda maka faktor usia bisa menjadi penyebab.

Pada usia lanjut memang sangat rentan mengalami penurunan penglihatan, namun jika kita merawat dan menjaga mata pada usia muda tentunya akan mengurangi resiko terjadinya masalah pada mata saat usia mulai memasuki usia lanjut atau usia tua. Merawat dan menjaga mata pada usia yang masih muda sangat disarankan agar mata kita tetap terjaga sampai tua nanti walaupun ada sedikit masalah ringan seperti sakit mata yang biasa. Sakit mata sendiri adalah terganggunya fungsi mata sebagai alat indra yang biasanya terjadi pada bagian fisik mata dan juga bagian dalam mata. Hampir semua orang tidak bisa lepas dari sakit mata, karena mata adalah salah satu indra yang tentunya sangat terbuka dan menjadi bagian tubuh paling vital. Sakit mata memang umum terjadi di masyarakat, apalagi masyarakat sekarang sudah mengenal teknologi canggih yang jika dipakai terus menerus akan merusak mata.

sakit mata

Ciri yang paling menonjol saat mata mengalami sakit adalah mata merah, berair, dan bengkak, serta penglihatan terasa buram. Hal ini memang sudah menjadi masalah yang biasa bagi masyarakat sekarang, karena saat ini sebagian besar orang sering menggunakan teknologi canggih dan hal itulah yang dapat membuat mata sakit. Namun, setiap orang yang sering menggunakan teknologi canggih ini masih saja mengabaikan kesehatan matanya, walaupun mata mereka sakit tapi mereka tetap menerus pekerjaannya, sehingga membuat kondisi mata menjadi sakit. Sakit mata bisa terjadi kapan saja dan dimanapun tergantung bagiamana seseorang menjaga kesehatan matanya. Mengucek mata sudah menjadi hal yang umum dilakukan masyarakat, hal ini sebenarnya membuat mata mengalami sakit, dan ciri seseorang mengucek mata adalah mata berubah warna menjadi merah dan berair. Untuk hindari beberapa aktivitas yang dapat mengakibatkan mata sakit, karena jika mata sakit tentunya akan membuat anda kurang bersemangat dalam menjalani pekerjaan.

Penyebab sakit mata bisa dikategorikan menjadi dua bagian, yaitu :

1. Sakit dipermukaan mata (ocular).
2. Sakit didalam orbit mata (orbital).

– Ocular

Ocular atau penyebab gangguan mata yang terjadi pada permukaan mata adalah suatu kondisi sakit mata yang dirasakan pada bagian luar struktur mata. Sakit mata ocular bisa disebabkan oleh alergi, bakteri, zat kimia dan peradangan oleh virus atau yang disebut dengan konjungtivis. Ciri-cirinya penyebab sakit mata ini adalah rasa sakit yang ringan dan terasa gatal. Tidak berbahaya, namun harus segera diobati. Selain itu penyebab lain juga bisa disebabkan oleh kornea yang lecet. Di mana kornea merupakan bagian pada mata yang sifatnya sensitif dan lembut. Hal ini bisa disebabkan oleh terjadinya gesekan pada permukaan kornea. Misal bisa karena kemasukan benda asing atau karena menggunakan lensa kontak.

– Orbital

Sakit mata yang satu ini biasanya dirasakan pada bagian dalam mata atau di belakang permukaan mata. Sakit mata orbital cukup berbahaya, karena bisa berdampak buruk kedepannya apabila tidak ditangani secara serius. Misalnya seperti glaukoma, salah satu penyakit yang bisa membuat nyeri orbital. Glaukoma ini bisa disebabkan oleh terjadinya tekanan internal pada mata. Jika tidak segera diobati, akibatnya mata bisa mengalami cacat atau bahkan sampai mengalami kebutaan. Penyebab sakit mata orbital yang lain adalah iritis atau peradangan yang terjadi pada iris. Hal ini bisa membuat mata bagian dalam terasa sakit.

Itulah 2 kategori yang bisa menjadi penyebab terjadinya sakit mata. Sakit mata bisa terjadi dipermukaan mata (ocular) dan sakit mata juga bisa terjadi didalam orbit mata (orbital). Penyebab inilah yang harus kita perhatikan, untuk menjadi mata dipermukaan luar kita bisa menjaga mata dengan melakukan beberapa tips perawatan rumahan seperti menggunakan iritasan mentimun untuk menyegarkan mata atau cara lainnya tergantung masing-masing individu, penting bagi anda jangan menggunakan obat tetes mata terlalu sering, karena bahan dalam obat tetes mata bisa berdampak buruk pada mata anda. Dan untuk merawat mata dari dalam anda lebih baik mengonsumsi suplemen alami mata, karena untuk merawat dan menjaga kesehatan mata dari dalam dengan menggunakan bahan alami lebih baik daripada menggunakan obat kimia yang dapat berdampak buruk pada mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *