Tips Sehat Agar Saraf Mata Tidak Mudah Tegang

By | May 29, 2017

Tips Sehat Agar Saraf Mata Tidak Mudah Tegang – Mata manusia memang sangat rentan mengalami masalah atau gangguan baik itu ringan atau pun berat. Mata sangat mudah mengalami penurunan, sebab mata juga sama halnya dengan tubuh kita, jika tubuh sudah mulai lelah pasti akan mudah mengalami gangguan pada kesehatannya. Di era modern seperti sekarang ini kesehatan tubuh sangat mudah mengalami masalah. Hal ini karena masyarakat saat ini memiliki jadwal yang sangat padat, dan membuat tubuh mengalami penurunan terutama kesehatan mata kita. Kesehatan mata saat ini sering mengalami penurunan penglihatan, ini sebabkan karena mata mengalami pegal dan tegang. Banyak masyarakat saat ini mengeluhkan mata mereka yang mengalami sakit. Misalnya, seorang pekerja komputer atau biasa disebut bisnis online seringkali mengalami mata tegang. Mata yang mengalami ketegangan pastinya akan menimbulkan efek lain pada kesehatan dan membuat kondisi mata menjadi tidak optimal.

Saat saraf mata mengalami tidak sering kali kita mengalami pusing kepala, dan membuat penglihatan menjadi tidak jelas atau buram. Kondisi ini tentu akan membuat aktivitas kita dalam bekerja menjadi terganggu. Banyak sekali faktor dan penyebab yang dapat membuat mata mengalami tegang dan pegal. Penyebab yang paling sering terjadi adalah penggunaan atau aktivitas yang terlalu berlebihan sehingga membuat mata mengalami kelelahan dan mata pun tegang. Penggunaan seperti komputer, laptop, ponsel, dan alat elektronik lainnya secara berlebihan akan membuat saraf mata tegang. Sebagian besar orang terus memaksakan mata mereka bekerja hingga diluar kemampuannya, hal inilah yang membuat mata tegang dan bisa saja menimbulkan masalah lain pada kesehatan mata.

mata tegang

Saraf mata tegang akan membuat kita menjadi sulit untuk fokus, ini karena saat saraf mata tegang kita akan mengalami penglihatan berkunang-kunang, pusing, mata perih, mual, mata kabur, dan masalah mata lainnya. Kesehatan mata ini sangat penting untuk kehidupan manusia, karena mata sangat berperan aktif dalam keseharian manusia. Mata ini sering kita gunakan untuk melihat suatu benda atau objek dengan jelas sehingga suatu pekerjaan dapat kita kerja kan dengan mata yang normal, namun saat mata lelah dan tegang penglihatan kita pun menjadi tidak jelas dan pekerjaan akan tertunda sehingga membuat kualitas kerja menurun. Di era modern penggunaan komputer memang sudah menjadi kebutuhan yang hampir semua memilikinya, karena komputer dapat membantu memudahkan pekerjaan kita. Selain membantu dalam bekerja komputer juga dapat membantu kita mencari informasi dan juga hiburan seperti main game.

Penggunaan alat elektronik seperti komputer dan ponsel dalam kehidupan sehari serta tanpa ada batasan tentunya akan membuat kaku dan otot-otot tubuh tak terkecuali mata. Kondisi ini dapat membuat mata menjadi merah, lelah, penglihatan kabur, dan kedutan. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa tips sehat untuk membuat saraf mata agar tidak mudah mengalami tegang dan pegal. diantaranya :

– Beri Jeda Pada Mata (Istirahat Sejenak Pada Mata)

Bekerja di depan komputer setiap hari pasti akan membuat mata kita mudah mengalami ketegangan, sama halnya tubuh yang terus bekerja tanpa ada jeda pastinya akan membuat bagian tubuh seperti kaki dan tangan akan tegang dan kaku. Hal ini juga sama terjadi pada mata, menatap layar komputer dalam waktu lama dapat membuat mata tegang. Karena itu, berilah kesempatan bagi mata untuk beristirahat sejenak setiap jangka waktu tertentu. Lihatlah obyek yang jauh selama beberapa detik dan pergilah untuk berjalan-jalan.

– Gunakan Kacamata Pelindung

Tips sehat selanjutnya untuk mengatasi saraf mata agar tidak mudah lelah adalah dengan menggunakan kacamata sebagai pelindung mata dari benda asing yang dapat membuat mata menjadi tegang. Selain itu, jika anda pengguna komputer juga dapat menggunakan kacamata pelindung untuk mengurangi radiasi dari layar monitor komputer. Kacamata ini bisa mereduksi efek cahaya dari layar yang diteruskan ke mata.

– Pijat Mata

Sebelum melakukan aktivitas pastinya setiap akan melakukan pemanasan atau gerakan yang dapat membuah tidak kaku dan tegang saat mulai bekerja. Hal itu sangat bergunakan untuk mata juga, sedikit pijatan pada mata sebelum memulai atau sesudah bekerja sangat baik untuk membantu mata terhindari dari ketegangan. Pijatlah kelopak mata dan otot mata dengan lembut dengan jari selama dua menit. Hal ini dapat memperbaiki sirkulasi darah ke mata yang membuatnya rileks.

– Periksa Mata

Tips yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata agar terhindari dari ketegangan atau masalah lainnya adalah dengan rutin memeriksakan mata ke spesialis mata. Hal ini bertujuan agar memudahkan anda untuk mengetahui sejauh mata kesehatan mata anda dengan baik. Masalah-masalah pada mata termasuk kebutaan dapat dicegah dengan memeriksakan secara teratur enam bulan atau satu tahun sekali.

Itulah beberapa tips sehat agar mata tidak mudah tegang. Selain itu, mata juga membutuhkan nutrisi yang baik dari dalam tubuh agar nutrisi yang dibutuhkan mata bisa terpenuhi, nutrisi untuk mata dapat kita dapatkan melalui makanan sehata seperti buah dan sayuran segar. Namun, jika anda memilih sesuatu yang lebih praktis, anda bisa menggunakan suplemen alami mata yang terbuat dari bahan-bahan alami pilihan dan tidak mengandung bahan kimia apapun, sehingga tidak menimbulkan efek samping dibandingkan dengan menggunakan obat kimia untuk mata. Dan untuk membuat mata agar tidak mudah tegang adalah memiliki waktu tidur yang cukup, karena mata sangat membutuhkan waktu untuk beristirahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *