Tips Menjaga Kesehatan Retina Mata Dengan Baik

By | May 2, 2017

Tips Menjaga Kesehatan Retina Mata Dengan Baik – Mungkin sebagian orang telah mengetahui mata itu apa dan apa fungsi mata untuk kehidupan sehari-hari. Mata adalah indera penglihatan yang dimiliki manusia yang diberikan tuhan sebagai anugerah yang luar biasa. Mata ini memiliki sistem saraf yang cukup kompleks dan salah satu bagiannya yang terpenting adalah retina mata. Retina merupakan selapis tipis sel yang terdapat pada bagian belakang bola mata. Pada retina inilah cahaya diubah menjadi sinyal syaraf. Retina merupakan syaraf yang bersambung terhadap otak melalui syaraf optik. Maka, peran retina ini sangat penting dalam bagian-bagian mata. Namun, dibalik perannya yang penting, retina juga dapat mengalami masalah dan jika retina ini mengalami masalah seperti retina rusak maka tidak mungkin akan terjadi kebutaan pada penglihatan anda.

Ketika retina mata rusak, maka kemampuan untuk melihat seseorang tentunya akan terganggu. Retina mata juga dapat terserang penyakit seperti kencing manis, kelainan darah, dan darah tinggi. Jika retina ini mengalami kemunduran dalam tugasnya maka akan sangat berpengaruh pada proses penglihatan atau kehilangan penglihatan (buta). Selain karena penyakit, retina juga dapat rusaka karena pola hidup kita yang kurang sehat atau tidak baik. Pola hidup yang tidak baik seperti dalam pola makan, kita sering kali kekurangan makanan yang mengandung nutrisi untuk kesehatan, dan pada mata kita sering kali kekurangan makanan yang mengandung vitamin A dan E, karena makanan yang mengandung vitamin A dan E sangatlah dibutuhkan oleh mata. Dan hal lain yang membuat retina rusak adalah kegiatan atau aktivitas kita seperti menatap layar komputer dalam durasi waktu yang lama tanpa kit sadari mata mulai lelah dan tidak mengistirahatkannya.

retina mata

Gejala yang biasanya dirasakan oleh para penderita retina yang rusak adalah penglihatan mata menjadi terganggu, melihat kilata cahaya, memandang bayangan tak terbentuk dan melayang, melihat garis lurus berubah menjadi bengkok, dan sebagian penglihatan tidak jelas. Hal ini tentunya membuat aktivitas kita sehari-hari harus terhenti dan membuat kualitas kerja menjadi tidak optimal karena penglihatan kita yang terganggu. Mewarat retina mata dengan baik adalah salah satu hal yang wajib kita lakukan, karena jika kita mengalami masalah pada retina tentunya akan membuat mata tidak bekerja dengan baik dan normal seperti biasanya atau kita juga bisa mengalami masalah yang cukup serius karena retina juga menjadi target dari penyakit-penyakit seperti diabetic retinopathy atau degenerasi makula.

Jika retina mata sudah mengalami penyakit atau masalah yang serius lain, pastinya akan memerlukan tindakan khusus atau bisa saja melakukan operasi, sedangkan biaya operasi tidaklah murah. Untuk itu, kita lebih baik menjaga dan merawat retina mata dengan baik karena dengan merawat dan menjaga mata kita bisa menghemat biaya operasi serta kita juga akan mempunyai mata yang sehat dan bersih secara alami. Ada beberapa cara di mana Anda dapat memastikan bahwa retina Anda tetap sehat dan menjaga penglihatan Anda tidak hanya utuh tetapi juga dalam kondisi baik. Berikut ini beberapa tips menjaga retina mata secara alami, yaitu :

– Melakukan olahraga mata

Tips yang pertama untuk menjaga kesehatan retina mata tetap sehat dan bersih adalah dengan melakukan olahraga mata. Bukan hanya tubuh yang harus kita berolahraga, mata juga perlu melakukan olahraga. Kunjungi dokter mata terdekat dan belajar beberapa latihan mata yang akan membantu Anda mempertahankan kekuatan retina Anda yang akan membantu mencegah mata dari penyakit yang terkait dengan penglihatan dan penyakit seperti mata lelah dan rabun. Olahraga mata adalah cara yang berguna untuk memperkuat mata Anda. Karena mata juga terdiri dari otot sama seperti setiap organ lain dari tubuh kita, karena itu olahraga mata sama pentingnya dengan olahraga tubuh lainnya.

– Kurangi stres dan cobalah untuk rileks

Masalah yang dapat menyerang kesehatan tubuh manusia saat ini adalah karena mereka memiliki beban pikiran yang berat, dan membuat mereka stres. Hal ini yang membuat kesehatan tubuh kita menjadi terganggu tidak terkecuali mata, mata juga bisa dipengaruhi oleh stres dan tekanan mental serta fisik yang berlebihan. Jadi, Anda perlu untuk mengurangi stres dan rileks sesekali untuk memberikan mata dan tubuh istirahat yang sangat dibutuhkan. Anda juga harus memastikan bahwa Anda mendapatkan tidur malam yang baik karena kurang tidur jelas ditunjukkan oleh mata Anda dan dapat mempengaruhi kesehatan mata juga. Anda akan melihat lingkaran hitam di bawah mata Anda jika Anda tidak tidur dengan baik.

– Rawat mata dengan baik dan benar

Mata Anda juga membutuhkan perawatan dan perlindungan. Gunakan tindakan pencegahan yang tepat untuk memastikan bahwa mata Anda tidak terkena bahan-bahan yang berbahaya. Pakailah kacamata pelindung untuk mencegah partikel debu dan puing-puing yang bisa masuk ke mata. Hindari duduk di depan monitor komputer tanpa layar anti-silau selama berjam-jam. Berikan istirahat pada mata Anda secara berkala untuk membebaskan mata dari stres yang dapat menyebabkan penyakit terkait penglihatan.

– Atur pola makan dengan baik dan teratur

Makanan yang seimbang juga penting untuk penglihatan yang sehat. Untuk penglihatan yang baik, Anda perlu vitamin A, C, E, antioksidan dan mineral tertentu juga. Termasuk ikan, buah jeruk, sayuran berdaun hijau, bayam, brokoli, buah-buahan kering dan kacang-kacangan dalam menu makanan Anda sehari-hari untuk menjaga retina Anda tetap sehat. Untuk itu anda perlu mengatur pola makan yang baik dan mempertahankan makanan yang seimbang sehingga tubuh mendapatkan semua nutrisi dan mineral yang diperlukan untuk tetap fit dan sehat. Maka untuk itu, penuhi nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan mata dengan baik.

Untuk menjaga kesehatan retina mata dengan baik adalah dengan menerapkan pola hidup sehat sejak dini, karena mata memang sangat sensitif terhadap sesuatu yang dapat membuatnya mengalami masalah. Dan jika anda ingin menjaga kesehatan mata dengan praktis tapi secara alami, anda bisa mengkonsumsi suplemen alami mata yang aman dan efektif untuk menjaga dan mengatasi masalah pada mata anda dibandingkan menggunakan obat tetes yang berbahaya, karena obat tetes memiliki kandungan kimia yang berbahaya pada mata jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk ada baiknya menggunakan obat alami yang aman tanpa bahan kimia berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *