Tips Sehat Menghindari Radiasi Layar Komputer Pada Mata

By | May 8, 2017

Tips Sehat Menghindari Radiasi Layar Komputer Pada Mata – Sebagian besar orang yang hidup di zaman modern seperti sekarang ini pastinya telah mengetahui atau mengenal teknologi yang dapat membantu mereka dalam aktivitas sehari-hari, teknologi yang praktis dan mudah ini membuat orang hidup berdampingan dengan teknologi seperti ponsel, komputer, laptop dan teknologi canggih lainnya. Bagi seorang pelajar, mahasiswa dan para pekerja kantor, komputer menjadi salah satu teknologi yang akrab dengan kehidupan sehari-hari. Banyak diantara kita yang bekerja dengan duduk berjam-jam sambil menatap layar komputer sepanjang hari. Hal ini memang sudah menjadi suatu keharusan bagi para pekerja bisnis, namun hal tersebut juga tentu berdampak negatif bagi kesehatan tubuh, karena jika kesehatan kita terganggu maka akan membuat kualitas kerja kita menurun dan tidak dapat memberikan hasil yang baik dalam suatu pekerjaan.

monitor

Ada banyak berbagai jenis penyakit baru yang diakibatkan oleh perkembangan zaman modern saat ini, salah satu penyakit atau masalah kesehatan yang sering kali ditemukan pada seseorang adalah masalah pada kinerja mata karena menatap layar komputer atau gadget yang tidak memiliki batas pemakaian. Penggunaan komputer terlalu lama dapat merusak fungsi dan kinerja mata, karena saat seseorang menggunakan komputer tentunya ia akan menatap layar komputer tersebut secara langsung, dan apabila kita tidak melindungi mata dari paparan layar komputer tersebut maka akan mengalami kondisi yang tidak baik untuk mata. Mungkin anda sendiri mengetahui bahwa penting sekali menjaga kesehatan mata anda dengan baik, namun yang menjadi masalahnya adalah kita sendiri sering mengabaikan kesehatan mata tersebut dan terus saja bekerja sampai mata mengalami kerusakan, dan jika mata sudah rusak tentunya memperlukan biaya yang tidak murah.

Radiasi dari layar komputer ini dapat membuat mata mengalami gangguan dan fungsi mata akan mengalami penurunan baik ringan ataupun berat. Menatap layar secara terus menerus dapat mengubah bentuk retina. Mata anda juga akan tegang ketika anda terus melihat layar komputer selama 8 jam perhari. Sebelum mengetahui beberapa tips dan cara untuk mencegah radiasi cahaya pada layar komputer, ada baiknya Anda mengetahui dampak negatif dari radiasi cahaya komputer yaitu dapat merusak kesehatan mata. Efek negatif paling utama dari radiasi cahaya layar komputer adalah kerusakan pada mata dan membuat kinerja mata menjadi tidak optimal. Banyak pengguna komputer yang sering mengeluhkan lelah pada mata mereka. Namun, kadang mereka tidak memperdulikannya dan masih tetap bekerja dan tentunya hal inilah yang dapat memperburuk kondisi mata anda.

Beberapa radiasi yang dihasilkan oleh monitor komputer diantaranya adalah sinar ultraviolet, sinar X dan gelombang mikro. Karena itulah, bagi Anda yang sering berlama-lama menggunakan komputer, cara terbaik adalah melakukan beberapa tindakan untuk mencegah kelelahan pada mata dan mencegah gangguan kesehatan mata. Berikut ini ada tips sehat untuk menghindari radiasi layar komputer pada anda dengan mudah dan cepat, yaitu :

  • Mengatur jarak pandang mata ke layar komputer

jarak pandang

Tips yang pertama adalah mengatur jarak pandang mata anda dengan komputer, hal ini bertujuan untuk menstabilkan kerja mata pada saat menatap layar. Aturlah jarak pandang mata anda dengan layar komputer, jarak yang tepat untuk berhadapan dengan layar komputer adalah sekitar 4cm, jangan terlalu dekat dengan monitor komputer namun jangan terlalu jauh saat berhadapan dengan layar komputer. Cara ini bisa langsung anda lakukan saat bekerja penglihatan anda tidak akan mengalami masalah.

  • Mengatur pencahayaan pada komputer

kesehatan mata di depan komputer

Tips yang selanjutnya adalah dengan mengatur cahaya layar komputer anda dengan baik. Penyebab utama dari radiasi layar komputer adalah terlalu terangnya pencahayaan layar komputer pada mata anda. Untuk mencegah kerusakan mata, anda bisa mengatur pencahayaan pada layar komputer dan anda juga bisa mengatur kontras sesuai dengan kenyamanan pada mata anda. Sesuaikan pengaturan tersebut sehingga Anda bisa benar-benar nyaman berada di delan layar komputer. Hal ini tentunya akan berdampak baik saat anda bekerja.

  • Gunakan Kacamata 

kacamata

Jika anda memiliki masalah pada mata, anda bisa menggunakan mata yang sesuai dengan permasalahan yang sedang anda alami pada mata. Hal ini bisa mengurangi masalah kesehatan mata anda saat berada di depan layar komputer. Bekerja di depan komputer memang harus diperhatikan dengan hati-hati, karena jika kita tidak melakukan hal yang tepat makan akan membuat kerusakan pada mata dan penglihatan pun menjadi terganggu. Untuk itu, kacamata bisa menjadi salah satu alat bantu anda untuk menghindari radiasi dari layar komputer.

  • Mengistirahatkan Mata

istirahat mata

Tips yang sangat penting bagi anda untuk menghindari radiasi dari layar komputer adalah dengan mengistirahat mata secara rutin dan teratur. Jika anda bekerja di depan komputer pastinya masalah yang akan anda hadapi adalah mata mengalami kelelahan, kering, berair dan perih atau gatal. Karena itu, jika mata terlalu lelah, sebaiknya anda beristrihat terlebih dahulu. Rilekskan mata setidaknya 15 menit setelah anda berada di depan komputer selama 2 jam. Cara ini adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi radiasi dari layar komputer.

  • Perhatikan Penerangan Dalam Ruangan Kerja

ruangan komputer

Tips yang terakhir yaitu perhatikan penerangan pada tempat kerja anda. Mata yang lelah bisa disebabkan oleh penerangan yang salah, bahkan penerangan bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Anda bisa mengatur penerangan ruangan di rumah atau di kantor. Jangan menggunakan penerangan yang terlalu keras, hal ini justru bisa membuat mata menjadi semakin tegang. Anda bisa menggunakan penerangan alami dengan cara membuka jendela ruangan sehingga cahaya di luar bisa masuk kedalam ruangan.

Tips sehat diatas merupakan salah satu cara pencegahan yang dapat anda lakukan sendiri di tempat kerja, walaupun bisa dikatakan cara diatas seperti sepele namun dampaknya begitu bermanfaat untuk kesehatan mata anda. Dan penting bagi anda, asupan nutrisi dari makanan juga baik untuk memenuhi yang dibutuhkan mata. Untuk itu makanlah makanan yang sehat seperti sayur dan buah segar agar kesehatan mata dan juga tubuh anda bisa terjaga dengan baik. Dan jika anda selalu menggunakan obat kimia untuk menjaga kesehatan mata, ada baiknya anda menggunakan suplemen alami mata, karena obat kimia sangat berbahaya jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang, misal obat tetes mata, obat ini memiliki kandungan bahan yang dapat merusak mata anda jika penggunaannya terlalu sering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *