Risiko Penggunaan Lensa Kontak Yang Perlu Anda Tahu

By | September 7, 2017

Risiko Penggunaan Lensa Kontak Yang Perlu Anda Tahu – Mata merupakan jendela dunia manusia yang dapat memancarkan pesona tersendiri, karena dengan mata kita dapat melihat warna warni dan indahnya dunia ini dengan nyata. Oleh, sebab itu sebagian besar orang tidak mau menyembunyikannya di balik kacamata. Lensa konta menjadi pilihan untuk membantu penglihatan sekaligus memperindah mata. Akan tetapi, sebagian besar orang menggunakan lensa kontak hanya ingin memperindah mata mereka saja dan tidak memperhatikan bahaya saat menggunakan lensa kontak tersebut. Pengguna lensa kontak memang berpotensi mengalami masalah, sebab dengan menggunakan lenso kontak dapat terinfeksi bakteri, jamur, atau mikroba lainnya. Namun, hal ini bukan berarti anda harus bermusuhan dengan lensa kontak. Lensa kontak merupakan salah satu peralatan medis yang paling aman ketika digunakan secara bertanggung jawab.

Sebagian besar orang yang menggunakan lensa kontak, seringkali tidak memperhatikan kebersihan dan juga tidak merawat lensa kontak dengan baik, sehingga penggunaan lensa kontak menjadi berbahaya pada kesehatan mata. Orang-orang saat ini hanya ingin memakainya saja untuk style dan tidak merawat lensa kontak dengan baik, pemakaian lensa kontak secara berlebihan dan perawatan yang tidak baik berisiko mengalami infeksi dan gangguan pada mata anda. Maka dari itu, jika kita menggunakan lensa kontak, kita juga harus bertanggung jawab untuk merawat dan menjaga kebersihan lensa kontak agar tidak membuat kondisi mata mengalami masalah. Bahaya lensa kontak untuk mata memang belum banyak diketahui oleh si pemakai lensa kontak itu sendiri. Sangat disayangkan jika memakai lensa kontak mata hanya untuk terlihat lebih style saja tanpa mengetahui bahaya dari lensa kontak tersebut.

lensa kontak

Lensa kontak ini merupakan alat bantu untuk mata, karena sebagian besar orang di jaman modern seperti sekarang tidak menyukai atau bahkan tidak mau memakai kacamata sebagai alat bantu penglihatannya. Lensa kontak memang sangat disukai oleh banyak orang karena banyaknya warna-warna yang menarik dan pastinya membuat siapa saja menjadi tertarik untuk memakai lensa kontak dibandingkan dengan kacamata mata. Penggunaan lensa kontak yang tidak baik dapat menimbulkan beberapa risiko atau masalah pada mata, berikut ini ada beberapa masalah dan risiko pada mata akibat penggunaan lensa kontak yang tidak baik, yaitu :

– Keratitis

Keratitis merupakan peradangan pada kornea mata. Penyebabnya antara lain cedera ringan akibat penggunaan lensa kontak terlalu lama, infeksi bakteri, virus, jamur atau parasit akibat proses pembersihan lensa kontak yang tidak benar. Menggunakan lensa kontak terus-menerus, saat berenang atau menggunakan air untuk membersihkan lensa kontak dapat meningkatkan risiko terkena keratitis. Gejala keratisi berupa mata merah, mata perih, sulit membuka kelopak mata, penglihatan buram, sensitif terhadap cahaya, dan terasa seperti ada sesuatu di dalam mata. Jika keratitis tidak segera di obati, maka dapat berujung pada gangguan penglihatan permanen atau bahkan anda akan mengalami kebutaan.

– Abrasi Kornea

Lensa kontak yang kotor dapat menyebabkan kornea mata tergores atau abrasi. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang parah tidak dan perasaan tidak nyaman. Jika tidak segera ditangani dengan cepat dan benar maka dapat menyebabkan penurunan penglihatan menetap.

– Konjungtivitis

Kondisi ini ditandai dengan lapisan paling luar mata yang menjadi merah. Konjungtivitis atau mata merah bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau iritasi dari lensa kontak. Selain merah, mata juga menjadi mudah berair.

– Leukoma

Dampak berat dari penggunaan lensa kontak yang sudah terinfeksi adalah mengalami leukoma. Leukoma sendiri adalah adanya bercak putih seperti porselen yang ada di dalam kornea mata. Leukoma itu merupakan akibat infeksi yang ada di mata dan diakibatkan oleh soflens. Bercak putih seperti kilau porselen dari kejauhan itu akan ada di salah satu kornea atau kedua kornea mata. Munculnya leukoma di kornea mata dapat menyebabkan gangguan pandangan pada mata anda.

– Alergi

Risiko penggunaan lensa kontak yang tidak baik juga dapat menyebabkan alergi pada mata. Alergi itu bisa berupa mata menjadi gatal, merasa tidak nyaman, dan masih banyak lagi. Alergi di mata dapat menyebabkan orang yang mengalaminya merasakan gatal sepanjang waktu akibat pemakaian lensa kontak. Hal ini tentu membuat anda merasa tidak nyaman akibat mata sering mengalami gatal dan pasti akan memperburuk kondisi mata anda.

– Kebutaan

Risiko yang paling parah dari penggunaan lensa kontak yang tidak baik adalah mata anda akan mengalami kebutaan. Hal ini terjadi sebanyak 1 persen pengguna lensa kontak yang ada. Mungkin hal ini jarang terjadi namun bukan berarti anda harus percaya begitu saja, sebab ada beberapa kasus dimana cairan plastik soflens meleleh karena panas dari asap pembakaran sehingga cairan plastik soflens tersebut merekat kencang di mata dan sulit untuk dilepaskan. Orang yang mengalami hal tersebut pun berisiko mengalami kebutaan. Kejadian ini tentu sangat mengerikan jika terjadi pada diri anda.

Baca Juga : Obat Alami Mata

Masih banyak lagi risiko yang dapat muncul akibat penggunaan lensa kontak yang tidak baik, sebab risiko yang dirasakan berbeda-beda setiap orangnya tergantung bagaimana mereka menggunakan lensa kontak dengan benar sesuai dengan aturan pemakaian. Jika memang anda tidak cocok untuk menggunakan lensa kontak, sebaiknya anda jangan memaksakan diri, lebih baik anda memakai kacamata yang sesuai dengan kebutuhan mata, dan kenyamanan anda. Selain itu, jagalah selalu kesehatan mata dengan memberikan nurtisi yang cukup seperti mengkonsumsi makanan sehat. Makanan sehat yang berasal dari buah dan sayuran merupakan cara yang cocok untuk memberikan nutrisi pada mata, dan penting bagi anda untuk menghindari hal-hal yang dapat merusak fungsi mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *