Tips Menghilangkan Mata Ngantuk Saat Bekerja Dengan Cepat

By | July 10, 2017

Tips Menghilangkan Mata Ngantuk Saat Bekerja Dengan Cepat – Mengatuk dan sering menguap saat anda sedang beraktivitas merupakan sesuatu yang sebagian besar orang pasti pernah mengalaminya. Mata yang mengantuk saat bekerja memang bukan suatu penyakit namun merupakan suatu gangguan atau masalah kecil yang sedang terjadi pada mata. Mengantuk merupakan salah satu tanda bahwa seseorang mengalami kelelahan. Akan tetapi terkadang mata mengantuk di waktu yang tidak benar seperti saat bekerja dan bekerja yang kita lakukan masih banyak atau belum beres, ditambah dengan tuntutan untuk segera selesai. Hal seperti ini pastinya akan membuat seseorang menjadi terganggu dan berkurangnya kualitas kerja anda dikantor. Bukan hanya saat bekerja, mata ngantuk juga sering dirasakan saat anak-anak sedang belajar di sekolah, dan bahkan saat bengong terkena semilir angin juga bisa membuat mata kita menjadi mengantuk.

Kurangnya tidur saat malam hari bisa dijadikan sebagai alasan mengapa mata mengantuk saat kita bekerja. Memang mengantuk adalah hal yang alamiah dan wajar bagi semua orang, tapi jika terus menerus berlangsung selama anda beraktivitas itu dapat mengganggu performa anda. Kurang tidur, makan siang yang terlalu berlebihan ataupun stres merupakan kondisi atau penyebab yang memicu ngantuk yang berlebih. Mengantuk adalah hal yang wajar, namun tidak wajar apabila rasa ngantuk tersebut datang secara terus menerus. Rasa ngantuk yang umumnya datang pada malam hari dan biasanya disebabkan karena kelelahan adalah hal yang wajar. yang perlu kita kenali saat rasa ngantuk datang secara terus menerus adalah tanda-tanda ketidakwajaranya.

Kantuk

Mengantuk adalah sinyal bahwa tubuh mengalami kelelahan terutama pada mata kita yang sudah mulai kehilangan penglihatannya seperti penglihatan yang mulai menjadi sedikit buram dan kepala teras pusing sehingga kita malas untuk bekerja. Rasa ngantuk bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Saat bekerja, di kantor, atau saat dirumah juga bisa. Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan mata mengantuk saat bekerja di siang hari seperti :

– Kurang tidur.
– Asupan gizi pada tubuh kurang mencukupi.
– Kebanyakan makan.
– Rentannya daya tahan tubuh.
– Salah satu dari gejala akan terkana penyakit, terutama penyakit mata seperti mata minus.

Maka untuk itu, kita harus menjaga kesehatan dengan baik. Dan terutama pada kesehatan mata kita, kita harus merawat dan menjaga kesehatan mata agar tetap berfungsi dengan baik, sebab mata merupakan salah satu organ manusia yang berperan penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Dengan mata kita dapat melakukan pekerjaan dengan maksimal, namun jika mata mengalami masalah seperti kelelahan dan membuat mata menjadi kelelahan merupakan kerugian bagi kita sebab kita akan membuat menurunnya kualitas bekerja, dan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari terpaksa dihentikan. Ada beberapa tips untuk menghilangkan mata ngantuk saat bekerja dengan sederhana dan alami, berikut ini beberapa tipsnya, antara lain :

– Minum Teh

Sebagian besar orang mungkin lebih memilih kopi untuk menghilangkan mata mengantuk saat bekerja. Tapi, terlalu sering minum kopi juga tidak terlalu baik bagi kesehatan dan menyebabkan ketergantungan. Cobalah ganti kebiasaan minum kopi anda dengan meminum teh hijau. Di dalam kopi mengandung L-theanine yang dapat mengurangi rasa lelah dan kantuk. Teh juga mempunyai khasiat yang sama yaitu dapat meningkatkan kewaspadaan kerja. Jadi lebih baik anda menggunakan teh untuk menghilangkan mata mengantuk saat bekerja namun dalam jumlah konsumsi yang wajar jangan berlebihan.

– Berdiri dari kursi

Jika anda seorang pekerja yang hanya bekerja duduk saja tanpa anda aktivitas lainnya pasti merasa jenuh dan bosan sehingga mata mudah mengalami kelelahan dan mengantuk. Tips yang bisa anda lakukan adalah berdiri sejenak dari tempat duduk agar tubuh mendapatkan gerakan yang dapat menghindari mata mengalami kelelahan. Duduk di kursi selama berjam-jam membuat tubuh terasa pegal dan letih sehingga memicu rasa kantuk. Untuk menghindari kelelahan, ada baiknya Anda rutin berdiri dari kursi untuk meregangkan otot atau berjalan–jalan sejenak.

– Tidur selama beberapa menit

Tips yang satu ini merupakan tips yang sangat penting bagi anda, karena saat mata mengantuk salah satu cara terbaik adalah dengan tidur sejenak agar rasa ngantuk tersebut bisa hilang. Memaksakan tubuh untuk tetap bekerja dan beraktifitas justru akan membuat Anda kurang berkonsentrasi dan tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dan aktifitas Anda dengan baik. Bila tubuh memberikan sinyal lelah atau ngantuk, sebaiknya Anda turuti tanda dari tubuh tersebut dengan tidur selama beberapa menit di tempat yang tenang guna melancarkan otot-otot Anda. Tidur sekitar 20 menit saja sudah bisa membuat mata anda kembali bekerja dengan baik.

– Minum air putih

Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Itulah sebagian tips untuk menghilangkan mata mengantuk saat bekerja, karena mungkin tiap orang memiliki caranya masing-masing untuk menghilangkan mata mengantuk. Namun, yang terpenting adalah anda harus bisa menjaga dan merawat kesehatan mata anda saat bekerja agar mata tidak mengalami masalah yang lebih serius, jangan abaikan jika mata mengalami sakit seperti perih dan gatal, segera istirahatkan mata dan beri pertolongan atau penanganan terhadap mata anda karena mata sangat rentan mengalami gangguan baik ringan maupun berat. Bersihkan mata dari kotoran seperti debu atau asap, sering mencuci mata dengan air agar mata tetap bersih. Selain itu beri asupan yang cukup pada tubuh agar tubuh tidak mudah mengalami kelelahan, makan buah dan sayur secara rutin dan teratur merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah lelah saat bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *